Kuliner Oleh-oleh Khas Palembang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Palembang adalah salah satu kota besar di Indonesia yang jadi tujuan wisata. Sebagai pusat budaya dan pewaris Kerajaan Sriwijaya, kamu akan menemukan banyak sekali hal menarik di sini. Jika bukan wisata, pasti kuliner lezat yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat di kampung halaman. Apa saja sih pilihannya? Simak ulasan di bawah ini.

Kue Harum juga harus masuk dalam keranjang belanjaan. Tokonya ada di Jalan Merdeka Nomor 811. Tersedia berbagai jenis kue yang enak. Mulai dari ngkak Ketan, Bolu Kojo, Bluder, Manan Sahmin, Engkak Ketan, Engkak Medok, Engkak Kecut, Maksuba, hingga Kue Lapan jam. 

Kue Harum
Kue Harum [image source]
Kalo bicara soal Palembang, pasti ingat dengan pempek. Makanan khas ini saat ini sudah ada yang dijual dalam bentuk kemasan oleh-oleh. Variannya banyak dan tentu saja, keaslian rasanya terjaga. Ada pempek panggang hingga lenggang, enaknya bikin mabuk kepayang.

Pempek
Pempek [image source]
Jika masuk ke pusat perbelanjaan di Palembang atau toko oleh-oleh coba lihat lebih teliti. Kamu bisa menemukan bawang goreng pedas yang spesial dan diolah dengan bumbu ala Bumi Sriwijaya. Rasanya tidak biasa karena ada pedasnya. 

Bawang Goreng
Bawang Goreng [image source]
Rasanya kurang lengkap jika pulang tapi tidak membawa Martabak Har. Kuliner legendaris yang sudah ada sejak Indonesia masih belia, tepatnya di tahun 1947. Karena kelezatannya, makanan ini biasa disertakan juga dalam acara besar seperti pernikahan. 

Martabak Har
Martabak Har [image source]
Di kota ini ternyata juga ada dodol. Namanya adalah lempok, hadir dalam kemasan yang mungil dan memiliki rasa enak. Salah satu yang terkenal adalah Lempok Durian. Bahan utamanya adalah daging durian asli lho. 

Lempok Durian
Lempok Durian [image source]
Yang berikutnya adalah salai yaitu ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Kamu bisa memilih yang sesai dengan selera. Di antaranya ada kan gabus, patin hingga ikan lais. Di Palembang sendiri, bahan tersebut bisa diolah menjadi pindang. 

Ilustrasi ikan salai
Ilustrasi ikan salai [image source]
Kue Maksuba juga jadi oleh-oleh andalan. Bentuknya menyerupai kue lapis dengan rasa khas. Bagi masyarakat Palembang, kuliner ini memiliki makna tersendiri dan biasanya dihidangan saat acara khusus seperti pernikahan dan lebaran. 

Kue Maksuba
Kue Maksuba [image source]
Bahkan ada yang seunik kue delapan jam. Disebut begitu karena proses pembuatannya memang butuh waktu hingga 8 jam. Di zaman dulu, kue ini adalah hidangan untuk para bangsawan. 

Kue 8 Jam
Kue 8 Jam [image source]
Sambal Lingkung adalah oleh-oleh yang pas untuk yang tidak suka pedas. Jika sambal pada umunya berwarna merah. Yang ini  bentuknya seperti abon dan bercita rasa gurih karena dibuat dari ikan. 

Sambal Lingkung
Sambal Lingkung [image source]
Yang baru-baru ini muncul adalah Quenroll, kue artis yang dikenalkan oleh Sandra Dewi. Santapan ini mirip dengan cheese cake dan hadir dalam berbagai rasa. Mulai dari green tea, cheese lovers, choco melt, durian, salted peanut butter hingga pineapple.

Queenroll
Queenroll [image source]
Itulah beberapa kuliner Palembang yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Mana nih yang jadi favoritmu?

Tags
Indonesia Oleh-oleh Palembang Sumatera Selatan
Share