Ini dia Destinasi Wisata di Wonosobo, Negeri di Atas Awan

Advertisement

Selain Magelang dengan Candi Borobudurnya, Provinsi Jawa Tengah juga memiliki andalan wisata lainnya yang berada di Kabupaten Wonosobo. Kabupaten yang diapit dua gunung keren, Sindoro dan Sumbing ini memang dikenal memiliki topografi wilayah berupa pegunungan, sehingga wisata alam di daerah ini sangat banyak.

Satu kawasan yang paling dikenal traveler se-Indonesia yaitu Dataran Tinggi Dieng yang juga dikenal sebagai negeri atas awan hingga negerinya para dewa ini memang memiliki lanskap alam yang luar biasa indahnya. Bahkan mayoritas potensi wisata di Wonosobo berada di kawasan ini, meski tidak dipungkiri juga jika Dieng sendiri sebagian besar wilayahnya berada di kabupaten Banjarnegara. Mari Travelingyuk ajak kamu berkeliling ke tempat-tempat keren dan wajib kunjung di Kabupaten Wonosobo.

1. Puncak Sikunir, Tempat yang Membawamu Berasa Seperti di Negeri Atas Awan

Puncak Sikunir [image source]
Satu lagi tempat yang istimewa untuk menyaksikan golden sunrise di Dieng yaitu Puncak Sikunir. Ini adalah kawasan perbukitan yang terletak di Desa Sembungan. Kita sudah mengenal desa ini sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, sedangkan bukit di desa ini makin melengkapi sensasi seperti berada di atas awan sungguhan.

Puncak Sikunir [image source]
Dieng Plateau dikenal sebagai Negeri Atas Awan, julukan tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Coba kamu datang ke puncak Bukit Sikunir sebelum fajar menyingsing. Kawasan di lembah bukit ini akan tertutup kabut putih yang membuatmu berasa sedang berada di atas awan. Belum lagi matahari terbitnya yang super indah, hingga dijuluki sebagai matahari terbit emas atau golden sunrise karena sinarnya yang memancarkan cahaya keemasan.

Lokasi : Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

2. Menyaksikan Keajaiban Danau yang Berubah Warna Lewat Telaga Warna

Telaga Warna [image source]
Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Nusa Tenggara Timur untuk melihat danau yang bisa berubah warna. Cukup datang ke Dieng dan sambangi Telaga Warna. Telaga ini memang ajaib, karena air danaunya bisa berubah warna bahkan kadang warna danau ini memiliki gradasi tersendiri yang membuat banyak traveler terkagum-kagum.

Telaga Warna [image source]
Telaga Warna ini berada berdampingan dengan telaga lainnya bernama Pengilon. Kedua telaga tersebut hanya terpisah oleh sejengkal rumput dan pepohonan saja. Bedanya Telaga Pengilon ini memiliki air yang sebening kaca. Sehingga traveler yang berada di dekatnya bisa melihat refleksi dirinya dengan sangat jelas di permukaan airnya. Baik Telaga Warna dan Telaga Ngilon bisa dilihat dengan jelas dari atas bukit yang bernama Batu Ratapan Angin. Bukit ini berada tidak jauh dari dua telaga keren tadi.

Lokasi : , Kejajar, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

3. Ada Telaga Menjer, Telaga Terluas di Wonosobo Sekaligus Punya Pemandangan yang Keren untuk Difoto

Telaga Manjer [image source]
Telaga Warna boleh menjadi yang paling terkenal di Dieng atau Wonosobo secara umum.Tapi jika membahas tentang telaga terluas di kabupaten ini, maka ada nama lain yang mengisinya yaitu Telaga Menjer. Telaga ini cukup mudah ditemukan karena letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Dieng Palteau.

Telaga Manjer [image source]
Telaga Menjer berada di desa Maron, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Jaraknya hanya 12 kilometer dari pusat kota, sehingga untuk menuju ke tempat ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Danau terluas di Wonosobo ini selain digunakan sebagai salah satu destinasi wisata juga memiliki fungsi lain sebagai pembangkit listrik. Posisinya yang dikepung pegunungan membuat pemandangan di sekitar telaga juga cantik untuk difoto.

