20 Nasi Goreng Khas Nusantara, 100% Indonesia

febri rama

febri rama

On Indonesia
Nasi Goreng Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu dari sekian banyak kuliner sejuta umat di Indonesia. Hampir di setiap kota ada penjualnya. Resep kreatif hingga yang legendaris jadi andalan kedai-kedai ‘bersenjata’ wajan besar. Travelingyuk telah memilihkan beberapa hidangan khas tersebut dari berbagai daerah di Nusantara. Mungkin salah satunya berasal dari kampung halamanmu.

1. Nasi Goreng Daus Banda Aceh

Nasi goreng Daus
Warung Nasi Goreng Daus via Instagram @kulineratjeh

Cita rasa kuliner Aceh sudah jadi buah bibir dan primadona di Nusantara. Jika kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Banda Aceh, jangan lupa mencicipinya di JL. Panglima Polem, No. 87-89. Menu ini terkenal karena memiliki rasa yang tak berubah dari dulu. Bumbunya begitu mantap dan meresap rata.

2. Nasi Goreng Semalam Suntuk Medan

Nasgor Semalam Suntuk Medan
Nasi goreng Kedai Semalam Suntuk Medan via Instagram @c3n_goh

Nasi goreng ini juga populer di Medan. Kamu bisa mencoba kedai Semalam Suntuk yang letaknya berada di seberang Istana Maimun atau di Jalan Brigjen Katamso. Yang menarik dari makanan ini selain dagingnya yang banyak adalah rasa pedasnya begitu kuat. Meski begitu, tetap enak disantap. Satu porsinya bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp16.000. Murah sekali bukan?

3. Nasi Goreng Patai Padang

Nasgor Patai
Nasgor Patai via Instagram @dapurucindut

Nasi Padang dan Rumah Makan Minang sudah seperti sebuah warisan yang melegenda. jati diri dan kebanggaan masyarakat bersuku dan berbudaya. Namun di tempat asalnya, nasi goreng juga menjadi hidangan istimewa. Salah satunya adalah  Patai Bofet Mi-Mien yang mulai berjualan sejak tahun 1973. Ada banyak pilihan menu yang menggoda. Langsung saja datang ke lokasinya di Jl. Thamrin No.Kel, Alang Laweh, Padang Selatan, Kota Padang.

4. Nasgor Montok Jambi

Nasgor Montok
Nasgor Montok via Instagram @nurul_poetra

Namanya unik dan bikin penasaran. Ide ini muncul dari resep risoles. Jadi kamu akan mendapatkan hidangan resoles yang nampak gurih berukuran jumbo. Untuk menyantap yang ada di dalam resoles itu, kamu harus membelahnya. Di bagian dalam sudah ada yang di masak dengan bumbu spesial. Nasi Goreng Montok ini berada di Jalan Ir. Haji Juanda, Simpang III Sipin, Baru, Kota Jambi.

5. Nasgor Merah Palembang

Nasi Goreng Merah di Palembang
Nasi Goreng khas di Palembang via Instagram @xorute

Jika berbicara tentang Palembang, jadi ingat pempek. Bumi Sriwijaya ini sudah seperti surganya kuliner enak dengan rasa khas. Tak hanya pempek, kamu juga bisa mencoba hidangan ini. Datang saja ke Rumah Makan Cipta Rasa. Tempatnya nyaman dengan kelezatan terjamin. hidangan yang ditawarkan memiliki tekstur lembut, pokoknya lemak nian.

6. Satelit Bandar Lampung

Ilustrasi Nasi Goreng
Ilustrasi Nasi Goreng via Tribun Batam

Ujung timur Pulau Sumatera punya sejuta pesona. Kamu bisa menyebutnya Lampung. Di sini ada menu nasi goreng yang terkenal. Meski letaknya berada di pinggiran jalan, tapi rasanya tetap juara. Kamu bisa menyantapnya sambil menikmati indahnya malam di Lampung. Namanya adalah Nasi Goreng Satelit. Lokasi tepatnya berada di Jl. Wijaya Kusuma, Tj. Raya, Tj. Karang Tim., Kota Bandar Lampung. Buka dari sore hingga malam hari.

7. Mas Yono Bandung

Nasgor Mas Yono Bandung
Nasi Goreng Mas Yono Bandung via Instagram @hayurangjajan

Nasi goreng di Bandung adalah hal yang lumrah. Penjualnya banyak dan hampir semua enak-enak. Tapi jika ingin sajian yang beda dan nggak gitu-gitu saja, sebaiknya datang ke warung Mas Yono di Jalan Sindang Sirna 1 Bandung. Juga ada varian sereh, oriental,  bumbu bali, kunyit, lada hitam, mawut, dan masih banyak lainnya.

