Berburu Takjil di Pasar Kauman Jogja, Ada Menu yang Hanya Ada Saat Ramadan

Advertisement
Advertisement

Tak susah menemukan tempat menarik untuk ngabuburit di Jogja. Dari jalanan Malioboro hingga Candi Ratu Boko bisa menjadi spot untuk menunggu bedug magrib. Satu lagi yang bisa kamu jelajahi saat puasaan di Jogja adalah Pasar Sore Ramadan Kauman atau dikenal dengan pasar Kauman Jogja yang menawarkan aneka menu takjil. Penasaran dengan surganya makanan enak di Jogja ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pasar Ramadan yang Selalu Mencuri Perhatian

Pasar Sore Kauman, Jogja
Pasar Sore Kauman, Jogja via instagram/@ghendisruparupa

Pasar Sore Ramadaan Kauman terdapat di Jalan Ahmad Dahlan. Tepatnya di sebuah gang kecil yang kurang lebih memiliki lebar dua meter dan panjang 150 meter. Bagi pecinta kuliner Jogja, pasti tak asing lagi dengan pasar ini. Pasalnya, surganya takjil enak tersebut sudah ada sejak tahun 1990-an dengan jumlah pedagang yang makin bertambah.

Pasar Kauman di Jogja
Pasar Kauman di Jogja via instagram/@ghendisruparupa

Sajian Menu enak dengan Harga Terjangkau

Menu enak di Pasar Kauman
Menu enak di Pasar Kauman via instagram/@brojajan

Pasar takjil bukan hanya tempat untuk ngabuburit, tapi juga spot asyik untuk mencari kuliner enak untuk menu buka puasa. Di Pasar Kauman, kamu bisa menemukan aneka jajanan dan makanan. Ada yang rasanya manis, asin, gurih, pedas, hingga menyegarkan. Dari gulali legit hingga rujak cingur pedas juga tersedia. Untuk harganya juga terjangkau. Kamu pun bakalan kalap untuk mencoba semua jajanan di sini.

Suasana Pasar Kauman
Suasana Pasar Kauman via instagram/@pipiw307

Camilan Kicak khasnya Kampung Kauman

Kicak
Kicak via instagram/@natgeoindonesia

Salah satu menu yang wajib kamu coba saat mampir ke sini adalah Kicak. Jajanan ini merupakan camilan lezat khas Pasar Kauman. Menariknya, jajanan ini hanya ada saat bulan suci ramadan saja. Dikemas rapi dalam daun pisang atau kotak plastik, takjil khas Jogja ini sebenarnya berupa adonan ketan yang dibuat jadah, kelapa parut, buah nangka, gula pasir, garam, vanili dan daun pandan. Rasanya, gurih-gurih manis yang bikin nagih.

Kicak di Pasar Kauman
Kicak di Pasar Kauman via instagram/@dapur_ibuk

Menu Lain yang Mengenyangkan

Takjil di Pasar Kauman
Takjil di Pasar Kauman via instagram/@perdanafina

Mau es cendol, kelapa muda, hingga kolak tersedia di sini. Namun, begitu pula dengan menu berat yang mengenyangkan. Kamu bisa pilih sesuka hati. Salah satu yang bisa kamu coba adalah seporsi aneka mie dan bakwan gurih. Ada bihun, mie telur, dan tumis bakwan yang pastinya bikin kenyang. Rasanya, tak perlu diragukan lagi.

Takjil lain yang menggiurkan
Takjil lain yang menggiurkan via instagram/@dee_cimot

Nah, itulah ulasan tentang pasar Kauman Jogja. Bagaimana, tertarik untuk ngabuburit di surganya takjil ini kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Kuliner Ramadan Pasar di Jogja Yogyakarta
Share