Memacu Adrenalin dengan Off Road di Bandung, Seru Abis!

Advertisement

Kalau bicara soal wisata di Kota Kembang, hal apa yang paling sering Teman Traveler dengar? Jajaran kafe unik, wisata kuliner lezat, factory outlet keren, alam indah, dan penginapan yang unik mungkin menjadi daftar kunjungan wajib ketika datang ke Bandung. Namun, ternyata Bandung masih menyimpan banyak pesona lainnya. Salah satunya adalah memacu adrenalin dengan jelajah wisata anti-mainstreamPenasaran seperti apa serunya off road di Bandung? Yuk, simak pengalaman Kontributor Travelingyuk, Finna berikut ini.

Wisata Off Road di Kawasan Bandung Barat

Teman Traveler suka liburan menantang? Cobalah mendaki jalur menggunakan mobil legendaris Land Rover. Pengalaman seru dan tak terlupakan bakal ditemukan di Bandung Utara.  Caranya sangat mudah, karena bisa langsung menghubungi komunitas sekaligus penyedia tur off road  di Bandung. Salah satu lokasi yang terkenal berada di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Serunya Off-Road dan lepas dari perkotaan
Serunya Off Road dan lepas dari perkotaan (c)Finna/Travelingyuk

Dari segi lokasi, daerah ini bisa dijangkau dari pusat Kota Bandung dengan mudah. Dari arah Jakarta, bisa keluar di pintu tol Subang untuk menghindari macet di Kota Bandung. Alam yang masih terpelihara dengan baik serta karakteristik medan di wilayah ini juga sangat cocok untuk petualangan off road. Bahkan, di sini sudah ada beberapa jalur khusus yang memang biasa dilewati para pengendara off road mobil dan motor. Terbayang bagaimana serunya kan?

Jalur Menantang dengan Paduan Alam Sempurna

Jalur tanah dan bebatuan yang menanjak dijamin bakal memacu adrenalin Teman Traveler selama perjalanan. Terkadang, kemiringan yang ekstrem membuat jantung berdebar kencang. Namun jangan khawatir, semua driver Land Rover sudah terlatih dan berpengalaman. Jadi, perjalanan akan tetap aman sampai ke tujuan.

Jalan untuk Mobil dan motor yang becek
Jalan untuk Mobil dan motor yang becek (c)Finna/Travelingyuk

Perjalanan yang menantang dimulai saat mobil masuk ke jalur tanah di kawasan Sukawana. Lalu mendaki terus ke area perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII. Di kawasan ini, Teman Traveler bisa turun sejenak untuk berfoto dengan latar belakang hamparan kebun teh dan melakukan tea-walk yaitu berjalan menjelajahi alur kebun teh. Jangan kaget, karena berada di pegunungan, Teman Traveler bisa berjumpa dengan kabut. Pun demikian, perjalanan tetap menyenangkan.

Persiapan yang Harus Dilakukan

Rata-rata durasi yang ditempuh untuk satu kali tur adalah sekitar tiga hingga empat jam. Biasanya, paket dapat dipesan per orang dengan harga Rp300.000 atau per mobil dengan biaya Rp1.400.000. Harga tersebut sudah termasuk penjemputan di hotel di area Lembang, snack, serta air mineral selama perjalanan. Jumlah penumpang maksimal dalam satu mobil Land Rover adalah tujuh orang di luar supir dan pendamping. Untuk rombongan yang membutuhkan lebih dari 10 mobil, harus memesan dari jauh hari untuk memastikan ketersediaan mobil, ya.

Ilustrasi Offroad di Bandung
Ilustrasi Offroad di Bandung via instagram/@dutaoutbound

Tipsnya, gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk melakukan perjalanan bersama Land Rover. Berbeda musim, lain pula perlengkapan yang harus dipersiapkan. Saat musim hujan, jas hujan sekali pakai akan sangat berguna untuk menghindari cipratan air dan tanah basah. Sementara pada musim kemarau, sebaiknya bawa masker untuk terlindung dari debu dan tanah yang berterbangan.

Selepas dari jalur off road, para rombongan Land Rover akan mengantar Teman Traveler kembali ke hotel, meeting point, atau ke tujuan selanjutnya di daerah Lembang. Walaupun sedikit melelahkan, semua itu terbayarkan dengan pengalaman yang mungkin sulit didapat di tempat wisata lain.

Bandung memang terkenal sebagai kota tujuan wisata dengan segudang aktivitas. Kreativitas dan keramahan para penduduk, serta alam yang mendukung menjadikan kota ini menjadi salah satu tujuan favorit. Penasaran mau mencoba keseruan off road di Bandung? Tunggu apa lagi!

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Sukawana Travelingyuk wisata bandung
Share