Tak Banyak yang Tahu, Ini Fakta Unik Pempek Khas Palembang

Pempek merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang bisa dijajal saat jalan-jalan. Terlebih, sebentar lagi ada momen Asian Games yang bakal digelar di Palembang. Sembari menyaksikan kemeriahan pesta olaharaga, Teman Traveler bisa mencoba pempek khas Palembang. Sebagai kuliner khas setempat, pempek memiliki banyak fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui. Kali ini, Travelingyuk bakal membahas fakta-fakta unik tentang pempek.

1. Asli Buatan Palembang

Pempek yang menggiurkan, Via Instagram zona.makanan
Pempek yang menggiurkan, Via Instagram zona.makanan

Pempek yang merupakan kuliner kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini memang asli buatan orang Palembang. Kemudian barulah dioper kepada orang Cina untuk dijual. Seperti yang kita ketahui bersama, bangsa Cina memang pandai dalam hal menjual barang. Pempek sendiri mulai dijajakan pada tahun 1916, khususnya di kawasan keraton di Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang.

2. Memiliki Nama Awal yang Berbeda

Kuahnya selalu bikin gagal diet, Via Instagram isagunawan05
Kuahnya selalu bikin gagal diet, Via Instagram isagunawan05

Terkenal dengan sebutan pempek, ternyata nama awalnya tidak sama. Awalnya, kuliner berbahan dasar ikan ini memiliki nama kelesan. Empek atau pempek merupakan sebutan yang diberikan oleh orang Cina yang menjajakan jajanan ini. Kala itu para pembelinya memanggil penjual kelesan dengan ‘pek, empek, mampir sini!’ sampai akhirnya panggilan pempek tersebut lebih populer dari nama kelesan sendiri.

3. Eksis di Pasar Asean

Pempek khas Palembang, Via Instagram citarasapempek
Pempek khas Palembang, Via Instagram citarasapempek

Ternyata, pempek ini tidak hanya digemari pasar dalam negeri. Kuliner yang sangat nikmat satu ini juga eksis di Pasar Asean. Kuliner bercitarasa gurih satu ini juga diekspor ke berbagai negara yang berada di Asean. Sebut saja lokasi-lokasi seperti halnya Malaysia, Vietnam, Singapura dan juga Thailand yang jadi tujuan ekspor. Tidak salah jika ajang Asian Games ini banyak ditunggu juga oleh wisatawan asing.

4. Pempek Terus Berinovasi

Citarasa yang menggiurkan, Via Instagram dapurpempek.id
Citarasa yang menggiurkan, Via Instagram dapurpempek.id

Bisa terus eksis sampai sekarang ini bukan tanpa usaha sama. Ternyata, pempek khas Palembang ini terus berinovasi dan mengikuti perkembangan. Misalnya saja, pempek juga diinovasikan menjadi kuliner dengan beragam campuran. Sebut saja diberi topping yang unik, misalnya keju. Meski pempek original juga tidak kalah dicari, namun yang kekinian juga mulai digemari.

5. Bahan Utamanya Dulu Bukan Ikan Tenggiri

Pempek apa ini? Via Instagram dapurpempek.id
Pempek apa ini? Via Instagram dapurpempek.id

Pempek khas Palembang dikenal berbahan dasar ikan tenggiri. Ternyata dulu pempek khas Palembang menggunakan belida sebagai bahan utamanya. Belida merupakan salah satu ikan yang hidup di sungai-sungai Sumatera, Kalimantan, Jawa dan juga Semenanjung Malaya. Namun lantaran sudah begitu langka, digantilah dengan jenis ikan yang banyak ditemukan, misal tenggiri dan gabus.

Itulah beberapa fakta unik mengenai pempek khas Palembang yang mungkin Teman Traveler belum ketahui sebelumnya. Bisa menambah pengetahuan kuliner juga ya. Bagaimana, apakah kamu salah satu penggemar jajanan ini?

Tags
Indonesia kuliner Palembang pempek khas palembang Sumatera Selatan
Share