15 Tempat Wisata Bandung, Kota Kembang Yang Selalu Dikenang

Perhatikan baik-baik, apalagi yang nomer enam dijadikan lokasi syuting film horor terkenal yaitu pengabdi setan. Belum lagi dengan pilihan lainnya seperti Kawah putih hingga cantiknya Tebing Keraton. Langsung saja, berikut ini adalah wisata Bandung yang indahnya mengagumkan.

1. Kawah Putih, Tempat Wisata Alam yang Indah di Kawasan Ciwidey

Jangan lewatkan kunjungan ke Kawah Putih yang sangat terkenal. Meski namanya kawah putih, tapi air kawah Gunung Patuha di kawasan Ciwidey ini sebenarnya berwarna putih kehijauan dan kadang-kadang warnanya berubah-ubah. Sangat keren untuk background foto.

Wisata Bandung Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey via Instagram @kunto_ari

Kawah Putih berada di ketinggian 2.090 mdpl dan sempat dianggap sebagai tempat angker lantaran banyak burung yang langsung mati setelah terbang di atas kawah. Usut punya usut, satwa tersebut keracunan gas belerang dari Kawah Putih ini. Untuk menuju ke tempat instagramable di Bandung ini, kamu bisa menggunakan kendaraan umum via jalur terminal Leuwi Panjang – dilanjutkan ke terminal Ciwidey – lokasi Kawah Putih.

2. Mau Suasana Seperti di New Zealand? Datang ke Cikole

Suasana New Zealand yang menenangkan bisa traveler jumpai di Bandung. Caranya dengan berkunjung ke Cikole. Wisata gaul Bandung ini dilengkapi berbagai kegiatan seru. Seperti kegiatan outbond. Mulai dari flying fox, paint ball dan banyak lagi.

Tidak cukup sampai di situ,  kawasan Cikole ini juga memiliki wisata terpadu yang sedang ngetren bernama Terminal Wisata Grafika Cikole yang punya pondokan seperti rumah Hobbit di New Zealand. Wisatawan bisa menginap di salah satu pondokan nyentrik tersebut lho.

3. Menikmati Indahnya Kebun Teh di Pangalengan

Wisata Pangalengan
Pangalengan via Instagram @iwansetiaonebudhi

Tidak lengkap menikmati tempat wisata di Bandung tanpa berkunjung ke perkebunan teh di Pangalengan. Daerah ini berada di sebelah selatan Kota Bandung yang juga terkenal dengan beberapa obyek wisata. Selain perkebunan teh, traveler juga bisa menemukan sejumlah obyek wisata keren antara lain Situ Cileunca dan Kolam Pemandian Air Panas Cibolang. Daerah ini juga sangat terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi. Yang pasti jika mau mencari suasana romantis datang saja ke Pangalengan.

4. Situ Cileunca, Danau Dengan Panorama yang Romantis

Masih berada di daerah Pengalengan, selain jalan-jalan menyusuri perkebunan teh suasana romantis juga bisa traveler dapatkan dengan mengunjungi Situ Cileunca. Danau dengan air yang tenang dan jernih serta udara sejuk khas pegunungan membuat suasana di sekeliling situ ini terasa makin syahdu.

Wisata Bandung Situ Cileunca
Situ Cileunca via Instagram @mochamadsiddiq

Apalagi selain menikmati keindahan alam traveler yang berkunjung juga diberi pilihan aneka kegiatan seru seperti kemping, arung jeram dan juga trekking. Kawasan wisata romantis ini bisa traveler tempuh menggunakan kendaraan umum dengan jurusan Bandung-Pengalengan yang ditempuh selama kurang lebih 2 jam. Sementara tiket masuk kawasan Situ Cileunca hanya sebesar Rp.2.500 saja.

5. Uniknya Stone Garden Wajib Kamu Buktikan Dengan Datang Sendiri ke Lokasi

Ini nih salah satu destinasi anti mainstream di Bandung yang wajib traveler kunjungi, Stone Garden. Wisata ini jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Taman Batu, meski Bandung dikenal sebagai Kota Kembang tapi destinasi berupa taman penuh bebatuan ini tidak kalah ngehits dengan teman bunganya.

Wisata Bandung Stone Garden
Stone Garden via Instagram @fionajulietta?

Alasan mendasar dari Stone Garden ini begitu terkenal tidak lain karena lokasinya yang berada di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya di mana kawasan tersebut ditemukan sebuah situs purbakala yang diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba atau nenek moyang orang Sunda. Buktikan sendiri dengan datang ke lokasi untuk mencari lebih banyak keunikan dari tempat satu ini.

6. Tebing Masigit Padalarang, Hanya Untuk Traveler Yang Suka Tantangan

Traveler yang suka dengan tantangan dan aksi ekstrem penguji nyali wajib datang ke kawasan Padalarang di Kabupaten Bandung Barat. Daerah ini dikenal mempunyai tebing karst yang tersebar di berbagai titik lalu menjadi spot panjat tebing dan berbagai olahraga ekstrem.

