5 Telaga di Dataran Tinggi Dieng yang Bikin Kamu Terpana

Advertisement

Dataran Tinggi Dieng memang tidak pernah membuat kecewa pecinta traveling. Selain keindahan pegunungannya yang hijau, ternyata pesona yang berada di kawasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini juga memiliki telaga eksotis. Pastinya, pesonanya bakal membuatmu terpana. Nah, sudah siap menjelajahi keelokan telaga di Wisata Dieng Plateau ini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Telaga Warna

Telaga Warna Dieng
Telaga Warna Dieng [image source]
Dieng Plateau tidak hanya memiliki Bukit Sikunir dengan panorama sunrise kerennya. Di sini juga terdapat telaga yang berada di ketinggian 2000 mdpl. Sesuai dengan namanya, Telaga Warna memiliki air dengan warna yang berubah-ubah. Dalam sekali pandang, kamu bisa melihat warna merah, hijau, biru, putih dan lembayung yang menakjubkan. Ternyata, perubahan warna ini terjadi karena airnya mengandung sulfur yang tinggi. Jadi, ketika terkena cahaya matahari, airnya pun akan menimbulkan warna lain. Nah, saat berkunjung ke destinasi ini, kamu juga bisa sekalian berziarah ke makam Sech Abd Al Sumalik dan Makam Syeh Ngabdullah Celomanik yang bisa dikunjungi dengan jalan kaki dari telaga.

Telaga Warna
Telaga Warna [image source]
Lokasi : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

2. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon
Telaga Pengilon [image source]
Tidak jauh dari Telaga Warna, ada satu lagi destinasi yang juga menarik perhatian wisatawan saat berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Bernama Pengilon yang letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna. Meski dekat, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Kolam air di objek wisata ini malah jernih dan tidak memiliki warga. Keindahannya makin sempurna dengan dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau. Jika kamu berniat untuk mencari udara segar di sini, jangan lupa pula untuk mampir mencicipi kuliner enak khas Wonosobo. Salah satunya adalah Mie Ongkrong Longkrak yang berada di dekat alun-alun atau sekitar 30 menitan dari telaga ini. Rasanya dijamin bikin ketagihan.

Telaga Pengilon Dieng
Telaga Pengilon Dieng [image source]
Lokasi : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer
Telaga Menjer [image source]
Destinasi alam berikutnya yang makin membuatmu bersyukur dapat liburan ke Wonosobo adalah Telaga Menjer. Objek wisata yang terletak di desa Menjer, Kecamatan Garung ini juga tidak kalah indah seperti lainnya. Dengan luasnya yang mencapai 70 hektar dan berada di ketinggian 1300 mdpl, kamu pun bakal merasakan sensasinya udara sejuk khas pegunungan. Selain sebagai tempat berlibur para wisatawan, air Menjer juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air sejak tahun 1982. Nah, untuk kamu yang suka hunting foto, lebih baik untuk datang di saat pagi atau sore hari, pasalnya hawa segar di sini akan diselimuti kabut putih tipis yang menakjubkan. Untuk bisa berlama-lama di sana, kamu pun bisa bermalam di CRA Hotel & Resto Wonosobo yang bisa ditempuh hanya 30 menit saja dari sini.

Telaga Menjer Dieng
Telaga Menjer Dieng [image source]
Lokasi : Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

4. Telaga Cebong

Telaga Cebong
Telaga Cebong [image source]
Kamu yang hobi naik ke Gunung Sikunir, pasti tahu jika ada telaga eksotis di dekat tempat tersebut. Hanya berjarak 200 meter dari basecamp Sikunir, kamu bisa mampir ke sana setelah melihat panorama keindahan dari bukit di Dieng ini. Bernama Telaga Cebong yang menawarkan air pegunungan bening serta pemandangan lahan pertanian hijau. Karena letaknya yang berada di atas 2300 mdpl, lebih baik gunakan jaket saat berkunjung ke telaga di atas awan ini. Selain dingin, anginnya juga cukup kencang. Nah, jangan lupa untuk abadikan moment bahagiamu di sini, agar Indonesia makin mengenal kecantikan dari objek wisata di Wonosobo.

Telaga Cebong Dieng
Telaga Cebong Dieng [image source]
Lokasi : Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

5. Telaga Dringo

Telaga Dringo
Telaga Dringo [image source]
Puas berjalan-jalan di Telaga di Wonosobo, jangan lupa untuk berkunjung ke Telaga Dringo yang berada di kabupaten Banjarnegera. Meski berbeda kabupaten, tetapi letaknya sangat dekat dan berada di area dataran tinggi Dieng. Objek wisata yang biasanya digunakan pecinta traveling untuk berkemah ini tidak hanya menawarkan kejernihan airnya, tapi juga pesona alam yang mirip dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Tentu saja karena ada perbukitan yang mengelilingi telaga ini dan membuatnya makin terlihat sempurna. Karena letaknya yang berada di perbukitan, tentu saja medan menuju ke sana sangat sulit dan lebih baik lagi menggunakan sepeda motor.

Telaga Dringo Dieng
Telaga Dringo Dieng [image source]
Lokasi :Jl. Pekasiran, Pekasiran, Batur, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 53456

Wah, serunya liburan ke dataran tinggi dieng. Jangan hanya berkunjung ke telaganya saja, di sini juga terdapat wisata kawah yang bakal memanjakan matamu di setiap kali memandang.

Advertisement
Tags
Dataran Tinggi Dieng telaga di Dieng
Share