Pantai Buyutan, Permata Tersembunyi Kebanggaan Pacitan

Daerah Pacitan di Jawa Timur sudah lama dikenal memiliki deretan pantai dengan pemandangan memikat. Salah satu yang pantang Teman Traveler lewatkan adalah Pantai Buyutan. Meski lokasinya relatif tersembunyi, panorama yang disuguhkan sungguh bikin takjub. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Perjalanan Menantang

20170108_174502_yKi.jpg
Menikmati suasana sekitar pantai (c) Ika Septiyani/Travelingyuk

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Kab. Pacitan. Perjalanan Teman Traveler bakal sedikit menantang karena kalian bakal melewati jalur berliku dan menanjak. Jika tak hati-hati, bukan tak mungkin kalian bakal jatuh dan terluka. Apalagi ada beberapa bagian jalan yang rusak dan berlubang.

Namun demikian, sepanjang perjalanan menuju pantai Teman Traveler akan mendapati pemandangan sangat memukau. Kalian bakal melihat hamparan sawah asri, perbukitan cantik, perkebunan kedelai, dan deretan rumah penduduk.

Waktu terbaik mampir ke Buyutan adalah sekitar pukul 07.00 hingga 09.00. Selama rentang waktu ini, cuaca belum begitu panas sehingga sangat nyaman untuk bermain.

Seru-seruan di Pantai

20170108_174634_L1k.jpg
Pemandangan di sekitar pantai (c) Ika Septiyani/Travelingyuk

Begitu sampai di Buyutan, Teman Traveler bakal disambut pemandangan eksotis berupa hamparan pasir putih dikelilingi pohon dan perbukitan indah. Berjalan menuruni bukit bakal jadi salah satu aktivitas menarik untuk dilakukan di sini. Sembari melewati jalur yang lumayan menantang, kalian juga bakal bisa menikmati panorama indah di sisi kanan dan kiri.

Tak hanya itu, Buyutan juga memiliki camping ground dan sumber air tawar dari mata air alami. Tempatnya juga sangat cocok untuk berenang, diving, maupun surfing. Soal fasilitas umum memang belum banyak tersedia. Namun dijamin Teman Traveler bakal betah dengan pemandangan alam yang disajikan.

Mahkota Dewa Narada

20170108_174549_nBp.jpg
Perairan di sekitar pantai (c) Ika Septiyani/Travelingyuk

Di balik keindahannya, Pantai Buyutan ternyata menyimpan kisah Mahkota Dewa Narada yang menarik. Cerita yang beredar di masyarakat sekitar menyebutkan bahwa mahkota sang dewa terjatuh ke laut ketika sedang terbang di atas pantai ini. Mahkota tersebut lantas menjelma jadi batu karang besar di dekat bibir Pantai.

Selain karang besar tersebut, Teman Traveler juga bisa melihat beberapa gugusan karang kecil nan indah di sekitar sini. Pokoknya jangan lupa membawa kamera deh, karena ada banyak spot foto luar biasa keren di sini.

Tiket dan Tips Berkunjung

Pantai Buyutan bisa jadi alternatif buat Teman Traveler yang ingin mencari wisata murah di Pacitan. Tiket masuknya hanya dibanderol Rp5.000 per orang. Sementara tarif parkirnya berkisar antara Rp2.000 hingga Rp3.000 saja. Untuk fasilitas, pengelola sudah sediakan mushola, toilet, dan penginapan.

Sedikit tips, jika ingin berenang Teman Traveler harus hati – hati karena ada banyak karang tajam di sini. Selain itu ombak di sekitarnya juga cukup besar dan bisa membahayakan. Jadi jangan sampai bermain air hingga terlalu ke tengah ya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Buyutan, sebuah keindahan alam menarik yang bisa Teman Traveler sambangi saat menjelajah wisata Pacitan. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mampir ke sini?

Tags
kontributor pacitan Travelingyuk Wisata Pacitan
Share