3 Laut dengan Patung Bawah Air, Serasa di Atlantis

Laut identik dengan pantai dan air jernihnya. Jika beruntung, para pengunjung juga akan dimanjakan oleh terumbu karang beserta ikan-ikan imut di dalamnya. Rupanya ada hal menarik lain di bawah laut sana yaitu patung indah. Tapi ini bukan di luar negeri lho, melainkan di Indonesia. Penasaran di mana saja? Yuk, cek ulasan di bawah ini.

Gili Meno yang ada 48 patung manusia di lautnya

patung bawah laut
Gili Meno via instagram/gilimenoescape

Bagi Teman Traveler, khususnya pecinta laut, wajib sekali datang ke Gili Meno. Perairan yang berada di tengah-tengah Gili Air dan Gili Trawangan ini mampu menarik para pengunjung lantaran adanya 48 patung berbentuk manusia di bawah laut.

Patung 48 manusia dibuat oleh Jason deCayres Taylor, sang pemahat ternama dari Inggris. Dia membuat karya seni tersebut untuk mengembangbiakkan terumbu karang. Pemahat yang karyanya sudah mendunia ini berharap, patung yang dibuat dengan posisi melingkar tersebut dapat menjadi rumah bagi hewan-hewan laut untuk bertahan hidup.

Boga Wreck yang dihiasi dengan bangkai kapal tenggelam

patung bawah laut
Kapal tenggelam via instagram/bali.dive.resort.and.spa

Bukan hanya Lombok, patung bawah laut juga ada di salah satu wisata Bali lho, tepatnya kawasan Tulamben. Di sana, para pengunjung yang menyelam akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan.

Pasalnya, terdapat patung atau arca yang ada di bawah laut. Bukan hanya itu, bahkan bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada saat Perang Dunia II juga berada di laut tersebut.

Namun, bangkai kapal tak semenyeramkan seperti yang kita kira biasanya, kok. Sebab, di sana juga ada hewan-hewan laut dan terumbu karang cantik yang bakal menemani Teman Traveler.

Candi bawah air yang dikira sebagai peninggalan Atlantis

Arca di Nusa Ceningan Instagram @andrea_vega92
Patung Bawah Laut Instagram @andrea_vega92

Masih di Pulau Dewata, ada laut lain yang menyediakan pemandangan patung indah. Letaknya berada di antara Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Di sana, terdapat patung Buddha, Ganesha, dan candi-candi yang hampir mirip dengan pura. Sebelumnya, arca dan patung candi ini sempat dikira sebagai peninggalan Atlantis.

Rupanya keberadaan patung-patung di bawah laut Nusa Ceningan merupakan salah satu kegiatan dari sekelompok pecinta lingkungan. Tujuannya dibuatnya patung adalah sebagai tempat tumbuhnya terumbu karang. Sejak tahun 2000, mereka memang sudah aktif menenggelamkan benda seni di Teluk Pemuteran, Buleleng, bagian utara Bali.

Wah, keren juga ya laut Indonesia! Bukan hanya menawarkannn terumbu karang indah, melainkan patung bawah lautnya juga keren. Teman Traveler tertarik untuk mengunjunginya?

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur patung bawah laut Pulau Bali Wisata
Share