Pantai Watu Leter, Eksotisnya Pesisir Selatan Malang

febri rama

febri rama

On Indonesia

Mencari pantai yang bisa dibuat berenang di Malang itu tidak mudah. Seperti karakter wilayah pesisir selatan pada umumnya, Ombak-ombak pantai di Malang juga menggulung dengan ganas. Kamu pun harus pintar-pintar melihat situasi jika ingin bermain air agar tidak membahayakan diri. Kalau kamu juga termasuk tipe yang wajib basah kalau ke pantai, boleh datang ke Pantai Watu Leter. Apa saja yang menjadi pesonanya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Pasir Putih yang Lembut

Wisata Malang
Wisata Malang (c) Travelingyuk/Febri Rama

Pantai Watu Leter termasuk masih tersembunyi dan sepi pengunjung. Sewaktu tim Travelingyuk datang pada hari Minggu (8/4/2018), hanya ada beberapa pengunjung yang kebanyakan adalah anak muda. Mereka nampak begitu senang menikmati lembutnya pasir putih, sehingga berlarian dan kejar-kejaran pun seperti tak takut jatuh. Area pantai begitu luas, ada bagian yang hanya diakses ketika air surut. Biasanya tempat ini digunakan untuk berkemah.

Wisata Pantai Malang
Wisata Pantai Malang (c) Travelingyuk/Febri Rama

2. Tempat yang Aman untuk berenang

Berenang
Berenang (c) Travelingyuk/Febri Rama

Di ujung timur Pantai Watu Leter, terdapat sebuah cekungan pantai yang dibatasi ole bukit karang besar. Bentuknya seperti teluk dan pantai ini masuk dalam pantai di malang yang ombaknya tenang. Di sini lebih aman digunakan untuk berenang. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati dan jangan terlalu jauh dari tepian. Jangan lupa membawa peralatan seperti kaca mata renang atau alat snorkeling, Jika beruntung kamu bisa melihat karang dan ikan warna-warni.

Pantai di Malang
Pantai di Malang (c) Travelingyuk/Febri Rama

3. Kulineran Ikan Bakar di dan Menikmati Segarnya Kelapa Muda

Kuliner ikan bakar di tepi pantai
Kuliner ikan bakar di tepi pantai (c) Travelingyuk/Febri Rama

Watu Leter masih dalam tahap pengembangan, sehingga fasilitasnya juga tidak begitu banyak. Ada toilet di beberapa titik. Pohon cemara udang pun tertanam berderet-deret, tapi belum tumbuh tinggi. Saat kamu sudah lelah seru-seruan, cobalah untuk menenangkan perut dengan kuliner enak di tepi pantai Watu Leter. Ada Warung Pojok yang menjual kelapa muda dengan harga Rp10.000 untuk satu butir utuh. Sedangkan satu ekor ikan bakar berukuran besar dipatok dengan harga sekitar Rp50.000. Ada juga menu lain seperti pecel.

Kuliner di Pantai Watu Leter
Kuliner di Pantai Watu Leter (c) Travelingyuk/Febri Rama

Pantai Watu Leter juga digadang-gadang sebagai tempat konservasi penyu. Di waktu tertentu, kamu bisa melihat pelepasan penyu abu-abu. Langsung saja arahkan kendaraanmu menuju ke Sitiarjo, Kecamtan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Lokasinya tak jauh dari Pantai Goa Cina. Bagaimana sudah tertarik datang ke pantai ini?