Destinasi Wisata Palembang, Menjelejah Sudut Kota dan Menemukan Beragam Peninggalan Sejarah

Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang termasuk salah satu kota yang menarik di jelajahi. Beberapa destinasi wisata alam terletak di luar Kota Palembang dengan jarak yang tak terlalu jauh. Namun di kawasan kota sendiri, Teman Traveler dapat melakukan wisata urban. Menjelajah kota dan peninggalan sejarahnya juga tak kalah menarik kok. Seperti yang dapat ditemukan pada destinasi wisata Palembang ini.

Pulau Kemaro

Pagoda di Pulau Kemaro via instagram/pamungdika

Pulau Kemaro terletak di sebuah delta di tengah Sungai Musi yang membelah Kota Palembang. Untuk mencapai tempat ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar lima kilometer ke arah hulu dari Jembatan Ampera. Pulau ini memiliki banyak bangunan berarsitektur oriental di dalamnya. Karena pulau seluas lima hektar ini menyimpan legenda tentang kisah cinta antara Siti Fatimah, putri Raja Palembang, yang dilamar oleh anak Raja China, Tan Bun Ann.

Pasar 16, Ilir

Warna-warni Pasar 16 via instagram/mshannahchia

Tempat ini adalah destinasi wisata Palembang bagi kamu yang doyan belanja. Tak hanya itu, bangunan ruko-ruko tua ini telah dipercantik dan dicat ulang. Sehingga kesan kumuh tidak lagi melekat pada tempat ini. Apalagi akan terdapat sebuah destinasi wisata kuliner yang segera dibuka pada tempat ini. Belanja, makan, dan bbisa foto-foto. Seru banget, kan?

Cheng Ho Sriwijaya Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang via instagram/mazzway

Destinasi wisata Palembang adalah Masjid Cheng Ho Sriwijaya. Tempat ini memiliki dua lantai dan mampu menampung sekitar 600 jemaah. Lantai pertama Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2006 ini digunakan untuk jemaah laki laki, sedangkan lantai dua digunakan khusus untuk jemaah wanita. Warna dan arsitekturnya yang oriental mewakili identitas Laksmana Cheng Ho yang merupakan warga Tiongkok yang menganut muslim.

Al Quran Raksasa Al-Akbar

Al -Quran Raksasa via instagram/mainkesumsel

Palembang memiliki Kitab Suci Al-Quran yang berukuran raksasa. Panjangnya mencapai 177 cm dengan lebar 140 cm, diukir pada media kayu tembesu dengan ketebalan 2,5 cm. Al-Quran raksasa ini menjadi destinasi wisata religi utama bagi wisatawan yang datang ke Palembang. Ini merupakan salah satu destinasi wisata Palembang yang wajib dikunjungi.

Kampung Al Munawar

Kampung Al Munawar via instagram/apiaward

Kampung Al Munawar dikenal oleh masyarakat lokal dengan nama Kampung Arab. Tempat ini berada di 13 Ulu Kota Palembang dan tepat di tepian Sungai Musi. Kampung Al Munawar juga dikenal dengan atraksi irama gambus, kopi cap sendok dan nasi minyak.

Tak lama lagi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang segera berlangsung. Menjelajah Palembang di sela-sela Asian Games tentu menjadi hal yang juga menarik. Coba kunjungi empat lokasi yang telah disebutkan di atas ya Teman Traveler.

Tags
Asian Games Indonesia Palembang Sumatera Selatan Wisata
Share