Ragam Keripik Khas Nusantara yang Kriuknya Bikin Tergila-gila

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia

Keripik memiliki rasa gurih yang bikin orang tak berhenti memakannya. Teskturnya yang kriuk saat digigit membuat keripik jadi favorit banyak orang. Jenisnya juga sangat beragam, mulai dari tumbuhan sampai dengan yang terbuat dari hewan. Mengenai keripik, Indonesia memiliki banyak sekali jenisnya dan khas di beberapa daerah. Inilah beberapa jenis keripik khas Indonesia yang bisa jadi camilan kapan saja.

1. Keripik Oncom, Bandung

Keripik oncom, Via Instagram cemilan_kabayan

Berbahan dasar oncom, keripik khas Bandung ini memiliki rasa yang lezat. Cara pembuatannya, oncom yang sudah diberi tepung sebelumnya kemudian diiris tipis lalu dibumbui dan selanjutnya digoreng. Keripik satu ini banyak sekali ditemui di Bandung. Silahkan mencicipi saat sedang jelajah wisata di Bumi Parahyangan, Bandung.

2. Keripik Pisang, Lampung

Keripik pisang, Via Instagram sababananachips

Banyak sekali keripik pisang bertebaran diri berbagai penjuru Indonesia. Namun yang sudah jelas khas adalah yang datang dari Lampung. Bedanya keripik ini dari yang lain adalah proses pembuatannya yang dioven, sehingga lebih tahan lama serta memiliki varian rasa yang banyak. Pilihan rasanya adalah keju, susu, cokelat, dan rasa asin lainnya.

3. Keripik Buah, Malang

Keripik buah salak, Via Instagram keripikvitanachipsena

Selanjutnya ada kripik khas dengan bahan baku buah-buahan yang berasal dari Malang. Banyak jenis buah yang dimanfaatkan untuk membuat keripik. Contohnya saja adalah salak, apel, buah naga, stroberi, nangka dan lain sebagainya. Rasa dari keripik buah ini berbeda-beda tergantung dari jenis buahnya. Keripik buah yang paling difavoritkan adalah yang berasal dari Apel.

4. Keripik Singkong, Sinjai

Keripik Sinjai, Via Instagram kripik_uda

Enak, gurih, pedas dan nagih, keripik singkong asal Sinjai memiliki banyak sekali penggemar. Keripik balado khas Sinjai memang bikin banyak orang tergila-gila. Rasa pedasnya yang nikmat bikin orang tak henti mengunyah keripik sinjai.

5. Keripik Belut, Jogja

Keripik belut, Via Instagram keripik.belut

Biassanya belut dijadikan sebagai lauk, tapi di Jogja, bahan makanan satu ini disulap menjadi keripik yang nikmat. Bagi para pecinta belut, keripik satu ini sangat enak. Teksturnya gurih, cocok jadi cemilan saat lapar melanda. Bisa dimakan secara langsung, jadi teman nasi atau dicocol dengan sambal juga enak banget.

6. Keripik Tempe, Malang

Keripik tempe, Via Instagram kanefood

Sangat khas Nusantara, keripik tempe ada di berbagai daerah di Indonesia. Keripik tempe yang paling populer yang berasal dari Malang dan juga Ngawi. Meskipun sama-sama keripik tempe, rasa di Ngawi dan Malang berbeda. Bentuknya juga berbeda, bisa lah ya dicoba saat sedang traveling ke Malang ataupun juga Ngawi.

7. Keripik Paru, Salatiga

Keripik paru, Via Instagram toko_luwes

Keripik selanjutnya datang dari kota Salatiga yang banyak diburu para wisatawan adalah keripik paru. Memang ini merupakan keripik, tapi harga dari Keripik Paru bisa dibilang cukup menguras kantong. Tapi, jika sudah tahu rasanya, kamu tak akan segan mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli keripik paru yang enak. Paru ini kebanyak dari paru sapi pilihan ya, tidak salah jika rasanya cukup mahal.

8. Keripik Jangkrik, Jogja

Keripik Jangkrik, Via Instagram yogyakeripik

Ada juga keripik jangkrik yang berasal dari Jogja. Siapa sangka ya, biasanya serangga satu ini hanya digunakan sebagai pakan burung, tapi di Jogja diolah menjadi keripik yang enak dan renyah. Bahkan, belakangan keripik jangkrik sudah jadi salah satu oleh-oleh yang diburu para peminatnya.

Jadi kudapan enak, jadi teman makan juga tak kalah lezatnya, maka dari itu tak perlu ragu buat membawa pulang keripik-keripik yang kamu temui saat berjelajah di suatu kota. Sekalian mencoba hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu rasakan sebelumnya.