Lokasi : Maron, Garung, Wonosobo, Jawa Tengah

4. Kawah Sikidang, Bukti Sahih jika Dieng adalah kawasan Vulkanik yang Aktif

Kawah Sikidang [image source]
Dieng merupakan kawasan vulkanik dan ini terbukti dengan banyak ditemukannya kawah aktif di sekitar wilayahnya. Salah satu kawah yang paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah kawah Sikidang. Kawah ini terletak di Dieng zona satu dan memiliki pesona berupa munculnya gas secara pindah-pindah seperti kijang yang melompat-lompat.

Kawah Sikidang [image source]
Kawah Sikidang dikenal pula dengan area spa lumpur kawah yang menjadi favorit traveler. Konon lumpur kawah ini dipercaya dapat menyehatkan badan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Selain Sikidang, masih banyak kawah lain yang bisa kamu temukan di Dieng seperti Kawah Sileri, Sibanteng, Candradimuka dan lain sebagainya. Banyaknya jumlah kawah di Dieng menjadi bukti sahih jika kawasan tersebut memang merupakan gunung api raksasa yang masih aktif.

Lokasi :Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara,

5. Kompleks Candi Dieng, Candi di Dataran Tinggi Indonesia

Candi Dieng [image source]
Kompleks candi yang ditemukan di Dieng merupakan candi Hindu yang tertua di Pulau Jawa. Candi-candi tersebut diperkirakan mulai dibangun pada awal abad ke-9. Keberadaan candi ini semakin melengkapi keindahan wisata Dieng yang tidak sekedar menawarkan keindahan alamnya saja, namun juga sarat dengan nilai sejarah.

Candi Dieng [image source]
Kompleks candi Dieng dibagi menjadi tiga kelompok, mereka adalah Kelompok Candi Arjuna, Gatot Kaca dan Dwarawati. Nama-nama candi di masing-masing komplek ini pun diberi nama yang unik sesuai nama tokoh pewayangan dari Pandawa Lima, hingga tokoh Punokawan seperti Semar, Gareng, Petruk dan lain sebagainya.

Lokasi :  Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

6. Jalan-Jalan di Kebun Teh Tambi yang Berada di Kaki Gunung Sindoro Wajib Kamu Cicipi

Kebun teh Tambi [image source]
Liburan di pegunungan nampaknya kurang lengkap jika tidak menyambangi kebun teh. Kebetulan di kawasan Dieng terdapat kebun teh bernama Tambi. Kebun teh ini berjarak sekitar 18 km dari pusat kota Wonosobo, atau tepatnya terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar.

Kebun teh Tambi [image source]
Kebun teh seluas 800 hektar di kaki gunung Sindoro ini selain menyuguhkan suasana pegunungan yang dingin juga menawarkan aktivitas tea walking. Dengan didampingi pemandu traveler, anda bisa berjalan-jalan berkeliling perkebunan teh dan menyaksikan proses pemetikan daun teh hingga pengolahannya secara langsung.

Lokasi : Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

7. Air Terjun Sikarim, Unik dan Tersembunyi di Balik Bukit Sikunir

Air Terjun Sikarim [image source]
Air Terjun Sikarim adalah spot tersembunyi yang ada di balik Bukit Sikunir. Air terjun setinggi 70 meter ini memiliki bentuk yang unik. Air terjun ini berbentuk seperti air yang mengalir melewati bukit batu dari puncaknya. Hanya saja untuk berjumpa dengan air terjun ini dibutuhkan usaha ekstra.

Air Terjun Sikarim [image source]
Air Terjun Sikarim terletak di Desa Mlandi, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota dan bisa ditempuh dengan perjalanan kurang dari satu jam. Untuk menuju ke sana traveler bisa mengambil jalan menuju arah Dieng. Dari tempat parkir kamu masih harus trekking melewati semak belukar dan jalan setapak dengan jurang di sebelahmu. Hati-hati jika ingin melihat air terjun indah ini.

