Pasar Kangen Jogja 2019, Nostalgia Barang dan Kuliner Lawas

Annissa NCSaputri

Annissa NCSaputri

On Indonesia
Pasar Kangen Jogja 2019 Pasar Kangen Jogja 2019

Teman Traveler sedang keliling wisata Jogja? Tenang saja, dijamin kalian tidak bakal mati gaya karena Kota Gudeg selalu hadirkan banyak acara kece. Bulan Juli ini saja sudah ada empat event populer yang akan dan sudah digelar. Mulai dari Prambanan Jazz, Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY), ArtJog, serta Pasar Kangen Jogja 2019.

Gelaran yang disebut terakhir lagi happening di Jogjakarta. Ada yang sudah ke Pasar Kangen Jogja 2019? Sebelum berangkat, ada baiknya Teman Traveler simak ulasan berikut.

Lepas Kangen Edisi 12

Pasar Kangen 2019 (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Buat yang sudah kangen dengan event tahunan ini, selamat. Kerinduan kalian akhirnya terobati. Eits, ada yang belum tahu soal event ini? Well, Pasar Kangen merupakan acara tahunan yang diselenggarakan UPTD Dinas Kebudayaan Taman Budaya Yogyakarta. Konsepnya adalah menghadirkan pertunjukan seni, tradisi, kuliner tradisional tempo dulu, serta barang-barang klitikan lawas.

Panitia Pasar Kangen mengadakan seleksi ketat terhadap stand atau lapak yang ingin berpartisipasi di acara ini. Oh ya, edisi 2019 merupakan gelaran ke-12 yang makin meriah dengan hadirnya ratusan pelaku UMKM dan seniman dalam satu tempat. Teman Traveler dijamin puas bernostalgia di sini.

Belanja Barang Jadul dan Kerajinan

Lapak penjual barang lawas (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berada di area lapak-lapak barang antik dan jadul, saya seakan dibawa flashback kembali ke masa lalu. Ada sekitar 93 stand yang tawarkan aneka barang tempo dulu di sini. Teman Traveler bisa temukan lagi kaset-kaset penuh nostalgia, buku-buku bacaan dengan cover usang, mainan masa kecil yang sudah jarang ditemukan, hingga uang koin kuno.

Selain itu masih ada beberapa koleksi peralatan antik seperti telepon, kamera, radio, piringan hitam, serta gramafon. Meski terlihat lawas, semuanya masih bisa berfungsi dengan baik. Para pecinta barang antik tentu takkan melewatkan deretan stand ini kan?

Zona kerajinan dan produk lokal (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain barang-barang lawas, di lorong utara terdapat zona khusus berisi lapak berbagai produk UMKM. Di sini Teman Traveler bisa temukan beragam kerajinan, aksesoris, kreatif handmade, dan clothing. Kalian boleh banget beli barang-barang lucu seperti kerajinan bambu macam teko, gelas, termos, maupun sendok.

Selain itu ada juga produk ecoprint, t-shirt, dan tas yang semuanya merupakan produk lokal dengan kualitas tinggi. Asesoris kreatif lain seperti hiasan atau wall-decor juga tak ketinggalan ada di sini. Bisa jadi alternatif untuk menghias rumah.

Lukis Wajah atau Gerabah?

Lukis ilustrasi wajah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasuki stand barang jadul, ada aktivitas menarik yang bisa Teman Traveler coba. Seperti kalian lihat dalam foto di atas, tampak seorang pelukis ilustrasi wajah sedang asyik dengan cat dan kanvasnya. Bagi kalian yang tertarik, boleh banget memanfaatkan jasa sang seniman ini melukis rupa kalian.

Sementara itu, di sisi pojok timur, seperti tahun-tahun sebelumnya, terdapat lapak yang tawarkan keseruan melukis gerabah. Gerabah yang digunakan terbut tanah liat dan berukuran mungil. Bentuknya dibuat menyerupai binatang, seperti gajah, katak, babi, jerapah, dan kucing. Biaya mencoba keseruan ini berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000. Tertarik uji kreativitas di sini?

