4 Negara Ramah Wisatawan Disabilitas, Indonesia Kapan?

Pada tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Bertujuan untuk memberikan dukungan dalam segala aspek, salah satunya yaitu fasilitas bagi mereka agar bisa menunjang kegiatan sehari-hari, seperti berliburan. Nah, 4 Negara ini ramah wisatawan disabilitas. Yuk, simak perjalanan berikut ini.

1. Singapura

Ilustrasi penyandang disabilitas via Shutterstock

Singapura negara tetangga yang sering dikunjungi warga Indonesia ini mempunyai infrastruktur yang mendukung sehingga sangat ramah dengan kursi roda. Bahkan pada kendaraan umumnya seperti taxi, MRT dan busnya juga aman dinaiki para penyandang disabilitas. 

Jadi jika para wisatawan mengalami hambatan seperti pendengaran, penglihatan dan pengguna kursi roda tidak perlu khawatir karena telah disediakan fasilitas yang mumpuni. Tempat wisata telah menyediakan penyandang disabilitas ada Garden by the Bay, Singapore Zoo, dan Sentosa cave.

2. Australia

Sydney Opera House via Shutterstock

Jika Teman Traveler penyandang disabilitas ingin berlibur ke Australia, coba kunjungi Sydney karena kota ini telah menyediakan fasilitas yang lengkap. Pada objek wisatanya pun juga sudah terjamin keamanan dan keramahannya. Seperti Sydney Opera House memiliki tur khusus untuk para orang berkebutuhan khusus. 

Kota Melbourne juga bisa menjadi destinasi selanjutnya, kota ini menyediakan e-book gratis ‘Accessible Melbourne’ berisi petunjuk dan rekomendasi restoran, taman dan objek wisata bagi orang dengan keterbatasan fisik.

3. Amerika Serikat

Ilustrasi orang disabilitas di Pantai via Shutterstock

Teman Traveler pengguna kursi roda atau ada sanak sodaranya yang memakai, akan tenang saat berada di New York karena menjadi destinasi pertama yang mudah diakses bagi pengguna kursi roda. Ke tempat-tempat populer pun sudah tidak ada hambatan seperti di Central Park, The Metropolitan Museum of Art, dan Empire State Building.

Ada juga di Kota San Diego objek wisata ramah bagi yang berkebatasan fisik yaitu di Balboa Park. Bahkan pantainya juga bisa dikunjungi dan ramah bagi pengguna kursi roda, datang saja ke Pantai Mission Beach.

4. Jerman

Elevator di Berlin yang Ramah Disabilitas via Shutterstock

Berlin adalah negara pada tahun 2013 memenangkan penghargaan sebagai kota yang ramah disabilitas. Segala fasilitas umum sudah dirancang khusus demi kemudahan para difabel. Seperti elevator bawah tanah di stasiun Bundestag ini.

Selain itu ada program untuk turis penyandang disabilitas yaitu ‘Barrier-free Travel’ sebagai panduan untuk berwisata di Jerman. Ada 12 kawasan dilengkapi fasilitas dan layanan yang sangat ramah difabel. Seperti, Frankfrut, Bavaria, Brandenburg, Saxony, Lower Saxony, Thuringia sampai Düsseldorf.

Demikian perjalanan 4 Negara ramah wisatawan disabilitas. Semoga Indonesia bisa mengikuti negara-negara tersebut untuk memberikan fasilitas umum dan objek wisata yang ramah bagi orang difabel ya. 

Tags
Luar negeri Negara ramah Penyandang Disabilitas Wisata
Share