Keseruan di Gili Trawangan, Snorkeling Sampai Belanja

Meski beberapa waktu lalu sempat dilanda gempa, sejumlah destinasi di Lombok tak lantas surut pamornya. Masih banyak yang memilih datang ke Pulau Seribu Masjid untuk liburan keluarga maupun honeymoon. Tak sedikit pula yang pilih lakukan berbagai keseruan di Gili Trawangan.

Salah satu sudut indah Gili Trawangan (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Gili Trawangan sendiri merupakan satu dari tiga gili populer di Lombok. Fasilitas dan aktivitas yang tersedia sudah begitu lengkap, modern namun tetap terasa asri. Penasaran? inilah beberapa keseruan di Gili Trawangan yang bisa Teman Traveler coba.

Bersepeda Keliling Pulau

Bersepeda keliling pulau (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Gili Trawangan cuma punya tiga moda transportasi, yakni sepeda, cidomo, serta kapal kecil. Kendaraan bermotor tidak diperbolehkan demi menjaga keasrian lingkungan. Dari ketiganya, sepeda adalah salah satu yang paling populer.

Harga sewanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp75.000 per hari, tergantung tipe sepedanya. Teman Traveler wajib coba rasakan asyiknya mengayuh keliling pulau karena Gili Trawangan tidak terlalu luas. Namun tentu saja cukup melelahkan jika dijelajahi dengan berjalan kaki.

Coba Naik Cidomo

Cidomo dari kejauhan (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Cidomo adalah transportasi tradisional yang ditarik menggunakan kuda. Sistemnya sangat unik karena memakai roda mobil bekas, alih-alih roda kayu seperti delman atau andong. Namanya sendiri merupakan akronim dari cikar, dokar dan mobil. Cukup unik ya?

Oh ya, kendaraan ini hanya bisa ditemukan di Lombok, khususnya di Gili. Oleh karena itu, cidomo wajib Teman Traveler coba selagi berada di Gili Trawangan. Meski tarifnya tidak murah, sekitar Rp75.000 hingga Rp100.000 sekali coba, tak ada salahnya menjajal experience khas ini.

Jika tertarik dengan kuda, di Gili Trawangan juga ada penangkaran kuda yang bisa Teman Traveler kunjungi. Kalian tinggal bersepeda ke arah pemukiman warga dan bertanya pada penduduk lokal soal lokasi tepatnya.

Menikmati Deretan Pantai

Salah satu sudut indah di Gili Trawangan (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Gili Trawangan dikelilingi deretan pantai cantik, namun beberapa di antaranya masih belum dikelola sebagai tempat wisata. Teman Traveler bisa coba jalan-jalan santai di kawasan pesisir sambil nikmati pemandangan. Buat yang yang ingin kulitnya terlihat lebih coklat, boleh banget berjemur.

Menikmati Indahnya Biota Laut

Perairan di sekitar Gili Trawangan (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Gili Trawangan tak hanya tawarkan keindahan deretan pantai, namun juga keindahan bawah laut. Jika penasaran, Teman Traveler bisa mengambil paket snorkeling dengan harga berkisar Rp120.000 hingga Rp150.000 per orang. Dengan harga yang cukup terjangkau, kalian sudah bisa menjelajah indahnya perairan di Gili Air, Meno, dan Trawangan.

Paket tersebut biasanya juga sudah mencakup makan siang karena durasinya cukup lama. Teman Traveler harus siap berbagi perahu dengan wisatawan lain dalam satu perahu besar. Namun jika ingin paketan yang lebih private, ada opsi khusus dengan biaya yang tentunya jauh lebih mahal.

Melihat Penyu

Menyapa langsung panyu (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Di sekitaran pantai utama Gili Trawangan terdapat bangunan terbuka yang
berfungsi sebagai penangkaran penyu. Tempat ini punya beberapa kolam penyu yang dipisah sesuai dengan kategorinya. Ada yang masih sangat kecil, ada pula yang siap dilepaskan ke habitat aslinya. Asyiknya lagi, kalian bisa mengunjungi tempat ini tanpa dipungut biaya masuk.

Belanja Cendera Mata

Aneka cendera mata cantik (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Di sepanjang jalan utama Gili Trawangan terdapat berbagai toko souvenir yang tawarkan beragam kerajinan tangan lokal. Ada yang berupa gelang, kalung, cincin, dan gelang. Teman Traveler juga bisa temukan beberapa wadah cantik dengan hiasan aksen khas Lombok. Bisa digunakan untuk tempat makanan, wadah asesoris, maupun asbak.

Asesoris cantik yang pas untuk oleh-oleh (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Oh ya, semua penjual di sini masih gunakan prinsip tradisional. Teman Traveler masih bisa menawar harga jika kalian membeli dalam jumlah banyak.

Itulah beberapa keseruan di Gili Trawangan yang bisa Teman Traveler coba. Bagaimana, sudah siap untuk menjajal pengalaman liburan di Lombok yang tak terlupakan?

Tags
kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share