5 Pelabuhan Kapal Pesiar di Indonesia, Terbaru Adalah Dermaga Gili Mas

Tidak sedikit wisatawan yang suka menikmati liburan mewah, salah satunya dengan memanfaatkan kapal pesiar. Transportasi mewah ini akan singgah ke destinasi wisata tertentu. Nah, di Indonesia sendiri punya setidaknya 5 pelabuhan yang jadi langganan sandaran kapal pesiar. Di mana saja, ya?

Pelabuhan Gili Mas, Lombok

Pelabuhan Gili Mas, Lombok via Instagram @garudawinata

Pelabuhan kapal pesiar yang baru saja resmi beroperasi di Indonesia adalah Gili Mas, Kabupaten Lombok Barat. Tidak lama setelah itu, terdapat Sun Princess yang menjadi kapal pesiar (cruise) pertama yang singgah di pelabuhan ini. Dengan hadirnya dermaga yang dapat disinggahi cruise, diharapkan pariwisata di kawasan Lombok Barat akan semakin meningkat; baik di kalangan lokal maupun mancanegara.

Pelabuhan Benoa, Bali 

Pelabuhan Kapal Pesiar Indonesia
Kapal Pesiar yang Hendak Singgah di Pelabuhan Benoa, Bali via shutterstock

Selajutnya adalah Pelabuhan Benoa yang memang sudah populer sebagai tempat berlabuhnya kapal pesiar. Bahkan di tahun 2019, gedung terminal penumpang di pelabuhan ini diperluas.

Hal itu tidak terlepas dari semakin tingginya minat wisatawan mancanegara untuk berwisata di Bali menggunakan kapal pesiar. Dengan adanya pembangunan tersebut, target kunjungan penumpang juga ditingkatkan.

Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya 

Pelabuhan Kapal Pesiar Indonesia
Penampakan Genting Dream di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya via shutterstock

Pelabuhan kapal pesiar di Indonesia selanjutnya adalah Tanjung Perak. Tempat yang berada di Surabaya ini telah menjadi langgananan cruise mewah seperti Genting Dream yang sangat menarik perhatian.

Warga Surabaya dan sekitarnya rela datang ke Surabaya North Quay untuk berfoto dengan latar Genting Dream yang sedang berlabuh. Mereka mengagumi kemegahan kapal pesiar ini dari luar.

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Pelabuhan Kapal Pesiar Indonesia
Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta via shutterstock

Tentunya sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta pun memiliki pelabuhan kapal pesiar yaitu Tanjung Priok. Tempat ini juga merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Nusantara, termasuk melayani kapal pesiar yang berlabuh.

Oleh karena itu, tidak heran bila fasilitas di sini pun jempolan. Mulai dari adanya garbarata agar memudahkan penumpang turun dari kapal, ruang tunggu VIP, sampai toilet khusus penyandang disabilitas.

Pelabuhan Belawan, Medan

Pelabuhan Belawan, Medan via Instagram @jieimage

Pelabuhan di Indonesia yang menjadi langganan bersandar kapal pesiar selanjutnya adalah Belawan, Medan. Sarana yang tersedia di sini pun menyesuaikan agar wisatawan merasa lebih nyaman.

Di antaranya adalah dermaga, terminal, dan kemudahan akses ke tempat wisata. Adanya tempat ini memang dapat semakin meningkatkan tingkat lawatan pelancong ke destinasi wisata di Sumatera Utara.  

Dengan adanya setidaknya 5 pelabuhan kapal pesiar tersebut, pariwisata di Indonesia dapat semakin berkembang. Teman Traveler sendiri apakah berminat untuk keliling Nusantara naik kapal pesiar?

Tags
Akomodasi Indonesia Pelabuhan Kapal Pesiar Indonesia
Share