Buah Tangan Khas Medan yang Tahan Lama di Perjalanan

Tak bisa dipungkiri bahwa Medan memiliki beragam destinasi wisata yang bisa banget untuk dikunjungi. Beberapa yang sangat ikonik adalah Danau Toba, Istana Maimun, Graha Maria AnnaVelangkanni, dan lain-lain. Selain itu, ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, terutama dalam bentuk makanan. Jangan khawatir busuk di jalan, berikut ini ada oleh-oleh makanan dari Medan yang tahan lama untuk dibawa.

1. Teri Medan

Teri Medan, via Instagram sambalpetir_sasy

Ikan teri jadi salah satu kuliner favorit yang terdapat di Medan. Bisa membawa pulang yang masih mentah ataupun yang sudah dalam bentuk olahan. Jenis teri Medan yang banyak dibawa pulang adalah dari jenis ikan teri tauge Medan dan juga ikan teri nasi Medan. Buat kamu yang nggak mau ribet mengolahnya, bisa pilih Teri Bajak Medan yang tersedia dengan berbagai rasa enak.

2. Kacang Garing Sihobuk

Gacang Garing Sihobuk, Via Instagram bataknesia

Buah tangan selanjutnya yang bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang adalah Kacang Garing Sihobuk yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Citarasnya gurih, enak, dan juga sangat lezat. Ini merupakan jenis kacang tanah yang sudah dimasak dengan cara disangrai dengan menggunakan pasir di kuali besar. Cara pengolahannya masih sangat tradisional, tapi keenakannya tak tergantikan.

3. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang, via Instagram broerkopi

Kopi kebanggan masyarakat Sumatera Utara yang sudah sangat populer di berbagai penjuru Negeri adalah Kopi Sidikalang. Sudah menjadi rahasia umum jika Kopi Sidikalang ini memiliki rasa yang juara, karena ditanam di lingkungan yang sangat mendukung. Jika kamu adalah coffee addict, jangan sampai melewatkan untuk membeli Kopi Sidikalang ini. Meskipun memiliki rasa yang istimewa, tapi harganya cukup terjangkau.

4. Sirup Markisa

Sirup Markisa asam manis, Via Instagram markisa.nylim

Dibuat dengan memanfaatkan buah markisa, sirup satu ini memiliki rasa asam manis yang sangat menyegarkan. Sangat recommended sekali untuk jadi oleh-oleh, pasalnya sudah diproduksi sejak tahun 1954 yang lalu. Produsennya adalah Markisa Ny. Lim yang sangat digemari. Karena resepnya turun temurun dengan rasa yang bisa dibilang terjaga. Kualitasnya istimewa dan tak berkurang sejak pertama kali dibuat. Sangat enak diminum saat udara sedang panas.

Itulah empat oleh-oleh khas Medan yang tahan lama sampai berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Jadi, kamu masih tetap bisa membawa pulang meskipun memiliki rumah yang sangat jauh sekalipun. Tapi kalau rumahnya tak jauh-jauh, Bolu Meranti dan Medan Napolen bisa banget dibawa untuk oleh-oleh.

Tags
Indonesia Medan oleh-oleh medan
Share