Opor Bebek Bu Yadi Klaten, Empuk nan Nikmat Sejak 80-an

Bahan yang biasanya digunakan membuat opor adalah ayam atau telur. Lalu bagaimana dengan bebek? Mungkin banyak yang menduga daging bebek tidak cocok dijadikan opor karena keras atau alot. Namun sepertinya itu tidak berlaku di sebuah tempat makan di Klaten yaitu Opor Bebek Bu Yadi.

Daging bebek yang dijadikan opor di sini memiliki tekstur empuk dengan rasa rempah pas. Apa rahasianya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini Teman Traveler.

Opor Bebek Bu Yadi yang Melegenda di Klaten

Opor Bebek Bu Yadi, via Instagram/kuliner_yks
Opor Bebek Bu Yadi, via Instagram/kuliner_yks

Nama lengkap tempat ini adalah Warung Makan Opor Bebek dan Bebek Goreng Bu Yadi. Lokasinya telah ada sejak 1980-an, dengan demikian sudah berusia 30 tahunan. Warung ini dirintis pasangan suami-istri bernama Suyadi dan Suyamti, sekarang diteruskan buah hati mereka. Setiap harinya, warung makan ini hampir selalu ramai pengunjung.

Dalam sehari mereka bisa menghabiksan 45-50 ekor bebek. Jika memasuki hari libur, bahkan bisa mencapai 60 ekor. Belum lagi ketika momen Hari Besar seperti Idul Fitri, semakin banyak bebek habis terjual.

Menawarkan Dua Menu Utama yang Laris Manis

Opor daging bebek yang empuk, via Instagram/mu_faiz
Opor daging bebek yang empuk, via Instagram/mu_faiz

Tempat makan di Klaten ini menawarkan dua menu utama, opor bebek dan bebek goreng. Menunya memang hanya dua, namun hal tersebut tak mengurangi antusiasme pelanggan yang datang. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah tekstur dagingnya yang lembut dan bikin ketagihan. Bahkan pakar kuliner alm. Bondan Winarno saja sudah pernah mencicipinya.

Rahasi Daging Bebek Bisa Lembut dan Nikmat

Kuliner legendaris, via Instagram/nikensatyawati
Kuliner legendaris, via Instagram/nikensatyawati

Rahasia mengapa daging bebek di sini bisa empuk adalah proses presto dengan beragam bumbu. Metode inilah yang membuat sajian bebek di warung ini selain empuk, bumbunya juga sangat berasa. Kuah opornya juga dimasak terpisah, sehingga rasanya benar-benar mantap.

Proses pemotongan daging bebek juga dilakukan secara manual. Jadi, citarasanya terjaga. Bebek yang dipilih adalah yang sudah tidak produktif lagi, dagingnya bisa gurih dan tak amis.

Alamat Opor Bebek Bu Yadi

Bebek goreng, via Instagram/saifulbon
Bebek goreng, via Instagram/saifulbon

Opor Bebek Bu Yadi berada di Sidoharjo, Polanharho, Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Cokro Tulung, Umbul Ponggok, dan masih banyak lagi. Jam operasionalnya mulai dari 09:00 hingga 17:00 WIB. Sementara untuk harganya, satu porsi dibandrol Rp25.000. Sedangkan untuk satu ekor bebek dipatok Rp100 ribu.

Buat kamu para penggemar olahan daging bebek, tempat makan di Klaten ini bisa jadi jujukan tepat. Selain citarasanya nikmat, harganya juga bersahabat.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Klaten Kuliner Klaten Opor Bebek Bu Yadi
Share