4 Pantai di Tulungagung yang Bisa Dijelajahi Seharian, Puaskan Mata dengan Keindahan

Tulungagung merupakan kabupaten di bagian selatan Jawa yang terkenal dengan wisata pantainya. Pesisir selatannya memiliki lebih dari 20 pantai. Di Kecamatan Pucanglaban sendiri terdapat empat pantai yang memiliki jarak berdekatan. Penasaran kan pantai di Tulungagung yang bisa dijelajahi sekalian dalam sehari ini? Yuk simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Reezumi berikut ini.

1. Pantai Molang

Pantai molang dekat tambak udang
Pantai molang dekat tambak udang (c) Reezumi/Travelingyuk

Pantai di Tulungagung yang mudah dijangkau pertama ini adalah Molang di Desa Pucanglaban. Sebenarnya Molah merupakan kawasan tambak yang menghasilkan udang berkualitas. Di sisi belakangnya, terdapat dataran pasir putih yang cukup luas dan panjang. Ombaknya besar yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Meski sempat populer, wisata ini tergolong sepi pengunjung.

2. Pantai Pacar

Pantai Pacar
Pantai Pacar (c) Reezumi/Travelingyuk

Eits, jangan tertipu dengan nama uniknya, ya. Wisata yang tergolong baru ini bukan ditujukan untuk Teman Traveler yang sudah punya pasangan, tapi para jomblo-jomblo bahagia juga bisa berkunjung. Pantai Tulungagung yang mudah diakses ini memiliki hal menarik, yaitu pantainya seringkali hilang tertelan ombak. Saat pasang, air laut akan naik hingga menenggelamkan seluruh bagian daratan sehingga pengunjung tidak diperbolehkan turun ke bawah.

Pantai Pacar dari atas tebing rendah
Pantai Pacar dari atas tebing rendah (c) Reezumi/Travelingyuk

Namun, ketika air surut, pesona cantiknya akan menyihir setiap pasang mata. Teman Traveler bisa menikmati pemandangan dari atas tebing. Bisa juga berjalan-jalan di pantai berpasir atau sisi bebatuan yang dimilikinya. Selain itu, terdapat air terjun kecil berair jernih yang dapat menyegarkan tubuh. Saya sarankan untuk datang di pagi atau sore hari, ketika airnya sedang surut.

3. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
Pantai Lumbung (c) Reezumi/Travelingyuk

Jalur menuju ke sini sudah mulai tidak rata, Teman Traveler harus melewati jalanan beralas tanah dengan ladang-ladang penduduk di sisi kanan dan kirinya. Meski begitu, Lumbung merupakan pantai Tulungagung yang bisa diakses mobil juga sepeda motor. Pun demikian, harus berhati-hati dengan melaju pelan.

Pantai indah di Tulungagung
Pantai indah di Tulungagung (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Perjalanan dilanjutkan dengan menuruni tangga sederhana dari kayu dengan kemiringan tajam untuk mencapai pantai. Maklum saja, letaknya memang di dasar tebing. Terdapat sebuah batuan menjulang tinggi di tengah-tengah pasir yang mirip dengan lumbung. Dari situlah, sebutan pantai cantik ini berasal. Di sini juga sudah terdapat warung, petugas parkir, toilet sederhana dan gubuk kecil untuk sholat.

4. Pantai Nglinci

Pantai Nglinci sepi seperti pulau pribadi
Pantai Nglinci sepi seperti pulau pribadi (c) Reezumi/Travelingyuk

Tempat terakhir ini tak boleh dilewatkan meski butuh perjuangan ekstra untuk menjangkaunya. Setelah dari tempat parkir pantai Lumbung, Teman Traveler perlu  berjalan kaki menjelajah hutan dan menuruni tebing sejauh 20 menit perjalanan. Memang agak sulit, namun jika sudah sampai di pantai, kita tak akan menyesal sudah jauh-jauh ke sana. Area tersebut masih sangat alami, jarang ada pengunjung yang datang. Kita bisa merasakan sensasi pulau pribadi karena tak ada satu orang pun di sepanjang tepi laut. Meski begitu, penduduk lokal biasanya memancing ikan di pantai Tulungagung ini.

Batuan karang berbentuk kepala kelinci
Batuan karang berbentuk kepala kelinci (c) Reezumi/Travelingyuk

Di sini, terdapat sebuah batuan yang bentuknya mirip kepala kelinci. Unik dan menarik bukan? Selain itu, Teman Traveler bisa berfoto dengan latar tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman khas pesisir. Namun, karena tidak terdapat tempat rindang, saya sarankan untuk membawa topi lebar atau payung agar dapat berkeliling lebih lama tanpa takut kepanasan.

Sunset Pantai Pacar
Sunset Pantai Pacar (c) Reezumi/Travelingyuk

Untuk mengunjungi semua lokasi tersebut tadi, hanya perlu membayar tiket masuk satu kali sebesar Rp7.500. Selain itu, juga bisa mampir ke Kedung Tumpang. Keperluan lain yang harus dikeluarkan hanyalah bahan bakar kendaraan serta tarif parkir. Itupun hanya di Pantai Pacar dan Lumbung yaitu masing-masing sebesar Rp5.000. Sementara di pantai Molang dan Nglinci tidak terdapat petugas parkir.

siap menjelajah 4 pantai
Siap menjelajah 4 pantai (c) Reezumiku/Travelingyuk

Nah, sudah siap menjelajah ke empat pantai di Tulungagung ini ? Lokasinya berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban yang berjarak sekitar 15km dari pusat kota. Gunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang mampu menjangkaunya. Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk berpetualang?

Tags
Indonesia Jawa Timur Travelingyuk Tulungagung Wisata Tulungagung
Share