Pantai Jikomalamo, Surga Tersembunyi di Utara Ternate

Advertisement

Indonesia timur memang dikenal dengan surganya pantai didunia. Mulai corak pasir pantai yang sungguh bersih nan putih, laguna pantai yang menawan hingga biota karang laut yang memukau. Salah satu destinasi pantai yang di Timur Indoneisa dan menjadi primadona warga kota Ternate adalah Pantai Jikomalamo. Pantai ini emmang cocok sebagai tempat pelepas penat dari rutinitas pekerjaan. Dengan menikmati pepohonan hijau membuat mata kembali segar. Suara air atau deburan ombak juga bisa membuat pikiran kembali rileks.

Terumbu karang dan biota laut Pantai Jikomalamo yang sangat indah. Foto via Maps-Muhammad-Ihsan

Pantai Jikomalamo mulai dibuka untuk wisata pada tahun 2017, namun seiring berjalannya waktu pantai ini menjadi andalan banyak wisatawan. Menariknya, pantai ini memiliki air yang sangat jernih, deburan ombak yang menenagkan jiwa, dan keindahan bawah laut yang sungguh elok. Berawal dari tempat penyeberangan antar kota Ternate dan Pulau Hiri, tanpa disadari banyak muda mudi yang menikmati pesona pantai hingga tertarik atas pemandangan bawah laut pada akhirnya dibuka sebagai wisata.

Nuansa pulau Ternate tepat berada di pantai Jikomalamo yang indah. Foto via maps-totok-oriza

Melihat potensi wisata yang sangat tinggi, pengelola mulai menambah fasilitas, mulai dari kuliner, wisata banana boat, hingga wisata underwater. Biota bawah laut yang jernih dan bersih banyak wisatawan yang merasakan seperti pemandangan yang masih perawan. Mengingat kondisi pantai yang super bersih, maka tak heran jika memasuki waktu liburan akan sangat ramai pengunjung.

Terumbu karang yang tumbuh dengan menawan di bawah pantai Jikomalamo. Foto via Maps-Totok-orisa

Tak perlu bingung saat berwisata namun perut terasa lapar, kamu bisa menjumpai banyak pedagang kuliner khas Ternate yaitu pisang goreng dabu dabu roa, air guraka atau air jahe, dan pastinya yang bikin segar adalah es kelapa muda. Pantai Jikomalamo terletak di Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Jarak tempuh dari pusat kota Ternate yaitu 25 menit, menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pantai Jikomalamo dengan vie gunung Tidore yang cantik. Foto via maps-Catur mujisutrisno

Untuk tiket masuk kendaraan roda dua yaitu Rp5.000 dan kendaraan roda empat yaitu Rp10.000. Harga minuman dan makanan yang dijual di sana mulai  dari Rp. 5.000 hingga Rp. 25.000. Untuk fasilitas lain seperti Banan boat dihargai Rp. 30.000 per orang dan sudah termasuk pelampung. Namun untuk fasilitas snorkeling ataupun diving memang lebih mahal yaitu Rp. 250.000 tetapi jangan khawatir keamanan bakal menjadi point utama para petugas. Untuk teman traveler yang ingin berlibur ke pantai Jikomalamo, waktu terbaik mengunjunginya adalah di hari kerja agar tidak begitu ramai.

Advertisement
Tags
pantai Indonesia Pesona alam indonesia wisata nusantara wisata pantai Wisata Pantai Maluku
Share