Nuansa Alam Citamiang, Camping Ground Asyik di Cisarua Bogor

Intan Deviana

Intan Deviana

On Indonesia
Camping ground Nuansa Alam Citamiang Camping ground Nuansa Alam Citamiang

Salah satu cara menyenangkan bercengkerama dengan alam adalah dengan melakukan kemping. Selain membuat badan dan pikiran kembali fresh, kemping juga diyakini mampu menguatkan bonding jika dilakukan beramai-ramai. Salag satu lokasi yang bisa dipilih adalah Nuansa Alam Citamiang di Cisarua, Bogor.

Citamiang Camping Ground (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, jika Teman Traveler sudah rindu ingin berkemah atau justru belum pernah sama sekali, camping ground di Cisarua, Bogor ini bisa jadi tujuan asyik. Seasyik apa sih lokasi camping-nya? Simak, yuk!

Akses Sangat Mudah

Lahan parkir di Citamiang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Terletak di jalan raya Ciawi-Cianjur, Teman Traveler tidak perlu bingung mencapai lokasi camping ground Citamiang. Dari arah Ciawi, gerbang masuk camping ground berada persis di sisi kiri jalan raya. Hanya terpaut sekitar satu kilometer sebelum Agrowisata Gunung Mas.

Membawa kendaraan sendiri bisa memudahkan mencapai lokasi. Namun apabila Teman Traveler memakai kendaraan umum, tidak masalah. Turun saja di gapura Kebun Teh Ciliwung. Dari situ kalian bisa naik ojek atau berjalan kaki ke area kemping yang jaraknya kurang lebih 700 meter dari gerbang masuk.

View Kebun Teh Cantik

Kebun teh Ciliwung yang sepi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan menuju Nuansa Alam Citamiang, Teman Traveler bakal disambut pemandangan apik berupa hamparan lebat kebun teh. Memang tidak terlalu luas dan tak mencolok seperti Agrowisata Gunung Mas, namun suasananya lebih private. Berswafoto jadi makin puas deh!

Tiket Masuk dan Sewa Lahan

Papan petunjuk di area camping (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sejak banjir bandang pada Februari 2018 silam, pengelolaan Citamiang menjadi tanggung jawab Perhutani KPH Bogor. Hal tersebut membuat tiket masuk area kemping jadi sedikit lebih mahal. Masing-masing orang wajib membayar Rp40.000 untuk biaya masuk dan Rp50.000 untuk sewa lahan per tenda. Namun jangan khawatir, tarif tersebut sepadan dengan fasilitas yang bisa kalian nikmati.

Hutan Pinus Sejuk

Lebatnya hutan pinus Citamiang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut membuat udara Citamiang begitu segar. Apalagi camping ground dikelilingi ratusan pohon pinus menjulang tinggi. Kesejukan bakal makin Teman Traveler rasakan, terutama di pagi hari.

Sungai Citamiang yang Menyegarkan

Bisa main air sepuasnya (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Spot paling menarik di camping ground Citamiang adalah sungainya. Teman Traveler tak perlu susah-susah trekking untuk sampai di sini karena lokasinya persis bersebelahan dengan bumi perkemahan. Aliran air Sungai Citamiang tidak begitu deras, sangat aman untuk bermain air. Namun hati-hati jika datang saat musim hujan, aliran sungai bisa saja meluap jika curah hujan sedang tinggi.

Fasilitas di Nuansa Alam Citamiang

Suasana di lokasi camping sangat bersih (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu cemas soal sanitasi karena sudah tersedia cukup banyak toilet layak pakai. Pengelola juga sudah menyediakan musala. Saat malam hari, lampu sorot dari arah gerbang masuk akan dinyalakan sehingga suasana di area kemping tidak terlalu gelap.

Dome dan Vila

Pilihan dome dan vila yang bisa disewa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler pengen merasakan suasana kemping namun tidak ingin repot-repot bawa tenda dan perlengkapan lainnya, sewa saja dome atau vila pondokan di Citamiang. Tarifnya memang sedikit lebih mahal dibanding membawa tenda dan peralatan sendiri. Namun jika ingin praktis, sewa dome atau vila bisa jadi alternatif bijak.

Tips Berkemah di Citamiang

Gerbang selamat datang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pertama-tama, perhatikan jadwal buka-tutup jalur menuju dan dari Puncak Bogor karena Citamiang berada di sekitar jalan raya Ciawi-Cianjur. Berikutnya, bawa logistik cukup, terutama air minum agar Teman Traveler tidak perlu repot mencari makanan/minuman di luar camping ground. Saat pagi hari, sempatkan trekking mengelilingi kebun teh Ciliwung dan rasakan segarnya udara sekitar. Selain itu jangan lupa jaga kebersihan ya.

Dengan sajian alam lengkap, mulai dari kebun teh, hutan pinus, dan sungai, Nuansa Alam Citamiang wajib dipilih sebagai lokasi camping Teman Traveler jika sedang berada di sekitar Cisarua, Bogor. Bagaimana, penasaran ke sana?