Pantai Selingkuh, Laut yang Bermula dari Cerita Nakal

Di Indonesia, nama dari destinasi wisata memang bermacam-macam. Ada yang dari sejarah nenek moyang, tradisi masyarakat setempat hingga mitos dari wilayah tersebut. Nah, kali ini Travelingyuk bakal memperkenalkan sebuah pantai dengan nama yang sangat unik. Yaitu Pantai Selingkuh.

Asal Mula Nama

pantai selingkuh
Bermula dari kebiasaan pengunjung via instagram/ tarahamid19

Mendengar namanya memang sangat unik, namun ini ada sejarahnya tersendiri. Pantai yang terletak di samping PLN Tanjung Karang, Mataram tersebut kerap kali ditemukan pasangan tidak resmi sedang memadu kasih. Apalagi, di pantai itu dulunya banyak sekali semak-semak tumbuh di tepiannya.

Wah, itu menjadi tempat yang paling dicari-cari pasangan yang belum halal ini teman traveler. Oleh karenanya, sejak saat itulah muncul ide dari masyarakat untuk menamakan pantai dengan sebutan selingkuh.

Tradisi Unik di Pantai

pantai selingkuh
Ada tradisi yang dilakukan pada pantai tersebut via instagram/ jalie_mamiq

Selain fenomena penamaan, pantai ini juga mempunyai keunikan lain. Warga setempat mengatakan ketika malam jumat, pasangan suami istri memilih mendatangi pantai tersebut untuk memadu kasih. Itu karena kondisi pemukiman yang padat penduduk di beberapa titik Kota Mataram membuat pasangan suami istri lebih memilih berhubungan di pantai tersebut, daripada di rumah mereka yang terlalu sempit dan nyaris tidak ada lagi ruang privasi.

Pantai Masih Sepi

Banyak masyarakat lebih memilih berkunjung ke Pantai Tanjung Karang via instagram/dimaschaidar

Disebabkan namanya yang berkonotasi negatif, membuat masyarakat jarang berminat untuk datang ke sana. Kebanyakan para pendatang lebih memilih untuk mengunjungi pantai yang ada di sebelahnya yaitu Tanjung Karang. Namun, warga tetap menggunakan pantai ini untuk memancing. Biasanya mereka memancing pada sore hingga malam hari.

Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang indah via instagram/ erlinartambunan

Meskipun pantai ini dipandang remeh karena namanya, ia tetap mempunyai kelebihan. Adalah panoramanya yang tidak kalah cantik dengan pantai lainnya. Keindahan tersebut semakin terlihat ketika matahari sudah mau terbenam. Langitnya yang berwarna jingga ditambah dengan airnya yang sangat tenang, membuat pengunjung enggan beranjak dari sana.

Begitulah gambaran dari Pantai Selingkuh yang ada di Mataram tersebut. Ya meskipun ada kekurangan karena ulah dari pengunjung-pengunjungnya, namun ia tetap memiliki keunggulan. Yap, apalagi kalau bukan tentang pemandangannya yang sangat indah.

Tags
Indonesia Mataram Nusa Tenggara Barat pantai selingkuh Wisata
Share