Tebing Masigit
Tebing Masigit via Instagram @dahliaawd

Salah satu yang paling menantang untuk dicoba adalah naik seru-seruan di antara Tebing Masigit. Tebing ini sering digunakan untuk kegiatan hammocking atau santai di tebing dengan posisi yang tinggi dari permukaan  menggunakan peralatan khusus. Untuk mencicipi kegiatan ini setiap traveler tentu harus membayar dengan biaya yang tidak murah.

7. Berburu Kuliner a la Pasar Apung Thailand via Floating Market

Destinasi berikut ini juga tergolong unik di jajaran  wisata Bandung. Tentu saja langsung merangsek di hati para wisatawan. Adalah Floating Market, sebuah pasar pusat kuliner yang mengusung konsep seperti pasar apung. Tempat ini bisa traveler temukan di daerah Lembang dan baru dibuka pada tahun 2012 silam.

Floating Market Bandung
Floating Market Bandung via Instagram @sitifairuz.kamarudin

Jika di pasar apung traveler bisa berbelanja sayuran dan aneka bahan mentah, di Floating Market Bandung ini yang dijual adalah aneka jenis kuliner matang mulai dari jajanan pengganjal lapar hingga makanan berat yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp.5-35 ribu. Tiket masuk ke tempat wisata Floating Market adalah sebesar Rp. 10 ribu yang bisa traveler tukar dengan aneka jenis minuman segar.

8. Tebing Keraton, Tempat Wisata Terngehits di Bandung

Kalau tiba di bandung tujuan pertama yang harus traveler sambangi adalah Tebing Keraton. Obyek wisata ini terbilang booming di kalangan wisatawan. Pasalnya, dari puncak tebing ini pengunjung bisa melihat hamparan pepohonan hijau yang indah dan jauh dari kata bising perkotaan.

Tebing Keraton dalam bahasa Sunda dilafalkan sebagai Tebing Karaton yang mempunyai arti Kemegahan Alam. Untuk sampai di puncak tebing ini memang butuh kerja keras dengan kondisi jalan yang menantang, tapi suguhan alam di puncak akan ‘membayar tunai’ segala letih yang pengunjung dapatkan. Tiket masuk kawasan wisata Tebing Keraton di daerah Dago ini sebesar Rp. 11 ribu.

9. Farmhouse Susu Lembang, Destinasi Baru Serasa di Luar Negeri

Destinasi wisata di nomor empat ini baru dibuka pada akhir tahun 2015 silam dan langsung mencuri perhatian banyak wisatawan. Namanya adalah Farmhouse Susu Lembang. Sebab, berada di tempat wisata ini traveler sudah berasa seperti di Eropa. Penyebabnya adalah konsep tempat wisata yang mengadopsi suasana peternakan kota-kota di Eropa pada abad pertengahan.

Wisata Bandung Farmhouse Lembang
Farmhouse Lembang via [email protected]flo_chan88

Temukan Farmhouse Susu Lembang di alamat Jalan Raya Lembang No. 108, Lembang, Bandung. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu, pengunjung bisa menjelajahi berbagai zona di dalamnya, ada Rumah Hobbit hingga Pettin Zoo, alias kebun binatang mini. Tiket masuknya pun bisa ditukar dengan satu tusuk sosis atau satu cup susu. Pokoknya keren dah!

10. Nikmati Wisata Bandung ala Koboi di The Ranch

Tempat wisata Bandung bertema paling keren di Bandung bernama The Ranch ini tidak boleh tidak untuk dikunjungi. Di sini pengunjung akan mendapatkan berbagai kesenangan dan pengalaman yang berbeda dari kunjungan ke destinasi wisata lainnya. Sebab di tempat ini traveler akan ditawari sensasi menjadi koboi lengkap dengan menunggang kuda.

wisata bandung The Ranch Bandung
The Ranch Bandung via  Instagram @lailynurlaily2

Traveler bisa menemukan obyek wisata The Ranch ini di Jalan Maribaya, kawasan Lembang, Bandung. Tiket masuk ke kawasan wisata ini sebesar Rp. 5 ribu dimana tiket tersebut masih bisa ditukar dengan aneka minuman menyegarkan. Apa saja yang bisa dilakukan di sana? Permainan seperti menunggang kuda, delman, triker, panahan adalah beberapa pilihan yang bisa dicoba.

