Traveler Sejati? 6 Wisata Petualangan Indonesia Ini Pantang Dilewatkan

Advertisement

Nusantara bisa dibilang merupakan surga bagi mereka yang menyukai petualangan di alam terbuka. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak lokasi wisata petualangan Indonesia yang pantang dilewatkan. Terutama bagi mereka yang mengaku sebagai traveler sejati.

Ada banyak pesisir pantai dengan perairan indah bagi mereka yang senang menyelam maupun snorkeling. Deretan pengunungan indah juga siap menyambut para penggemar hiking atau treking. Penasaran? Inilah enam wisata petualangan Indonesia yang tak boleh terlewatkan.

1. Menyelam

Seorang turis asyik menyelam di Bunaken
Seorang turis asyik menyelam di Bunaken via Instagram ben.apnea

Sebagai negara maritim, tidak mengejutkan jika Indonesia memiliki sejumlah spot menyelam yang mengagumkan. Bagi Anda yang masih pemula, bisa mencoba datang ke sekolah menyelam yang ada di Bali maupun Lombok. Di sana Anda akan diajarkan dasar-dasar untuk menjelajah dunia bawah laut.

Tidak hanya di Bali, Indonesia juga punya kawasan lain yang terkenal dengan spot diving-nya, seperti Karimunjawa (Jawa Tengah), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bunaken (Sulawesi Utara), Derawan (Kalimatan Timur), Pulau Komodo (NTT), dan Raja Ampat (Papua). Setiap spot diving punya karakteristik khusus yang mungkin takkan Anda temukan di tempat lain.

2. Snorkeling

Snorkeling di Derawan
Snorkeling di Derawan via Instagram piknik_indonesia.id

Sama seperti menyelam, snorkeling juga termasuk aktivitas rekreasi bahari favorit bagi para wisatawan di Indonesia. Hamparan lautan jernih yang ada di Nusantara memungkinkan Anda untuk menikmati indahnya susunan batu koral dan melihat ikan-ikan berwarna cerah berseliweran di habitan aslinya.

Snorkeling tidak membutuhkan sertifikat khusus. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, langsung saja meluncur ke Kepulauan Seribu. Namun selain itu masih ada tempat lain yang layak dijadikan tujuan, seperti Wakatobi, Bunaken, Derawan, Pulau Anambas, dan Raja Ampat.

3. Surfing

Serunya surfing di Uluwatu
Serunya surfing di Uluwatu via Instagram markush_jr

Indonesia memiliki begitu banyak pantai dengan karakteristik ombak yang tidak kalah beragam, hingga tidak heran jika negara kita dianggap sebagai salah satu destinasi surfing terbaik dunia.

Mentawai, yang terletak di Sumatra Barat, merupakan salah satu lokasi yang kerap menjadi jujukan para surfer kelas dunia. Kepulauan Mentawai menyediakan lebih dari 400 titik untuk berselancar dengan level yang berbeda-beda. Lokasi surfing lain yang patut Anda coba antara lain Uluwatu di Bali, Pantai Plengkung di Banyuwangi, dan Desert Point di Lombok.

4. Rafting

Rafting di Probolinggo
Rafting di Probolinggo via Instagram rafting_songa

Hampir setiap pulau besar di Indonesia memiliki aliran sungai luar biasa dengan susunan batu-batu menawan yang sempurna untuk dijadikan tempat rafting. Mulai dari sungai yang punya aliran air relatif tenang dan batu-batu yang tidak terlalu tajam, hingga sungai yang panjangnya bisa berpuluh kilo, semuanya bisa Anda coba.

5. Mendaki Gunung

Perjalanan mendaki Gunung Semeru
Perjalanan mendaki Gunung Semeru via Instagram mochamad_edwin

Sebagai negara kepulauan, hampir sebagian pulau-pulau besar di Indonesia memiliki pegunungan yang indah, dan rata-rata titik puncaknya berada di ketinggian 3.000 hingga 3.800 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini membuat Nusantara menjadi salah satu tempat yang tidak hanya indah, namun juga menawarkan tantangan khusus bagi para pendaki gunung.

Beberapa lokasi favorit untuk mendaki gunung antara lain Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat; Gunung Kelimutu di Flores, Nusa Tenggara Timur; Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Puncak Jaya di Papua.

6. Safari Alam Liar

Safari di Baluran
Safari di Baluran via Instagram putrantiningrum

Deretan Taman Nasional di Indonesia adalah tempat yang pas bagi para pecinta kehidupan alam liar. Hampir semua taman tersebut dijadikan tempat konservasi untuk spesies tanaman dan hewan langka yang sudah hampir punah.

Beberapa hewan yang kini dilindungi di Indonesia antara lain Banteng, Lutung Jawa, dan Gajah Sumatra. Anda bisa melihatnya langsung dengan mengunjungi Taman Nasional yang ada di Gunung Leuser, Ujung Kulon, Way Kambas, Kerinci Seblat, dan Kayan Mentarang.

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata petualangan Indonesia yang pantang dilewatkan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati petualangan seru sembari menikmati indahnya pemandangan alam liar.

Advertisement
Tags
Indonesia Wisata
Share