8. Guan Tjo Bogor

Nasgor Pete
Nasi Goreng Pete via Instagram @visitbogor

Nasi goreng ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Melewati perjalanan panjang dan tetap setia menyajikan hidangan enak bagi masyarakat Kota Bogor. Santapan dengan tambahan pete tentu menjadi andalan.  Kamu juga bisa memesan menu lain di Guan Tjo, seperti sate dengan bumbu yang enak. Lokasinya berada di Jl. Surya Kencana No.193, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Nasgor Kebon Sirih Jakarta

Nasgor Kambing Kebon Sirih
Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih via Instagram @fanyafandhiera

Yang unik dari nasi goreng ini adalah cara memasaknya yang begitu bersemangat dan menggunakan wajan besar. Lokasinya ada di Menteng dan terkenal memiliki rasa yang lezat. Meski dimasak dalam jumlah banyak, tapi rasa daging empuk dan tidak berbau kambing yang menyengat. Semakin nikmat lagi jika disantap dengan emping.

10. Nasgor Kebuli Apjay Jakarta

Nasgor Kebuli Apjay
Nasi Goreng Kebuli Apjay via @thefoodshunter

Kedai kaki lima Apjay adalah salah satu tempat kulineran di Jakarta yang sudah terkenal. Menu nasi goreng kebuli jadi primadona dan buruan para pecinta kuliner Jakarta. Yang membuat para pengunjung suka adalah rasa yang ditawarkan. Tak heran karena bumbu yang digunakan banyak dan bahan-bahan juga berkualitas. Kamu juga bisa tambah lauk seperti ayam dan daging kambing. Selain itu ada juga bihun dan mie goreng. Lokasi kedai Apjay berada di alan Panglima Polim IX, Melawai, Jakarta.

11. Nasgor Gila Gondrong Jakarta

Nasgor Gila Gondrong
Nasi Goreng Gila Gondrong via Instagram @venijulianti

Masih di Jakarta, kali ini ada yang namanya Gila Gondrong. Lokasinya berada di kawasan Taman Menteng. Hampir setiap hari pengunjung yang datang ke kedai kaki lima ini membentuk antrian. Kamu harus bersabar untuk bisa menyantapnya. Memang hidangan di kedai Gila Gondrong cukup populer di Jakarta karena memiliki rasa yang nikmat dengan potongan daging hingga sosis.

12. Pak Karmin Mberok Semarang

Nasgor Babat Semarang
Nasi Goreng Babat Semarang via Instagram @ng.fitriyadi

Sudah puluhan tahun lamanya warung nasi goreng babat legendaris di Semarang ini  berdiri. Hingga sekarang sajian yang dibuat oleh Sukarmin telah membius lidah banyak orang dengan rasa yang nikmat. Potongan babat yang menjadi pelengkap  memiliki tekstur begitu lembut. Lokasi warungnya berada di dekat Kantor Pos Besar Semarang.

13. 212 Jogja

Nasgor 212 Jogja
Nasi Goreng 212 Jogja via Instagram @tastefuljogja

Jogja tak hanya populer karena gudeg, kota ini juga banyak memiliki sentra kuliner enak. Tak terkecuali nasi goreng. Di pinggir jalan hingga restoran berbintang, menu ini bisa jadi andalan. rasanya tentu beda dengan sajian di tempat-tempat lain. Coba saja nikmati hidangan di kedai 212 dengan berbagai macam topping pilihan. Lokasinya sendiri berada di Jalan Selokan Mataram No. 130, Jogja.

14. Padmanaba Jogja

Nasgor Padmanaba
Nasi Goreng Padmanaba via Instagram @masclink_kulineran

Nama Padmanaba sebenarnya adalah julukan untuk SMAN 3 Yogyakarta, sekolah yang di dekatnya ada penjual nasi goreng yang enak sekali. Beda dengan penjual lain yang kebanyakan menggunakan ayam atau kambing, warung ini justru memakai daging sapi. Saat disantap begitu lembut dan gurih menyatu dengan nasi-nasi berbumbu. Soal ukuran, kamu bisa meminta yang porsi biasa atau jumbo sesuai selera.

