6 Wisata Berbasis Penangkaran Penyu di Jawa Timur

Saat bertelur, penyu akan mengeluarkan telur dalam jumlah banyak, bahkan hingga ratusan. Namun karena berbagai tantangan alam yang ada, tak semuanya bisa hidup hingga dewasa. Ada yang mati karena ganasnya alam, dimakan hewan lainnya, ataupun juga sebab-sebab yang lain. Karenanya, sangat perlu sekali dilakukan program konservasi penyu supaya terjaga kelestariannya. Di Indonesia banyak sekali penangkaran penyu yang saat ini sudah aktif. Tapi kali ni kita akan membahas penangkaran penyu yang terdapat di Provinsi Jawa Timur saja. Here we go.

1. Konservasi Penyu Pantai Serang, Blitar

Pelepasan tukik di Pantai Serang, via Instagram farhandalimunthe

Konservasi penyu yang berada di Desa Serang, Blitar ini merupakan inisiatif dari warga setempat melihat banyaknya penyu yang datang untuk bertelur. Tapi perlu untuk diingat, pengunjung lokasi wisata ini dibatasi untuk menjaga kelestarian penyu. Banyak jenis hewan amfibi tersebut yang singgah ke lokasi ini, misalnya penyu sisik, penyu lekang, penyu hijau, dan juga penyu sisik abu-abu.

2. Pantai Taman, Pacitan

Konservasi penyu di Pacitan, via Instagram kykyryky

Lokasi selanjutnya yang digunakan untuk konservasi penyu adalah Pantai Taman yang lokasinya berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirejo, Pacitan. Lokasi pesisir di sini kerap digunakan para penyu untuk bertelur. Untuk penyunya sendiri datang dari jenis penyu abu-abu, penyu sisik, penyu blimbing, dan penyu hijau.

3. Pantai Sukamade, Banyuwangi

Pelepasan tukik di Pantai Sukamade, Via Instagram padmatourorganizer

Pantai Sukamade memang selama ini terkenal menjadi salah satu lokasi konservasi penyu. Di Pantai Sukamade, kamu bisa melihat secara langsung proses konservasi penyu dan mengikuti juga pelepasannya saat ke laut. Di Pantai Sukamade terdapat empat spesies penyu yang bertelur, ada penyu hijau, penyu sisik, penyu slengkrah, dan juga penyu belimbing. Untuk jenis yang paling mudah ditemukan adakan penyu hijau.

4. Pantai Ngagelan, Banyuwangi

Seekor pentu di Pantai Ngagelan, Via Instagram banyuwangiexplore

Banyuwangi memang memiliki banyak sekali pantai, tak salah jika menjadi persinggahan penyu. Selain pantai Sukamade, lokasi penangkaran penyu di Banyuwangi berada di Pantai Ngagelan yang terdapat di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai di sini masih terjaga karena memang diperhatikan betul oleh pengelola. Bahkan, para pengunjung yang ingin datang wajib untuk meminta izin terlebih dahulu ke pihak pengelola.

5. Pantai Taman Kili-Kili, Trenggalek

Konservasi penyu di Pantai Taman Kili-Kili, Via Instagram yoyok_np

Di Trenggalek juga terdapat pusat konservasi penyu, yakni berlokasi di Taman Kili-Kili Trenggalek. Lokasi tepatnya berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek. Kegiatan penangkaran penyu ini sudah dilakukan sejak tahun 2011 yang lalu. Sudah banyak fasilitas untuk penangkaran penyu, mulai dari menara pemantau sampai pagar untuk mengamankan penyu-penyu.

6. Pantai Watu Leter, Malang

Alam asri jadi lokasi penangkaran penyu, Via Instagram helmibp19

Satu lagi yang jadi tempat penyu bertelur, berada di Pantai Watu Leter yang terletak di Desa Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan Malang. Pantainya bersih dan terjaga, sehingga nyaman jadi tempat penangkaran penyu. Untuk jenis penyunya sendiri biasanya adalah penyu abu-abu. Pengunjung bisa lihat kehidupan penyu, namun dengan jarak aman yang sudah ditentukan.

Berwisata memang sangat disarankan supaya pikiran tidak tegang. Tapi, berwisata sembari menjaga alam, benar-benar disarankan lho. Sudah siap berkontribusi dalam usaha pelestarian penyu? Coba saja kunjungi tempat-tempat di atas!

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur penangkaran penyu penangkaran penyu di Jawa Timur
Share