Oleh-oleh Dieng yang Wajib Kamu Bawa Pulang untuk Orang Rumah

Advertisement
Advertisement

Kawasan wisata Dieng memiliki pesona tersendiri di mata wisatawan. Tak hanya udara dingin yang menyegarkan serta objek wisata alamnya yang menawan, namun kuliner di sini juga paling favorit. Sebut saja Mie Ongklok  Longkrak yang membuat siapapun ketagihan. Selain bisa disantap di tempat, kamu pun bisa mencicipi berbagai makanan yang sudah dibungkus dalam kemasan oleh-oleh. Wah, lalu apa saja sih oleh-oleh Dieng yang cocok untuk dibawa pulang ini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini!

Carica Dieng

Carita kemasan botol kecil
Carica kemasan botol kecil [image source]
Oleh-oleh Dieng yang paling dikenal oleh wisatawan adalah Carica yang mirip dengan pepaya gunung. Bukan dalam bentuk perbiji, namun buah yang memiliki banyak kandungan vitamin ini dikemas dalam bentuk kemasan berupa minuman. Selain cup kecil ada pula yang dikemas dalam bentuk botolan yang sangat mudah untuk dibawa. Nah, kamu yang berminat untuk membeli minuman tidak sulit kok. Di sepanjang jalan di Wonosobo banyak pusat oleh-oleh dengan menawarkan minuman Carica sebagai salah satu produk unggulannya. Untuk harganya bervariasi mulai dari Rp22.000 untuk satu kotak ukuran cup.

Carita kemasan botol
Carica kemasan botol [image source]

Mie Ongklok Instan

Mie Ongklok Wonosobo
Mie Ongklok Wonosobo [image source]
Selain bisa dimakan langsung di warung di Wonosobo, Mie Ongklok juga dijual dapat bentuk kemasan. Tak perlu membungkus, kamu bisa membeli mie mentahannya yang sudah dibungkus rapi. Berbagai merek dari mie ini terjual luas di pusat oleh-oleh makanan. Sebagian besar beratnya sekitar 80 gram yang cukup enteng untuk dibawa pulang ke rumah. Nah, untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau yaitu Rp10.000. Pastinya seru nih membawa oleh-oleh berupa Mie Ongklok saat sepulang jalan dari Telaga Warna Dieng.

Mie Ongklok
Mie Ongklok [image source]

Kopi dan Susu Purwaceng

Kopi Purwaceng Dieng
Kopi Purwaceng Dieng [image source]
Dieng bukan hanya terkenal akan keindahan alamnya. Namun, banyak tanaman berkhasiat tinggi yang penduduk sekitar olah menjadi oleh-oleh. Salah satunya adalah Purwaceng yang merupakan tanaman obat yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, saraf dan otot, menghilangkan masuk angin dan pegal linu, melancarkan buang air kecil dan banyak lainnya. Selain untuk obat, ada pula teh, kopi serta rempah Purwaceng yang juga dijual sudah dalam bentuk kemasan. Sementara harganya satu kotak sekitar Rp70.000 dengan isi 10 sachet.

Purwaceng Dieng
Purwaceng Dieng [image source]

Keripik Tempe Kemul

Keripik Tempe Kemul Dieng
Keripik Tempe Kemul Dieng [image source]
Dieng memang terkenal dengan keripik jamurnya. Namun ada satu lagi oleh-oleh Dieng yang wajib kamu beli saat berkunjung ke objek wisata di Wonosobo ini. Adalah Keripik Tempe Kemul yang unik karena diselimuti dengan tepung gandum. JKemul dalam bahasa jawa artinya selimut, jadi bisa bisa terbayang kan kriuknya adonan tepung yang menyelimuti tempenya. Keripik ini pas disajikan dengan teh purwaceng dan dinikmati saat sore hari. Seperti lainnya, keripik ini sangat mudah ditemukan. Bahkan banyak sekali merek tempe kemul yang terjual di pusat oleh-oleh Wonosobo. Nah, tinggal pilih mau yang mana.

Keripik Tempe Kemul
Keripik Tempe Kemul [image source]

Teh Tambi

Teh Tambi
Teh Tambi [image source]
Nah, minuman khas Dieng tak hanya Purwaceng saja. Ada satu lagi minuman yang menarik untuk dibeli saat berkunjung ke Wonosobo. Apalagi kalau bukan Teh Tambi yang langsung dipetik dari perkebunan teh di Wonosobo. Sebelum dikemas, serbuk teh unggulan ini diproses secara higienis sehingga memiliki aroma dan warna yang kuat. Bingung mencari oleh-oleh yang pas untuk saudara dan teman dekat? Beli saja teh tambi.

Teh Tambi Wonosobo
Teh Tambi Wonosobo [image source]
Wah, asyik juga kan liburan ke Dieng? Selain memiliki banyak objek wisata alam yang menawan, oleh-oleh di sini juga bervariasi mulai dari minuman, makanan hingga pernak-pernik yang lucu. Bagaimana, sudah siap liburan ke Dieng kan?

Advertisement
Tags
Dieng Jawa Tengah Oleh Oleh dieng Wonosobo
Share