Nasi Krawu Mbuk Su yang Legendaris di Surabaya, Resep Turun Temurun tetap Terjaga

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Nasi Krawu Mbuk Su Nasi Krawu Mbuk Su

Nasi krawu merupakan kuliner khas Gresik yang sekarang ini sudah mulai banyak ditemui di luar kota asalnya, termasuk Surabaya. Salah satu yang legendaris dan memiliki nama kondang di Surabaya adalah Nasi Krawu Mbuk Su. Buat kamu yang tertarik mencicipi nasi krawu ini, yuk scrolling!

Nasi Krawu Mbuk Su yang Ada Sejak 1950

Nasi krawu lengkap dengan kikil, via Instagram/amazingindonesiafood
Nasi krawu lengkap dengan kikil, via Instagram/amazingindonesiafood

Nasi Krawu Hj. Sufayah atau Nasi Krawu Mbu Su telah ada sejak tahun 1950 yang lalu. Awalnya, Ibu Sufayah menjual nasi krawunya di rumah. Alamatnya berada di Jl. Hos Cokroaminoro Gang 1 No. 32, Gresik, Jawa Timur. Tidak hanya menjajakan di rumah, ada waktu beliau juga menjualnya keliling kampung.

Sudah Diteruskan oleh Generasi Selanjutnya

Kenikmatan yang tak perlu dipertanyakan, via Instagram/cecekuliner
Kenikmatan yang tak perlu dipertanyakan, via Instagram/cecekuliner

Nah, singkat cerita, Ibu Sufayah meninggal pada tahun 1999 dan usahanya diteruskan oleh putra putrinya. Salah satunya yang ada di Surabaya juga menyadur resep nasi krawu dari Ibu Sufayah. Dan berkat kerja keras dalam meneruskan usaha yang diturunkan, di Surabaya pun banyak peminatnya. Tidak kalah dengan yang ada di Gresik.

Rahasia Kenikmatan Seporsi Nasi Krawu Mbu Su

Rasa yang istimewa, via Instagram/surabayafoodies
Rasa yang istimewa, via Instagram/surabayafoodies

Rahasia kenikmatan di tempat makan Surabaya ini adalah para penerusnya menjaga mutu dan kualitas bahan-bahan yang digunakan. Sehingga, memiliki pelanggan yang bisa dibilang militan. Salah satu lauk unik dan tidak ditawarkan di tempat lainnya adalah kikilnya yang kenyal, begitu gurih saat dipadukan dengan nasi. Seporsi, biasanya akan ada nasi , suwiran daging ayam, kikil, sambal, babat, dan juga serundeng, menu komplet.

Warung Mbuk Su yang Jauh dari Kesan Mewah

Kuliner khas Gresik, via Instagram/sbykulinerinfo
Kuliner khas Gresik, via Instagram/sbykulinerinfo

Alamat Warung Mbuk Su yang ada di Surabaya ada beberapa tempat. Salah satunya berada di Jl. Raya Darmo Permai III, No. 2 depan Notaris Vonny. Bukanya mulai dari jam 07:00 hingga pukul 12:00 WIB. Harga satu porsi nasi krawu, dipatok Rp20.000 saja.

Sementara jika nasi krawu spesial dengan babat paru plus daging kikil dibanderol Rp45.000. Ada lokasi lainnya, ada di Jl. Manyar Kertoarjo, tepatnya samping Pizza Hut, Surabaya.

Buat pecinta kuliner Gresik, apakah sudah pernah coba nasi krawu di Surabaya ini? Rasanya enak dan nagih, kamu perlu coba ya.