Horas Samosir Fiesta, 11 Festival Menarik Danau Toba dan Pulau Samosir di 2018

Berkunjung ke Sumatra Utara tentu tidak lengkap jika tidak melihat langsung keindahan Danau Toba, yang membentang sepanjang 100 kilometer. Tepat di bagian tengah Danau Toba, terdapat Pulau Samosir yang menawarkan beragam kekayaan budaya menarik dari penduduk sekitar. Tak heran jika lokasi ini menjadi salah satu senjata andalan Kementrian Pariwisata untuk mendongkrak jumlah pengunjung domestik maupun mancanegara.

Di tahun 2018 ini, pihak Kementerian mengumumkan bahwa total akan ada 12 festival menarik digelar di kawasan Danau Toba dan Pulau Samosir. Tentunya momen ini pantang dilewatkan bagi kamu yang kebetulan berkunjung ke Sumut. Apa saja festival yang dimaksud?

1. Festival Pasir Putih (31 Maret)

Tari Tor-tor diperagakan di pesisir laut, via Instagram Nicksilitonga

Festival Pasir Putih biasanya diisi dengan berbagai perlombaan menarik khas suku Batak, seperti Martonggo Raja. Sebelum acara, bakal diadakan ritual menguras danau sebagai perlambang bersih diri. Penasaran seperti apa acaranya. Pastikan kamu ada di sana pada tanggal 31 Maret.

2. Festival Gondang Napaso (27-28 April)

Anak muda di Festival Gondang Napaso, via Youtube Charles Malau

Festival Gondang Napaso adalah ajang pencarian jodoh untuk para muda-mudi yang sudah mendapat restu dari orang tua. Semua peserta akan tampil dengan aksesoris khas Batak. Acara dipastikan bakal semakin meriah dengan hadirnya pertunjukan tari dan lomba band tradisional.

3. Festival Sigale-gale (18-20 Juni)

Wisatawan berpose bersama Patung Sigale-gale di Samosir, via Instagram Frisandhini

Sigale-gale merupakan patung yang sudah menjadi legenda di Kabupaten Samosir. Patung-patung tersebut didandani sedemikian rupa dan kemudian digerakkan agar terlihat seperti menari tor-tor. Konon dulunya patung Sigale-gale bisa bergerak sendiri karena dimasuki roh.

4. Samosir Eco Sport Tourism (1-7 Juli)

Lomba Perahu Naga di Danau Toba via Blogspot Fiezly Riyandra

Seperti namanya, festival ini akan menghadirkan perlombaan berbagai olahraga seperti Solu Bolon, kayak, dan voli pantai. Pantang dilewatkan bagi yang ingin merasakan kemeriahan event olahraga di Pulau Samosir.

5. Horja Bius dan Mangalahat Horbo (6-7 Juli)

Tradisi Horja Bius di Pulau Samosir via Instagram Evi Ameliana Sidabutar

Kedua acara ini merupakan ritual unik dalam budaya batak, yang menggambarkan bagaimana sebuah komunitas mencari solusi atas sebuah masalah dengan cara musyawarah.

6. Samosir Music International Festival (25 Agustus)

Kemeriahan Samosir Music International 2017 via Instagram Daniel Aritonang

Samosir Music Internasional Festival merupakan bagian dari event tahunan Pemkab Samosir. Di sini para wisatawan akan bisa menyaksikan kolaborasi beberapa artis Eropa dan lokal dalam mengumandangkan lagu-lagu Batak.

7. GFNY Championship Asia (2 September)

GFNY Asia kala digelar di Lombok via Instagram Rasztooten

GFNY merupakan ajang balap berlevel Internasional. Setelah dua tahun lalu digelar di Lombok, pada 2018 ini acara bakal diadakan di Pulau Samosir. Rute yang ditempuh mencapai 152 kilometer di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

8. Samosir Lake Toba Ultra (21-22 September)

Samosir Lake Toba Ultra Marathon via Instagram Calvincedua

Event lari maraton Internasional ini sudah menjadi agenda tahunan di kawasan Pulau Samosir. Pada 2017 silam, sebanyak 1500 peserta dan lebih dari 100 pelari asing ikut meramaikan Samosir Lake Toba Ultra.

9. Samosir Jazz Season (27 Oktober)

Suasana Samosir Jazz Season 2017 via Instagram Juliansid

Festival musik satu ini akan memberi kesempatan para wisatawan menikmati alunan jazz sembari memandang indahnya pemandangan Danau Toba. Di kesempatan sebelumnya, Samosir Jazz Season pernah diramaikan beberapa artis seperti Petra Sihombing dan Laudya Cynthia Bella.

10. Festival Sipinggan (28 Desember)

Salah satu kemeriahan di Festival Sipinggan via Blogspot Reservasi

Sipinggan merupakan salah satu desa yang ada di Pulau Samosir. Menjelang akhir tahun, warga desa ini biasanya menggelar festival khusus. Wisatawan akan bisa menyaksikan beragam pertunjukan tari, parade, dan nyanyian tradisional.

11. Samosir Christmas Season (29-30 Desember)

Panggung di Samosir Christmas Season via Instagram Indahsarisigiro

Event khusus Natal yang digelar di Samosir bukan hanya aktivitas yang berbau religius, melainkan juga akan diramaikan oleh beberapa kegiatan menarik seperti fashion show, lomba menyanyi lagu natal, menghias pohon natal, lomba mewarnai, dan masih banyak lagi.

Itulah daftar lengkap festival yang akan digelar di Danau Toba dan Pulau Samosir sepanjang 2018. Bagaimana? Sudah siap berjalan-jalan ke Sumatra Utara dalam waktu dekat?

Tags
Agenda danau toba festival horas samosir fiesta Samosir toba Wisata
Share