7 Event Budaya Indonesia Juli 2019, Yuk Berburu Makanan dan Kerajinan Tradisional

Teman traveler belum tahu ingin pergi liburan kemana bulan Juli ini? Ke event budaya Indonesia yang merupakan bagian 100 Calendar of Event Indonesia saja. Sekedar informasi, ada 15 festival atau kegiatan budaya dari 100 event yang terjadwal, berlangsung di bulan Juli 2019 ini. Berikut adalah tujuh diantaranya.

Festival Biak Munara Wampasi, Papua, 1-6 Juli 2019

Festival Biak Munara Wampasi via instagram/ alineawisata

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bersama pelaku usaha pariwisata mengajak wisatawan menyaksikan kegiatan budaya tahunan masyarakat adat yaitu Festival Biak Munara Wampasi (BMW). Festival ini biasanya akan diisi atraksi snap mor (kegiatan masyarakat menangkap ikan bersama di air laut), apen byaren (berjalan kaki di atas batu panas), panggung hiburan, pameran kerajinan tangan, serta kegiatan workshop pariwisata.

Aceh Culinary Festival, Aceh, 5-7 Juli 2019

Aceh Culinary Festival via instagram/alinea.kedua

Festival kuliner ini bertujuan mempromosikan dan melestarikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata kuliner. Dalam festival ini terdapat stan pameran makanan khas tradisional Aceh, berbagai lomba, demo masak, parade kebudayaan, pertunjukan musik, hingga kenduri khas Aceh.

Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat, NTT, 5-12 Juli 2019

Festival 1001 Kuda dan Tenun Ikat via instagram/thenewtourismterritory

Selama festival, kuda-kuda akan didekorasi dengan berbagai aksesoris berkilau, sementara penunggang mengenakan kostum tradisional pulau yang berbeda. Dibagi menjadi kelompok-kelompok, tim kuda dan penunggang kemudian akan bersaing di depan panel juri berdasarkan kriteria yang mencakup keterampilan kecantikan, kinerja, dan manajemen kuda.

Festival ini akan dikombinasikan dengan gelar Tenun Ikat. Festival kain tradisional Sumba ini akan diadakan di Tambolaka dan menampilkan banyak program menarik termasuk peragaan busana dan pertunjukan tari tradisional Sumba.

Tanah Lot Arts Festival, Bali, 20 Juli 2019

Tanah Lot Art Festival via instragram/vari_bali

Festival tahunan Tanah Lot Arts Festival  akan dibuka secara resmi dengan pertunjukan Tari Rejang Sandat Ratu Segara oleh 1800 penari. Rejang Sandat Ratu Segara adalah tarian sakral Bali yang didedikasikan untuk Bunda Bumi.

Tanah Lot Arts Festival 2019 sendiri adalah festival budaya dari Kabupaten Tabanan. Festival ini akan berlangsung di Tanah Lot yang merupakan salah satu tujuan wisata populer di Bali.

Festival Pesona Bunaken, Sulawesi Utara, 26-29 Juli 2019

Festival Pesona Bunaken via instagram/agnespascalia

Festival Bunaken akan menampilkan serangkaian aktivitas yang meliputi kompetisi perahu tradisional yang dihias warna-warni, karnaval budaya, pertujukan musik tradisional ‘Kolintang’, pertunjukan tari tradisional ‘Maengket’ dan kompetisi tari.

Festival ini juga akan menghadirkan pesta barbeque seafood pedas, permainan rakyat tradisional yang menyenangkan, petualangan snorkeling, Kontes Kecantikan Miss dan Mr. Bunaken, dan pertunjukan seni dan musik yang meriah.

Solo Batik Carnival, Jawa Tengah, 26-28 Juli 2019

Solo Batik Carnival via instagram/solobatikcarnival_official

Citra kota solo sebagai salah satu kota wisata dan kota budaya di indonesia tak lepas dari salah satu peninggalan budaya leluhur yaitu batik. Menurut historikal kulturalnya, batik solo menjadi salah satu akar pertumbuhan tradisi batik nusantara. Potensi batik yg sangat luar biasa dapat dipresentasikan serta divisualisasikan dalam beberapa hal, di antaranya melalui solo batik carnival.

ARTJOG, D.I Yogyakarta, 25 Juli-25 Agustus 2019

ARTJOG Yogyakarta via instagram/artjog.id

Acara tahunan ini menawarkan perspektif berbeda dalam melihat dunia melalui seni. Acara ini akan diikuti oleh seniman, kolektor seni, dan eksekutif galeri dari Indonesia dan seluruh dunia. ARTJOG tahun lalu dihadiri oleh: Adam de Boer (AS), Ezzam Rahman (Singapura), Hiromi Tango (Australia), Kexin Zhang (Cina), Marcel Schwittlick (Jerman), Ronald Ventura (Filipina), dan banyak lagi.

Pilih event budaya Indonesia favoritmu dan segera berkunjung ke sana ya, Teman Traveler! Bagaimana, mana yang paling membuatmu tertarik?

Tags
Festival di Indonesia Indonesia
Share