Pasir Pantai Unik di Dunia Ini Dipenuhi Benda Takbiasa, Mulai dari Popcorn sampai Es Batu

Advertisement

Teman Traveler saat berwisata di pantai umumnya akan merasakan lembutnya pasir yang terkadang diselingi bebatuan karang. Tidak jarang, pelancong berjalan telanjang kaki sampai berjemur di atas pasirnya. Ternyata, setidaknya ada 5 pantai di dunia dengan pasir unik sebab dipenuhi benda-benda tidak biasa. Mulai dari popcorn bahkan sampai balok es. Sehingga berjalan kaki pun harus pakai alas kaki yang aman. Bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi? Penasaran seperti apa? Yuk langsung saja dibaca ulasan berikut.

Popcorn Beach, Spanyol

Popcorn Beach, Spanyol via Instagram @floristenmikaela
Popcorn Beach, Spanyol via Instagram @floristenmikaela

Pantai yang berlokasi di kota Corralejo pulau Fuerteventura, Spanyol ini tidak heran jika diberi predikat unik sebab pasirnya dipenuhi ‘popcorn’. Apakah bisa dimakan? Tentu saja tidak Teman Traveler. Walaupun bentuknya memang serupa makan terbuat dari jagung namun itu semua merupakan bebatuan karang yang terpecah dan terseret dari lautan. Pelancong mendatangi popcorn beach karena penasaran dengan fenomena menarik ini. Mereka pun berlomba-lomba mengambil foto sekreatif mungkin.

Diamond Beach, Jokulsarlon-Islandia

Diamond Beach, Jokulsarlon-Islandia via Instagram @rwangsanata
Diamond Beach, Jokulsarlon-Islandia via Instagram @rwangsanata

Diamond beach yang berada di Islandia bagian tenggara mempunyai pasir pantai unik sebab dipenuhi oleh es batu. Balok-balok es tersebut berasal dari pecahan gletser Breiðamerkurjökull yang terletak tidak jauh dari Diamond beach, mengapung di atas laguna sampai terseret ke pinggir pantai. Es batu yang terdampar cukup beragam, mulai dari yang transparan, putih susu, bahkan sampai berwarna biru dan hitam. Pelancong yang berkunjung ke kawasan ini sebaiknya berhati-hati. Jangan sampai menjejak di atas balok-balok batu tersebut. Jika pecah bisa membahayakan diri sendiri.

Shell Beach, Shark Bay, Australia

Shell Beach, Shark Bay, Australia via Instagram @katiewang615
Shell Beach, Shark Bay, Australia via Instagram @katiewang615

Seperti namanya, Shell beach yang berada di Denham kawasan Shark Bay Australia ini tidak memiliki pasir sebab pantai uniknya dipenuhi kulit kerang. Terdapat jutaan kulit kerang berwarna putih memenuhi pantai sepanjang sekitar 70 kilometer dengan kedalaman kira-kira 10 meter. Saking kerennya, pada tahun 1990an dibangun beberapa bangunan di Denham terbuat dari kulit kerang yang telah dipadatkan.

Pink Sand Beach, Bahama

Pink Sand Beach, Bahama via Instagram @dougiepeacock
Pink Sand Beach, Bahama via Instagram @dougiepeacock

Pulau Harbour di Bahama pun mempunyai pasir pantai unik sebab warnanya merah muda pucat. Membentang memenuhi garis pantai sepanjang kira-kira 5 kilometer dengan kedalaman sekitar 15 sampai 30 meter. Warna merah muda pucat tersebut berasal dari Foraminifera alias serangga karang berukuran mikroskopis bercangkang merah muda. Jika sudah mati, cangkang serangga ini akan terlepas kemudian terseret ke pinggir pantai bercampur dengan pasir.

Glass Beach, California

Glass Beach, California via Instagram @curtismillerphoto_com
Glass Beach, California via Instagram @curtismillerphoto_com

Glass beach yang berlokasi di California ini memang benar-benar dipenuhi pecahan kaca. Dahulu pada abad ke-19 kawasan laut ini dijadikan tempat pembuangan sampah seperti peralatan rumah tangga, mobil, botol. Lama-lama, sampah berupa kaca tersebut pecah oleh lautan sampai diseret ombak ke pinggir pantai. Berkat tergerus cukup lama oleh air laut, pecahan kaca berwarna-warni ini kebanyakan sudah tumpul. Namun Teman Traveler yang berkunjung sebaiknya tetap mengenakan alas kaki sebagai langkah pencegahan.

Pantai dengan pasir unik tersebut siap dikunjungi oleh Teman Traveler. Namun tentunya harus siap menjalani peraturan seperti mengenakan pakaian dan alas kaki yang aman. Berminat mengunjungi pantai yang mana?

Advertisement
Tags
info terbaru Luar negeri pantai unik Wisata
Share