Pasar Roma, Wisata Belanja di ‘Pasar Maling’ Malang

Bagi yang tinggal di sekitaran Malang, mungkin sudah akrab dengan nama Pasar Roma alias rombengan malam. Sesuai namanya, pasar dadakan ini mulai buka sekitar pukul 19.00 hingga tengah malam, bahkan tak jarang sampai menjelang subuh.

Teman Traveler yang menyukai wisata belanja wajib mampir ke Pasar Roma. Selain tawarkan suasana yang tak biasa, barang-barang yang dijual di sini juga bervariasi. Yuk, kita intip seperti apa uniknya pasar dadakan yang buka selepas mentari terbenam ini.

Jajakan Aneka Barang

Deretan sepatu di Roma alias Rombengan Malam (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mendapatkan bermacam barang di Pasar Roma, mulai dari yang baru, bekas, bahkan hingga barang impor. Jenisnya juga beragam, mulai dari baju, sepatu, jam tangan, ponsel, dan masih banyak lagi.

Jika penasaran, Teman Traveler tinggal meluncur ke kawasan Jalan Gatot Subroto, dekat Kampung Warna-warni Jodipan, Apotek Boldy, atau Klenteng Eng An Kiong. Para pengendara yang hendak menuju Lumajang, Kepanjeng, atau Blitar pasti juga akan melewati tempat ini.

Pedagang Ada di Pinggir Trotoar

Pengunjung di pasar (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Para pedagang di Roma akan menggelar jualan mereka di trotoar, memanfaatkan lahan di depan toko-toko yang sudah tutup. Ada sekitar seratusan pedagang memadati kawasan ini setiap malam. Namun jangan harap melihat mereka saat siang, sebab pada saat itu kawasan ini akan menjelma menjadi daerah pertokoan.

Dikenal Sebagai Pasar Maling

Aneka macam barang dagangan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk
Pedangan menjual beragam asesoris (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Pasar Roma juga dikenal dengan sebutan Pasar Maling, lantaran sebagian barang yang dijual di sini diduga merupakan hasil curian. Memang, ada banyak sekali cerita di mana seseorang yang kehilangan barang kemudian menemukannya dijual di pasar ini. Tapi jangan khawatir Teman Traveler, itu semua sudah jadi masa lalu.

Kini orang-orang di pasar rombengan ini sudah tertib dan ramah. Teman Traveler bakal lebih aman berbelanja di sini. Barang-barang yang dijual harganya juga lebih murah, bahkan bisa ditawar lebih dulu. Sebelum memutuskan membeli, pelanggan juga boleh memeriksa semua detail barang secara teliti.

Ada Sejak Lama

Deretan arloji di pasar rombengan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Meski sebutannya pasar, tak jarang orang datang untuk sekedar jalan-jalan di sini. Keberadaan Pasar Roma memang jadi daya tarik bagi sebagian kalangan. Mungkin salah satunya karena fakta bahwa pasar dadakan ini sudah ada sejak 1980an. Ditambah lagi beberapa barang yang kadang sulit dicari bisa ditemukan di sini.

Pengunjung melihat-lihat sepatu (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Lokasi pasar juga berada di tengah kota dan berdekatan dengan kawasan wisata seperti Kampung Warna-warni, Kampung Biru, dan Kampung Tridi. Tak heran jika suasana di sini jadi terasa makin hidup.

Posisinya juga berada di pinggir jalan persis. Teman Traveler tak perlu berjalan terlalu jauh untuk melihat-lihat barang yang dijajakan di Roma. Praktis sekali bukan?

Dereatan pakaian yang dijual di pasar (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk
Lapak pedagang ada persis di pinggiran jalan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang sedang liburan di Malang dan ingin merasakan nuansa jalan-jalan berbeda di malam hari, mengunjungi Pasar Roma sangat direkomendasikan. Bagaimana, adakah yang tertarik menyambangi Pasar Maling ini?

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share