Jelajah Pasar Tradisional di Indonesia, Pecinta Traveling Wajib Mampir Nih!

Objek wisata suatu kota memang memanjakan mata. Namun, jangan lewatkan untuk mampir ke pasar tradisionalnya. Apalagi jika pusat perbelanjaan tersebut memiliki cerita unik dan menarik perhatian. Seperti pasar tradisional di Indonesia berikut. Unik banget dan bikin betah lama-lama di dalamnya. Penasaran kan?

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer Solo via instagram/@jo.chryst

Berlibur ke Solo, jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Pasar Klewer. Nama uniknya berasal dari sejarah para pedagang yang membawa dagangan di atas bahu. Cara berdagang tersebut membuat dagangan jatuh, dalam bahasa Jawa istilahnya ‘kleweran’. Tidak hanya kebutuhan sehari-hari, Teman Traveler juga busa menemukan kuliner enak dengan rasa juara. Selain itu, ada banyak toko yang menawarkan aneka oleh-oleh dengan harga terjangkau. Awas kalap ya!

2. Pasar Terapung

Pasar Terapung
Pasar Terapung via instagram/@sayasyamsu

Pasar pertama yang selalu mencuri perhatian dan bikin wisatawan penasaran ada di Banjarmasin. Apalagi kalau bukan Pasar Terapung yang berada di atas sungai. Baik penjual maupun pembeli melakukan jual beli di atas perahu kayu yang dikenal dengan nama Jukung. Menarik memang. Hampir sebagian dagangan yang dijual di sini berupa makanan. Ada teh, kopi, menu berat, jajanan, hingga aneka buah segar.

3. Pasar Seni Sukowati

Pasar Seni Sukowati, Bali
Pasar Seni Sukowati, Bali via instagram/@dwiebima

Liburan ke Bali terasa kurang jika belum mampir ke Pasar Seni Sukowati. Yap, tempat istimewa dengan aneka barang lucu untuk oleh-oleh. Pusat perbelanjaan ini terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar yang tidak hanya menyediakan pernak-pernik buah tangan. Teman Traveler juga bisa menemukan berbagai aksesoris dengan nilai seni tinggi, seperti patung dan lukisan. Beberapa wisatawan juga menjadikan pasar ini sebagai spot OOTD.

 

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo via instagram/@malioboro_insta

Pasar tradisional di Indonesia yang tak kalah terkenal adalah Beringharjo. Letaknya di Jalan Malioboro yang tak jauh dari Stasiun Tugu Jogja. Aneka pernak-pernaik untuk oleh-oleh bukanlah hal istimewa satu-satunya di sini. Ada juga banyak kuliner nendang yang rasanya bikin ketagihan. Belum lagi nilai sejarahnya yang merupakan pasar tua di Kota Gudeg. Bagaimana, sudah pernah ke Pasar Beringharjo ini kan?

Nah, itulah empat pasar tradisional di Indonesia. Sudah keliling Indonesia bahkan dunia, bakalan kurang gereget jika belum mampir ke tempat wisata unik di atas.

Tags
Bali banjarmasin Indonesia Jogja Pasar Tradisional Solo
Share