Keunikan Pantai di Nusa Tenggara, Tak Melulu Soal Pasir Putih

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Pantai dengan pasir putih yang bersih tidak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Keindahan tersebut tersebar dari ujung barat hingga timur negara kita. Namun tak hanya pasir putih saja yang dapat memikat wisatawan untuk datang. Beberapa memiliki keunikan tersendiri yang juga menjadi magnet bagi para pelancong. Seperti empat pantai yang ada di Nusa Tenggara ini.

1. Pantai Tanjung Meriam, Bima

Pantai Tanjung Meriam [image source]
Pantai ini memiliki bukit yang dipenuhi bebatuan heksagonal. Bahkan bentuknya kurang lebih mirip dengan Planet Kripton yang ada pada film Superman. Tanjung Meriam memiliki lokasi yang masih terpencil, namun banyak wisatawan yang tetap datang demi melihat fenomena tebing unik yang ada di tempat ini.

Tebing batuan unik yang ada di Tanjung Meriam [image source]

2. Pantai Semeti, Lombok

Pantai Semeti [image source]
Garis pantai Semeti dipisahkan oleh tebing batu padas yang begitu kokoh dan tajam. Tempat ini masih begitu bersih dan asri. Tidak akan ditemukan satu sampah pun di Pantai Semeti. Posisi matahari tenggelam tepat berada di hadapan garis pantai. Sehingga pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencari sudut pandang yang nyaman.

Karang-karang tajam di Semeti [image source]

3. Pantai Tebing, Lombok

Tebing dengan tekstur unik [image source]
Dikenal memiliki pasir berwarna hitam, pantai ini tetap memiliki daya tarik tersendiri. Tak jauh dari pesisir pantai, terdapat tebing unik yang menjulang hingga 20 meter tingginya. Berbeda dengan pantai kebanyakan, tebing ini berwarna coklat dan memiliki tekstur yang berlekuk-lekuk.

Pantai Tebing di Lombok Utara [image source]

4. Puru Kambera, Sumba

Keindahan Savana di Puru Kambera [image source]
Pantai Puru Kambera memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan bersih. Namun keindahan utama datang dari penjuru lain, yaitu padang savana yang ada di balik pantai. Salah satu momen terbaik adalah saat musim kemarau datang. Keindahan rumput yang menguning membuatnya mirip dengan savana di Afrika.

Tepi Pantai di Puru Kambera [image source]
Bagi sebagian besar orang, pantai indah identik dengan pasir putih yang terbentang. Namun keunikan yang dimiliki pantai-pantai di atas tentunya tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.