Senja di Pantai Petitenget, Pesona Bali Sesungguhnya

Berencana liburan atau bahkan saat ini sudah berada di Bali? Bingung mencari spot sunset selain Pantai Kuta? Yuk, coba singgah ke Pantai Petitenget. Destinasi yang segaris dengan Kuta ini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbenam tak kalah menakjubkan.

Meski masih satu kawasan dengan Kuta, Pantai Petitenget memiliki keunikan tersendiri. Wajib Teman Traveler singgahi selagi berada di Bali, apalagi jika ingin menikmati panorama senja dengan tenang.

Jalan menuju bibir pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Segaris dengan Pantai Kuta

Petingenget menjelang sore (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Petitenget berada di Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Selain aksesnya cukup mudah, jaraknya pantai ini juga tak terlalu jauh dari pusat kota maupun bandara. Hanya sekitar 9 km dari Denpasar dan 30 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Berada satu garis pantai dengan Pantai Kuta, Petitenget memiliki karakteristik dan panorama lumayan mirip. Sama-sama menyuguhkan indahnya pemandangan matahari terbenam, hamparan pasir landai, dan ombak ideal untuk berselancar. Posisinya juga tak terlalu jauh dari Kuta.

Menikmati Sunset dengan Tenang

Penjual makanan di kawasan pintu masuk (c) Rosita/Travelingyuk

Kebanyakan wisatawan berkunjung ke pantai ini untuk menikmati suasana senja. Hitung-hitung sebagai alternatif Kuta, yang biasanya sudah terlalu dipadati turis menjelang sore hari. Ya, meski lokasinya saling berdekatan, Petitenget tidak seramai Kuta.

Di wisata Bali ini, Teman Traveler akan mendapatkan suasana tenang. Bebas dari keramaian dan hiruk-pikuk seperti di Kuta. Sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari suasana liburan syahdu. Tak perlu khawatir soal view-nya, panorama senja di Petitenget tidak kalah menakjubkan dibanding Kuta.

Lengkapnya Fasilitas Penunjang

Lahan parkir cukup luas (c) Rosita/Travelingyuk

Fasilitas penunjang di Petitenget lumayan lengkap, bakal semakin memudahkan saat Tetman Traveler berkunjung. Selain lahan parkir luas, terdapat toilet dan juga restoran tepi pantai. Lokasi parkirnya juga berdekatan dengan bibir Pantai.

Asyiknya lagi, pengunjung sama sekali tidak dikenakan tiket masuk. Cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Bagaimana, sangat cocok kan untuk masuk dalam list lokasi menikmati senja di Bali?

Lokasi Digelarnya Melasti

Pura Masceti (c) Rosita/Travelingyuk

Menjelang perayaan Nyepi, Pantai Petitenget mnejadi salah satu lokasi digelarnya Upacara Melasti. Dalam prosesi ini, ribuan umat Hindu akan mengarak pratima (patung sakral dewa) serta simbol leluhur dengan berjalan kaki menuju pantai.

Tak hanya umat Hindu saja, wisawatan mancanegara pun biasanya juga antusias mengikuti rangkaian Upacara Melasti. Keberagaman budaya Bali memang kerap menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Itulah sekilas ulasan Petitenget, pantai yang segaris dengan Kuta namun menyimpan pesonanya sendiri. Yuk, segera wujudkan rencana perjalanan ke Bali dan sertakan pantai ini dalam daftar tempat wajib dikunjungi. Selamat berlibur, Teman Traveler.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share