Ragam Buah Tangan Khas Bojonegoro, Oleh-oleh Usai Traveling

Advertisement

Traveling ke suatu tempat, tak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh khasnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis buah tangan yang berbeda. Seperti halnya saat selesai jalan-jalan dari Bojonegoro, ada beberapa jenis buah tangan khas yang bisa dibawa pulang sebagai bentuk membagi kebahagiaan kepada keluarga besar di rumah. Inilah oleh-oleh khas Bojonegoro yang bisa untuk dibeli setelah selesai berkunjung.

Ledre

Ledre, Via Instagram tunggaljayamebel
Ledre, Via Instagram tunggaljayamebel

Ledre merupakan kue kering khas Bojonegoro yang terbuat dari pisang raja. Ini merupakan camilan yang memiliki bentuk seperti stick roll dengan aroma pisang yang cukup menyengat. Bahan baku untuk membuat ledre antara lain, pisang raja, gula, tepung yang dijadikan adonan kemudian digulung. Olahan pisang ini memiliki citarasa manis dan seikit gurih dengan tekstur crispy. Bisa jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Keripik Jahe

Keripik jahe khas Bojonegoro, Via katalog.or.id
Keripik jahe khas Bojonegoro, Via katalog.or.id

Jika Malang memiliki ragam keripik buah, Bojonegoro memiliki keripik yang sangat unik. Bukan pisang ataupun juga ketela, keripik khas Bojonergoro ini berbahan dasar jahe. Terbuat dari jahe pilihan, keripik satu ini memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Sensasi hangat bakal kamu rasakan setelah mengosumsi keripik jahe ini.

Ender-ender

Ender-ender khas Bojonegoro, Via Instagram sanggarguna
Ender-ender khas Bojonegoro, Via Instagram sanggarguna

Ender-ender merupakan camilan tempo dulu yang bisa dibilang lestari di Bojonegoro. Bentuknya bulat, pipih, lebar dan memiliki rasa manis yang bikin nagih. Ender-ender merupakan oleh-oleh khas Bojonegoro yang berbahan dasar ubi jalar. Awalnya, ender-ender hanya memiliki rasa original, tapi sekarang ini sudah banyak sekali varian rasanya.

Balung Kuwuk

Balung Kuwuk, Via Instagram dianandariskia
Balung Kuwuk, Via Instagram dianandariskia

Camilan lain dari Bojonegoro yang bisa untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah balung kuwuk. Meskipun memiliki nama ‘balung’ tapi tidak menggunakan balung atau tulang sama sekali dalam pembuatannya. Ini merupakan kuliner yang berbahan dasar ketela pohon. Karena bisa dibilang ketela pohon banyak sekali ditemukan di Bojonegoro.

Salak Wedi

Salak Wedi, Via Instagram khuluq_13
Salak Wedi, Via Instagram khuluq_13

Jika kamu kurang suka dengan beragam keripik, ada juga oleh-oleh buah khas dari Bojonegoro. Uniknya, salak dari Bojonegoro ini memiliki rasa manis yang sedikit berpasir. Maka dari itulah salak ini dinamakan dengan salak pasir. Pilihan oleh-oleh yang sangat bagus buat kamu yang sedang menjalani diet juga. Harganya juga tidak terlalu mahal, kamu bisa memborongnya saat pulang dari Bojonegoro.

Jalan-jalan ke Bojonegoro sangat kurang lengkap jika kamu tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga yang telah menunggu di rumah. Dan empat oleh-oleh khas Bojonegoro di atas bisa menjadi pilihan untuk diambil. Jadi, kamu mau beli yang mana untuk dibawa pulang ke rumah?

Advertisement
Tags
Bojonegoro Jawa Timur kuliner Indonesia oleh-oleh khas Bojonegoro
Share