4 Tempat Berburu Takjil di Jogja, Kulinernya Enak dan Lengkap

Agenda apa saja yang kamu lakukan saat puasa pertama? Selain beribadah dan melakukan kebaikan, tentu kurang jika belum berburu takjil. Menariknya, banyak kota besar yang menyediakan tempat jualan jajanan untuk menu berbuka. Salah satunya Jogja yang memiliki banyak tempat berburu takjil yang memiliki jajanannya lengkap. Di mana saja? Berikut daftarnya.

1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Pasar Ramadhan Jogokaryan, Jogja
Pasar Ramadhan Jogokaryan, Jogja via instagram/@makankeliling

Sebagian besar tempat berburu takjil di Jogja ini adalah pasar dadakan yang hanya ada di bulan suci. Salah satunya Pasar Ramadhan Jogokaryan yang letaknya tak jauh dari Masjid Jogokaryan. Di sini, kamu bisa menemukan aneka macam takjil yang menggugah selera. Di tahun-tahun sebelumnya, kampung ini juga selalu menggelar kegiatan lomba pentas seni anak. Biasanya, lomba tersebut diadakan saat malam takbir. Seru ya!

Pasar Ramadhan Jogokaryan
Pasar Ramadhan Jogokaryan via instagram/@voilajogja

2. Kampung Ramadhan Kauman

Pasar Ramadhan Kauman, Jogja
Pasar Ramadhan Kauman, Jogja via instagram/@agussable

Tempat berburu takjil paling terkenal di Jogja adalah Kampung Ramadhan Kauman. Awalnya, tempat ini hanya memiliki 3 pedagang makanan. Sekitar tahun 90-an, warga mengelola pasar dadakan ini sehingga pembeli yang datang tak susah berebut membeli takjil. Bertambahnya tahun, penjual di gang ini juga makin banyak. Tak hanya menjual camilan, aneka lauk dan sayur juga lengkap tersedia di sini. Konon, belum ke Kampung Ramadan Kauman jika belum membeli kicak. Pastikan kamu membeli makanan tradisional ini saat mampir ke sini ya!

Pasar Ramadhan Kauman
Pasar Ramadhan Kauman via instagram/@pipiw307

3. Jalur Gaza Nitikan

Jalur Gaza Jogja, Tempatnya berburu takjil di Jogja
Jalur Gaza Jogja, Tempatnya berburu takjil di Jogja via instagram/@sumomonlee

Kawasan ini bukanlah titik perang, melainkan pusatnya jajanan enak untuk buka puasa. Seperti sebelumnya Jalur Gaza yang artinya Jajanan Laut Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada ini merupakan pasar dadakan bulan puasa di Nitikan, Sorogenen, Umbulharjo. Aneka takjil yang dijual beragam. Ada es segar, kolak hangat, gorengan, hingga camilan khas Jogja. Tak hanya itu, ada juga lauk pauk dan sayuran yang rasanya juara.

Jalur Gaza Nitikan
Jalur Gaza Nitikan via instagram/@fooddiscoverer

4. Kawasan Glagah Sari

Ilustrasi Pasar Takjil
Ilustrasi Pasar Takjil via instagram/@ariefcahyana

Tempat berikutnya yang bakal membuatmu lapar mata adalah kawasan Glagah Sari. Setiap bulan puasa datang, kawasan ini disulap menjadi pusatnya takjil dengan aneka menu. Dari es-es an hingga gorengan tersaji lengkap di setiap sudutnya. Selain pecinta kuliner, pasar dadakan Glagah Sari ini juga difavoritkan mahasiswa karena harganya yang terjangkau. Nah, kamu yang berniat datang ke sini, siap-siap berdesakan ya!

Ilustrasi Pasar Takjil Dadakan
Ilustrasi Pasar Takjil Dadakan via instagram/@rama.agatha_7pagi

Itulah tempat berburu takjil di Jogja. Sebagian besar merupakan pasar dadakan yang hanya buka ketika bulan puasa datang. Nah, ada rencana untuk liburan ke Kota Gudeg? Jangan lupa mampir ke tempat di atas ya

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share