Uniknya Patung Bentuk Tangan di Dunia, Indonesia Juga Punya

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri

Patung sebagai landmark suatu kawasan memanglah sudah menjadi hal umum, seperti GWK di Bali maupun Dewa Murugan di Batu Cave Malaysia. Bahkan karya seni tersebut menjadi jujugan wisata. Wisatawan berlomba-lomba berfoto di depan patung dengan tinggi luar biasa tersebut. Ada juga patung unik bentuk tangan yang tersebar di beberapa negara. Mau tahu di mana saja? Yuk, disimak ulasan berikut.

Holocaust Memorial, Amerika Serikat

Holocaust Memorial via Shutterstock
Holocaust Memorial via Shutterstock

Patung bentuk tangan satu ini berada di Pantai Miami, Amerika Serikat. Dibuat sebagai bentuk pernghormatan terhadap korban peristiwa Holocaust. Kalau dilihat dari dekat, detail tangan ini merupakan patung-patung berbentuk manusia yang seolah berlomba naik ke puncaknya.

Praying Hands Statue, Amerika Serikat

Praying Hands Statue via Instagram @_kimberly_ann_marie
Praying Hands Statue via Instagram @_kimberly_ann_marie

Patung bentuk tangan ini juga ada di Amerika Serikat, tepatnya di Tulsa, ibu kota negara bagian Oklahoma. Diberi nama the Praying Hands, bentuknya memang seperti orang tengah berdo’a. Patung ini terletak di gerbang masuk Oral Roberts campus, punya berat sekitar 30 ton dengan tinggi kira-kira 18 meter.

Mano del Desierto, Chile

Mano del Desierto, Chile via Shutterstock
Mano del Desierto, Chile via Shutterstock

Mano del Desierto merupakan patung bentuk tangan yang berada di Chile, tepatnya di tengah Gurun Atacama. Ukiran dengan tinggi kurang lebih 11 meter ini cukup populer bahkan hingga ke luar negeri. Tangan raksasa ini dibuat oleh Mario Irarrázabal, dalam rangka menghormati korban dari ketidakadikan rezim militer di Chile.

Giant Hand, Indonesia

Giant Hand, Indonesia via Instagram @top9_id
Giant Hand, Indonesia via Instagram @top9_id

Indonesia pun punya patung bentuk tangan ciptaan seniman asal Pulau Dewata Nyoman Nuarta. Karya seni ini terletak di gerbang masuk salah satu perumahan di Bandung, Jawa Barat. Jika dilihat lebih detail, di telapak tangannya terletak ukiran manusia.

Giant Hands of Venice, Italia

Giant Hands of Venice via Shutterstock
Giant Hands of Venice via Shutterstock

Italia, negara dengan bangunan indah ini pun punya patung bentuk tangan, tepatnya di Venice. Dua tangan raksasa ini seolah muncul dari dalam kanal kota di atas air ini. Karya seni ini dibuat oleh Lorenzo Quinn, sebagai bentuk pesan mengenai meningkatnya permukaan laut.

Menurut penciptanya, tangan merepresentasikan banyak peran. Seperti menyimpan kekuatan untuk mencintai, membenci, menghancurkan, maupun menciptakan.

Hand of Harmony, Korea Selatan

Hand of Harmony via Shutterstock
Hand of Harmony via Shutterstock

Patung bentuk tangan selanjutnya ada di Korea Selatan, berlokasi di Pantai Homigot. Karya seni ini dibangun tahun 1999, terbuat dari perunggu dan granit. Uniknya, tangan raksasa ini berjumlah dua buah.

Tangan sebelah kiri ada di daratan kawasan ini, sedangkan tangan kanan di tengah lautan. Keduanya menyimpan pesan bahwa semua orang hidup bersama serta untuk saling membantu.

Hand of Punta del Este, Uruguai

Hand of Punta del Este, Uruguai via Shutterstock
La Mano de Punta del Este, Uruguai via Shutterstock

La Mano de Punta del Este merupakan patung bentuk tangan yang terlihat seolah “tenggelam”. Dibuat oleh Mario Irarrázabal, seniman Chile yang juga membuat Mano del Desierto. Bertujuan sebagai peringatan bagi para perenang maupun diver, bahwa lautan tempat patung ini berada punya ombak cukup besar.

The Hand of God, Vietnam

The Hand of God, Vietnam via Shutterstock
The Hand of God, Vietnam via Shutterstock

The Hand of God di Vietnam ini merupakan bagian dari Golden Bridge, berlokasi di perbukitan Ba Na. Perpaduan kedua benda menakjubkan tersebut menjadi tujuan wisata turis. Konon tempat ini mirip dengan adegan di film Game of Thrones maupun the Lord of the Rings.

Patung-patung tersebut memang punya bentuk unik dengan besar yang tidak biasa juga. Keren, bukan? Teman Traveler sudah pernah ke salah satunya?