Berburu Kuliner Tradisional

Ada 117 stand kuliner di sini (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Usai lelah berburu barang-barang lawas dan kerajinan lucu, saatnya Teman Traveler mengisi perut. Manjakan lidah kalian dengan sajian dari total 117 stand kuliner di Pasar Kangen Jogja 2012. Deretan gubuk kuliner tersebut menawarkan beragam sajian tradisional dan jadul. Sebagian mungkin sudah jarang dijumpai di pasaran.

Makanan berat, cemilan, hingga minuman, semua jadi satu di sini. Pilihannya banyak banget Teman Traveler.

Banyak jajanan menggiurkan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Teman Traveler yang rindu dengan jajanan masa kecil, bisa cicip es goreng, rambut nenek, es gabus, telur gulung, atau gulali bentuk. Cemilan tradisional seperti jadah bakar, songgobuwono, jenang gempol, leker Jowo, lempeng juruh, sate gajih, dan aneka jajanan pasar lainnya pun jangan sampai lolos. Rasanya tak kalah lezat lho dibanding jajanan kekinian.

Semakin berkeliling, Teman Traveler bakal temukan banyak kuliner menggiurkan dan bikin ngiler. Kalian juga akan menemukan beberapa sajian khas dari beberapa daerah, seperti kerak telor dan es selendang mayang Jakarta, dawet sambel Kulon Progo, mie lethek Bantul, rujak cingur Surabaya, belalang goreng Gunungkidul, serta dawet serabi khas Blitar.  

Harganya sangat terjangkau (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Buat yang ingin makan berat, di sini juga ada sego jagung, sego wiwit, sego abang, sego bakar, serta aneka nasi dengan sayur-lauk ndeso. Untuk minumannya, ada es jaipong, es tebu, wedang asem, es limun, sarsaparila, nira kelapa, bajigur, dan banyak pilihan menyegarkan lainnya.

Oh ya, satu lagi yang paling penting, harga yang ditawarkan di sini sangat terjangkau. Dijamin tidak bikin kantong jebol. Bagaimana, siap memanjakan lidah? Awas kalap lho Teman Traveler.

Menyaksikan Pertunjukan Seni

Panggung seni (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sambil menikmati berbagai kuliner, Teman Traveler bisa saksikan aneka pertunjukan seni di area depan. Total ada 35 kelompok seni yang akan mengisi panggung selama gelaran Pasar Kangen Jogja 2019 berlangsung.

Berturut-turut selama sembilan hari, bakal ada jadwal tersendiri untuk tiap pentas seni yang digelar. Masing-masing hari berbeda sehingga pengunjung takkan bosan. Dari siang hingga malam, Teman Traveler bisa saksikan serunya jathilan, kethoprak, reog, dagelan, wayang kulit, karawitan, angklung, keroncong, seni teater, seni tari, dan masih banyak lagi.

Hingga 20 Juli 2019

Acara akan berlangsung hingga 20 Juli (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Pasar Kangen diselenggarakan selama sembilan hari, dari 12 hingga 20 Juli 2019. Gelaran ini buka dari siang hingga malam, pukul 13.00 sampai 22.00. Sama seperti tahun sebelumnya, Teman Traveler bisa menyambangi event ini di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Alamatnya ada di Jalan Sriwedari No.1, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

Bagi Teman Traveler yang sedang berada di sekitaran Malioboro, bisa nih mampir ke sini. Masuknya tidak dipungut uang sepeser pun, jadi kalian tak perlu bayar tiket. Tapi untuk jajan dan belanja tetap bayar ya. Siapkan uang lebih karena dijamin bakal kalap di sini.    

Jangan lupa mampir (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, siap lepas rindu di Pasar Kangen Jogja 2019 Masih ada kesempatan nih buat datang ke sini. Tak hanya bisa belanja barang lawas dan kerajinan lucu, kalian juga bakal dimanja aneka kuliner tradisional serta menyaksikan gelaran seni apik. Selamat bernostalgia!