11. Mau Refresh Otak? Datang ke Dusun Bambu

Baru dibuka tahun 2014, Dusun Bambu yang terletak di Jalan Kertawangi ,Cisarua, Bandung Barat layak kamu sambangi jika rindu dengan suasana tenang dan damai. Tempat ini pas untuk dijadikan destinasi merefresh pikiran dan menjauh sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Wisata Bandung Dusun Bambu
Dusun Bambu via Instagram @whitemore__

Di dalam Dusun Bambu terdapat restoran, villa, danau, pasar khatulistiwa dan masih banyak zona lainnya. Tiket masuknya pun cukup terjangkau hanya Rp. 15 ribu per orang yang bisa ditukar dengan minuman. Tempat favorit pengunjung di Dusun Bambu adalah saung di pinggir danau yang tidak lain adalah restoran dengan pemandangan yang keren.

12. Sungai Citarum, Spot Pacu Andrenalin di Bandung

Ke Bandung jalan-jalan di kawasan Asia-Afrika dan keliling kota sambil belanja, itu adalah mindset kuno dari wisatawan zaman dahulu. Ada cara lain yang lebih seru menikmati daerah yang terkenal dengan kawasan pegunungan sejuk dan dingin ini. Salah satu yang wajib traveler cicipi adalah bermain arung jeram di Sungai Citarum.

Citarum Rafting
Citarum Rafting via Instagram @jendriku

Titik start arung jeram Sungai Citarum berada di desa Cisameng, Kota Bandung. Desa ini hanya berjarak 2 jam perjalanan saja dari pusat kota. Di sana ada banyak operator arung jeram yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget. Setelah itu langsung saja menakhlukkan liarnya jeram sungai Citarum yang bakal menaikkan adrenalin ke titik tertinggi.

13. Trans Studio Bandung, Pilihan Tepat Untuk Wisata Modern di Bandung

Biar kekinian kalau ke Bandung jangan lupa singgah ke Trans Studio Bandung. Meski harga tiketnya relatif mahal sekitar Rp. 150 di hari biasa dan Rp. 250 ribu pada akhir pekan dan libur nasional namun kamu tidak akan menyesal telah berkunjung ke sana. Sebab ini adalah salah satu taman rekreasi di dalam ruangan terbesar yang ada di Indonesia bahkan dunia dimana di dalamnya terdapat sekumpulan wahana seru yang bisa dijajal.

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung via Instagram @ transstudio.bandung

Trans Studio Bandung dibuka tahun 2011 di atas lahan seluas 1,7 hektar. Setiap wahana yang ada di desain dengan tema-tema yang berbeda sehingga pengunjung yang datang tidak akan bosan berlama-lama di dalamnya. Wahana yang tersedia ada yang biasa dan ada pula yang ekstrim. Singkat cerita tempat ini cocok untuk dikunjungi baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

14. Tambah Wawasanmu Dengan Mengunjungi Museum Geologi

Liburan di bandung tidak cukup hanya senang-senang saja, traveler pun bisa berwisata sambil belajar dengan mengunjungi Museum Geologi di Jalan Diponegoro. Tempat ini wajib dikunjungi selain bisa menambah wawasan lokasinya juga mudah dijangkau karena berada di jalur angkutan umum.

Museum Geologi
Museum Geologi via Instagram @yosua.pasaribu

Museum ini dibagi ke dalam beberapa ruang dengan koleksi yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, di dalam museum ini pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan seputar tempat-tempat tambang besar di Papua, miniatur pengeboran minyak, informasi bencana dan penanggulangannya hingga tengkorak manusia purba dan replika dinosaurus. Tiket masuknya sangat terjangkau hanya Rp. 2 ribu untuk pelajar, Rp. 3 ribu untuk wisatawan domestik non pelajar dan Rp. 10 ribu wisatawan asing.

15. Curug Malela, Niagara Mini di Kota Kembang

Kamu tidak akan menyangka jika di desa Cicadas, kecamatan Rongga, kabupaten Bandung Barat terdapat Air Terjun Niagara. Tentu bukan Niagara sungguhan karena ini adalah Niagara mini versi Bandung yang mempunyai nama lokal Curug Malela.

Wisata Bandunh Curug malela
Curug malela via Instagram @ashadnan_ .

Curug Malela bentuknya melebar sekitar 50 meter dengan ketinggian 60 hingga 70 meter. Untuk menuju ke lokasi traveler akan dihadapkan dengan medan jalan yang cukup sulit. Namun keindahan Curug Malela cukup sepadan untuk diperjuangkan.

Baca Juga : 14 Destinasi Wisata Kabupaten Garut Yang Paling Yahud

Itulah ke-15 tempat wisata Bandung yang bisa kalian kunjungi. Tapi sebenarnya masih banyak tempat wisata di Bandung yang menarik lainnya. Mulai dari wisata kota hingga menjalajahi alam-alam penuh keindahan. Punya cerita-cerita seru di beberapa tempat wisata Bandung? Coba ceritakan di kolom komentar ya teman-teman.

Tags
Bandung Jawa Barat wisata bandung
Share