5 Pantai dengan Nama Terunik di Indonesia, dari Saru Hingga Seram

Indonesia memang kaya akan pantainya yang tersebar dari ufuk timur hingga barat. Menariknya, semuanya memiliki keunikan tersendiri, salah satunya dalam urusan nama. Bahkan, berkat nama yang tak biasa ini, pantai-pantai tersebut menjadi ramai pengunjung. Kira-kira, apa saja ya nama-namanya? Berikut deretan pantai dengan nama terunik di Indonesia. 

Pantai Selingkuh 

pantai nama terunik
Pantai Selingkuh via instagram/baiqamithaarum

Pantai dengan nama terunik pertama terletak di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Namanya adalah Pantai Selingkuh. Tempat wisata ini dinamakan begitu, karena dulu sempat banyak sekali pasangan yang belum halal memadu kasih di pantai tersebut. Bahkan, banyak juga laki-laki dan perempuan yang digerebek di semak-semak sekitaran pantai. 

Pantai Kutang 

pantai nama terunik
Pantai Kutang via instagram/hallo_panda5

Nama yang tak kalah unik lainnya disandang oleh Pantai Kutang di Lamongan, Jawa Timur. Kalau ditelisik dari sejarah, penamaan Pantai Kutang memang berkaitan dengan kutang atau bra.

Jauh sebelum Pantai Kutang menjadi destinasi wisata, di tempat ini entah mengapa banyak sekali ditemukan kutang yang berserakan hingga membuatnya nampak kumuh dan kotor. Hingga suatu ketika masyarakat setempat berinisiatif untuk bersih-bersih pantai dengan mengumpulkan sampah berupa kutang dan lainnya. Itulah awal mula dinamakannya lokasi ini dengan sebutan Pantai Kutang.

Pantai Sandal Jodoh 

Pantai Sandal Jodoh via instagram/khairunnisaat

Bengkulu juga punya wisata bahari bernama unik, yakni Pantai Sandal Jodoh. Awalnya disebut sandal jodoh dikarenakan adanya cerita seorang suami yang liburan ke pantai mencari salah satu sandal istrinya yang  hilang. Lelaki itu menelusuri pantai sampai akhirnya menemukan sandalnya di pantai ini. Lambat laun, cerita ini pun berkembang sampai sekarang dan membuat pengelola pantai berinisiatif untuk membuat spot sandal jodoh.  

Pantai Janda 

Pantai Janda via instagram/muhibdidi

Selanjutnya ada Pantai Janda yang berada di Nanggroe Aceh Darussalam. Penamaan janda pada pantai ini tak terlepas dari keberadaan benteng Inong Balee (janda dalam bahasa Aceh) di perbukitan sekitar pantai atau sekitar 30 kilometer ke pesisir timur kota Banda Aceh.

Sesuai namanya, benteng ini merupakan sisa peninggalan para wanita Aceh yang kala itu berjuang melawan penjajah Belanda. Seluruh pejuang itu, adalah para janda yang telah ditinggal mati oleh suaminya saat berperang. 

Pantai Gondo Mayit 

Pantai Gondo Mayit via instagram/mybudis

Terakhir, ada Blitar yang punya pantai dengan sebutan Gondo Mayit. Menurut sejarah, di pantai ini pernah ditemukan banyak mayat sehingga tercium bau mayat di sekitar pantai. Inilah yang membuat pantai di Blitar ini dinamakan gondo mayit, karena arti kata gondo adalah bau. Selain itu juga terdapat pesanggrahan di pantai yang dipercaya merupakan tempat persinggahan Nyi Roro Kidul.

Itulah beberapa pantai dengan nama terunik di Indonesia. Walaupun namanya ada yang saru bahkan sampai menyeramkan, namun semua pantai ini memiliki keindahan yang memikat. Bahkan bisa dibilang pantai-pantai ini merupakan yang paling ternama di daerahnya. Jadi, jangan dilihat dari namanya saja ya, Teman Traveler. 

Tags
Bengkulu Blitar Indonesia Jawa Tiimur Lamongan Mataram Nanggroe Aceh Darussalam Nusa Tenggara Barat pantai nama terunik Wisata
Share