Jelajah 3 Pantai di Blitar dalam Sehari, ini Rekomendasinya

Blitar tak hanya punya tempat wisata kekinian yang banyak digandrungi kaum milenial. Tapi juga memiliki banyak wisata alam yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. Salah satunya pantai di Blitar yang ternyata tiga di antaranya bisa dijelajahi dalam sehari. Mau tahu pantai mana saja? Yuk simak uraian di bawah ini.

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit

pantai di blitar
Ayunan di Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit (C) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Pantai yang bisa dikunjungi untuk pertama kali adalah Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit. Dalam Bahasa Jawa, Gondo Mayit memiliki arti “bau mayat”. Meskipun namanya mengerikan, tapi pantai satu ini jauh dari kata menyeramkan. Tempat wisata yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar ini menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Laut dan langitnya yang berwarna biru, dijamin membuat terpana siapa saja yang melihatnya.

pantai di blitar
Pemandangan dari atas bukit di (c) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Di sana juga terdapat bukit yang bisa dicapai dengan mudah melalui anak tangga. Bukit inilah yang merupakan asal dari nama Gondo Mayit, karena terdapat makam di atasnya. Dari bukit ini, Teman Traveler bisa melihat dengan jelas keindahan pantai yang berjarak 75 menit dari Alun-alun Blitar ini. Untuk bisa menikmatinya, kalian hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp3 ribu.

Pantai Tambakrejo

pantai di blitar
Perahu di Pantai Tambakrejo (C) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Masih di desa yang sama, ada pantai lain bernama Tambakrejo. Dari dulu, pantai ini menjadi destinasi wisata unggulan di Blitar. Tidak heran apabila pantainya lebih ramai daripada Gondo Mayit. Di pantai ini Teman Traveler bisa menaiki perahu untuk mengarungi laut biru dengan harga sewa Rp5 ribuan per orang. 

Selain itu, kalian juga bisa menikmati makanan laut di kedai yang ada di pinggiran pantai. Seperti lobster, ikan laut sampai dengan gurita. Bisa ada banyak kedai, karena Pantai Tambakrejo merupakan kawasan kampung nelayan.

Pantai Pangi 

pantai di blitar
Berkeliling telaga dengan perahu di Pantai Pangi (C) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Selanjutnya, kalian bisa berkunjung ke Pantai Pangi. Bedanya Pantai Pangi dengan dua wisata sebelumnya adalah terdapat muara sungai yang membentuk sebuah telaga payau. Nah, menariknya, para pengunjung bisa menjelajah telaga tersebut dengan menyewa perahu sebesar Rp5 ribu per orang untuk dua putaran.

Bagaimana, cukup unik kan? Jadi, kalau Teman Traveler ingin berkunjung ke sana, harus merogoh kocek sebesar Rp8 ribu. Biaya tersebut di luar tarif naik perahu di telaga, ya.

 Tiga pantai di Kabupaten Blitar yang disebutkan di atas, merupakan wisata yang teletak di jajaran selatan Jawa. Jadi, pantai-pantai tersebut termasuk memiliki ombak yang cukup besar. Maka dari itu, sebaiknya Teman Traveler berhati-hati dan tetap waspada. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan. dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sempatkan untuk singgah saat jelajah wisata Blitar, ya. Jadi mau ke mana dulu, nih?

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur kontributor pantai di blitar Travelingyuk wisata blitar
Share