Buah Tangan Asli dari Jambi, Cocok Dibeli untuk Sanak Family

Meskipun bukan salah satu kota populer di Indonesia yang biasanya disinggahi untuk berwisata, Jambi memiliki destinasi jalan-jalan yang tak kalah dengan daerah lainnya lho. Ada Candi Muaro, Tanggo Rajo, Danau Sipin, serta ada yang mungkin belum terlalu familiar namun sudah jadi favorit yakni Jambi Paradise. Tak hanya lokasi wisata yang banyak, Jambi juga menyuguhkan kuliner khas yang super endes, bikin ketagihan.

Beberapa contoh kuliner Jambi yang bisa dicicipi misalnya saja Nasi Gemuk, Mie Celor, Pempek dan masih banyak lagi. Tentu saja, setelah puas berjelajah di Jambi, baik menelusuri lokasi wisatanya ataupun juga kulinernya, hal lain yang tak boleh ketinggalan adalah buah tangan. Yuk intip di bawah ini, jajaran buah tangan Jambi yang bisa dibeli.

1. Dodol  Kentang

Dodol Kentang asli dari Jambi Via Instagram galeri_jambi

Garut memang surganya dodol, tapi Jambi juga punya dodol yang unik dan tidak ada di daerah lainnya, namanya adalah Dodol Kentang. Ini merupakan hasil pertanian langsung dari pada penduduk yang terdapat di kaki Gunung Kerinci, Jambi. Kentang ini diolah seperti dodol pada umumnya. Namun lantaran terbuat dari kentang, teksturnya berbeda, lebih halus.

2. Dodol Nanas

Dodol Nanas Via Instagram nusadeli

Jambi terkenal dengan komoditi utamanya adalah nanas. Jadi, selain dodol kentang, nanas di sini juga diolah menjadi buah tangan untuk para wisatawan. Dodol nanas ini sangat banyak ditemui di Muarojambi. Tapi, di daerah lainnya di Jambi juga banyak. Jadi, kamu tak perlu khawatir saat mencari dodol nanas ini. Rasanya enak, legit, dan bikin nagih.

3. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh yang Legit Via Instagram zenbongsoe

Selain dua dodol di atas, ada juga buah asli dari Jambi yang bisa untuk dijadikan sebagai buah tangan. Namanya adalah Duku Kumpeh karena tumbuhannya banyak terdapat di daerah yang bernama Kumpeh di Muarojambi. Buah ini juga ada di Palembang, jadi jika kamu beli di sana juga tidak masalah. Memang ada sedikit “perebutan”apakah Duku Kumpeh ini milik Jambi ataupun Palembang, namun satu yang pasti, buah satu ini memiliki rasa yang enak.

4. Kopi AAA

Sebungkus Kopi AAA Via Instagram littlechidee

Bosen dengan oleh-oleh berupa kudapan atau camilan? Kamu bisa membawa pulang kopi khas Jambi yang diberi nama dengan Kopi AAA. Dahulu, kopi ini adalah merk dagang sebuah perusahaan kopi. Namun, seiring waktu berlalu banyak orang menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Jambi. Karena Kopi AAA ini hanya ada di Jambi. Bisa banget buat dibawa pulang buat kamu para pecinta kopi ya.

5. Bolu Kojo Jambi

Bolu Kojo Via Instagram ijo_food

Kue Bolu Kojo khas dari Jambi ini berbeda dengan yang terdapat di Palembang. Meskipun namanya sama, Bolu Khas Jambi ini memiliki ciri khas disajikan tanpa adanya lapisan, atau dengan kata lain hanya dihidangkan dalam bentuk polos berwarna hijau. Rasanya lembut, manis dan kemasannya juga sudah menarik. Jadi, tunggu apa lagi ya, jika berkunjung ke Jambi jangan lupa untuk membeli Bolu Kojo khas ini.

6. Lempok Durian Jambi

Lempok Durian Via Instagram momshee_kitchen

Buat kamu pecinta durian, ada oleh-oleh berupa Lempok Durian yang bisa untuk dibawa pulang. Lempok Durian atau yang juga disebut sebagai Dodol Durian ini memiliki rasa legit dan manis dengan rasa durian yang sangat khas. Bahan dasarnya hanya menggunakan durian asli dengan gula pasir dan sedikit garam. Silahkan dicicip-cicip saat sedang plesir ke Jambi.

Pulang dari Jambi rasanya akan sangat kurang tanpa membawa oleh-oleh ya? Maka dari itulah, jangan lupa untuk membeli salah satu dari oleh-oleh khas Jambi yang sudah disebutkan di atas. Selamat jalan-jalan.

Tags
buah tangan khas Jambi oleh-oleh dari Jambi oleh-oleh Jambi oleh-oleh khas Jambi
Share