LOkasi : Sembungan, Kejajar, Wonosobo

8. Curug Winong, Keindahannya Bisa Memanjakan Mata

Curug Winong [image source]
Kalau mau menikmati keindahan dan kesegaran air terjun dengan akses yang mudah, kamu bisa memilih untuk datang ke Curug Winong. Akses jalan menuju ke air terjun yang berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo ini cukup mudah. Pun demikian suasana di sana masih alami dan sepi.

Curug Winong [image source]
Jalan setapak menuju ke air terjun pun sudah mulus dan mudah untuk dilewati. Untuk urusan fasilitas, di sekitar air terjun ini sudah terdapat warung makan dan toilet yang bersih. Dari pusat kota traveler dapat berkendara selama 45 menit untuk sampai ke Curug Winong.

Lokasi : Winongsari, Kaliwiro, Wonosobo

9. Mau Merasakan Sensasi Tinggal di Daerah Dingin? Obyek Wisata Dieng Wajib Kamu Kunjungi

Dieng [image source]
Dataran Tinggi Dieng dengan nama gaulnya Dieng Plateau adalah kawasan vulkanik yang berada di dua wilayah yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Meski lokasinya sangat tinggi, namun banyak perkampungan hingga resort mewah dibangun di sana. Inilah tempat yang tepat buat kamu yang penasaran merasakan tinggal di daerah yang dingin.

Dieng [image source]
Setiap harinya suhu di Dieng rata-rata berada di bawah 20 derajat Celcius. Salah satu desa yang wajib kamu sambangi adalah Desa Sembungan. Desa ini berada di ketinggian 2.200 mdpl dan menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa. Rasakan sensasi dingin yang menggigit di desa ini sambil membaur dengan kehidupan masyarakatnya yang ramah. Jangan lupa bawa pakaian hangat yang tebal jika liburan di Dieng.

Lokasi : Wonosobo, Jawa Tengah

10. Kemping di Gunung Prau dan Menanti Terbitnya Matahari Emas di Ufuk Timur

Gunung Prau [image source]
Di kawasan Dieng ada dua tempat istimewa untuk menyaksikan keagungan alam ciptaan Tuhan yaitu Puncak Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Gunung Prau sendiri adalah tempat yang sudah tidak asing buat traveler yang hobi kemping. Pasalnya gunung ini memiliki rute pendakian yang pendek namun treknya tetap menantang, cocok untuk para pendaki pemula.

Gunung Prau, via instagram
Gunung Prau, via instagram

Untuk sampai di puncaknya yang berupa tanah lapang yang luas, traveler hanya butuh waktu 3 jam dengan mengambil rute Desa Patak Banteng, Dieng. Sepanjang rute perjalanan kamu akan disuguhkan panorama alam yang sangat indah. Sesampainya di puncak masih ada satu pesona alam yang akan membuat matamu terpana, matahari terbit berwarna keemasan akan menyambut pagimu dengan penuh kekaguman. Kalau ingin menikmati pemandangan ini secara eksklusif sebaiknya menghindari datang pada akhir pekan dan hari libur.

Lokasi : Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Beberapa destinasi yang ada di kawasan Dieng berbatasan langsung dengan kabupaten Banjarnegara, sehingga selain Wonosobo kemungkinan besar traveler juga akan menemukan tempat yang sama dipromosikan pada wisata Banjarnegara. Daripada bingung dengan polemik lokasi Dieng yang sesungguhnya, mending kita nikmati saja keindahannya yang penting masih satu Indonesia. Masih ada tempat keren yang luput dari daftar Travelingyuk? Kamu bisa melengkapinya dengan mengisi kolom komentar yang telah kami sediakan.

Advertisement
Tags
Dieng explore jawa tengah Explore Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah Wonderful Indonesia Wonosobo
Share