15. Cak Tommy Surabaya

Nasgor Cak Tommy Surabaya
Nasi Goreng Cak Tommy Surabaya via Instagram @horizonhoman

Dengan harga belasan ribu rupiah, kamu sudah bisa menyantap nasi goreng ini dengan krengsengan nikmat di Surabaya. Pilihannya banyak, salah satu yang terkenal adalah warung Cak Tommy di Jln Taman Apsari. Kamu bisa juga memesan bakmi, krengsengan saja, atau kombinasi dengan menu lain.

16. Jagad 25

Nasgor Jagad 25
Nasi Goreng Jagad 25 via Instagram @horizonhoman

tempat nasi goreng di Surabaya ini juga tak kalah menggiurkan. Kamu bisa menemukan penjualnya di Jalan Raya Dharmahusada Indah 27. Lebih tepatnya di Halaman Cordova Islamic School. Satu porsi menu di Jagad 25 cukup mengenyangkan perutmu karena jumlahnya berlimpah. Satu porsinya dihargai sekitar Rp16.000.

17. Nasgor Resek Malang

Nasgor Resek
Nasgor Resek via Instagram @rhezaabubakar

Sebenarnya resek berarti sampah, tapi jangan dulu berpikir yang tidak-tidak. Hidangan khas dan legendaris ini memiliki tampilan yang acak-acakan. Tapi jangan ragukan kalau soal rasa, cara memasak yang masih tradisional dianggap sebagai rahasia yang menyebabkan hidangan andalan di Malang ini sangat enak. Lokasinya berada di alan Brigjen Katamso Nomor 4, Kota Malang.

18. Nasgor Abu Pontianak

Nasgor Abu Pontianak
Nasgor Pontianak via Instagram @blackeatin

Nasi goreng Abu memiliki banyak cabang di Kota Pontianak. Ini membuktikan jika rasanya memang enak dan bikin puas. Kamu bisa mencoba menu-menu yang ditawarkan dengan datang ke kedainya di Jalan Sungai Raya Dalam, Jalan Imam Bonjol, Jalan Adi Sucipto, hingga Jalan H Rais A Rahman Pontianak. Ada sensasi seperti mengunyah abu saat menyantap hidangan ini, begitu unik bukan?

19.  Radja Nasgor Samarinda

Nasgor Radja Samarinda
Radja Samarinda via Instagram @kulinersamarinda

Di sini tersedia nasi goreng dengan cumi yang dimasak dengan bumbu kecap. Potongan cumi yang dimasak memiliki tekstur yang mudah dikunyah. Tak perlu risau akan kemanisan karena rasanya sudah pas. Selain bumbunya yang mantap, pelengkapnya juga berlimpah. Termasuk suiran ayam yang begitu lembut dan gurih. Lokasinya berada di Jalan Wahid Hasyim, di samping Aba Komputer.

20. Bu Ramlan Balikpapan

Nasgor Bu Ramlan Samarinda
Nasgor di Warung Bu Ramlan Samarinda via Instagram @dapurbalikpapan

Jika kamu mencari nasi goreng malam di Kota Balikpapan, menu di Bu Ramlan bisa jadi pilihan. Meski sudah tengah malam, warung yang berada di Jl. MT. Haryono No. 34 ini tetap ramai pengunjung. Porsi yang dijual banyak dan enak, bahkan sampai menutupi permukaan piring. Harganya pun murah, untuk satu porsi di jual sekitar Rp15.000.

Nasgor Akbar Semarang

Nasi goreng merupakan salah satu kuliner yang pembuatannya cukup mudah dan rasanya nikmat. Karena hal itulah, banyak orang tergila-gila dengan santapan enak ini. Ditambah lagi dengan dengan ragamnya yang begitu banyak di Tanah Air, semakin menunjukkan kepopulerannya. Di Semarang ada yang diberi tambahan babat yang bikin nafsu makan meningkat. Salah satu penjual legendaris yang menjajakannya adalah Kedai Akbar.

Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1968

Nasi Goreng Babat Akbar, via Instagram/yenissara
Nasgor Babat Akbar, via Instagram/yenissara

Di Semarang memang banyak tempat yang menjajakan menu dengan babat sebagai sajian utamanya. Dan nama-nama kondang seperti halnya Pak Karmin memang mendominasi. Meskipun begitu bukan berarti tempat lainnya tidak enak. Begitu juga dengan tempat makan yang sudah berjualan sejak tahun 1968. Jika dihitung-hitung sampai sekarang ini, lamanya kurang lebih 50 tahun. Dengan pengalamanya yang sudah setengah abad, pantas saja banyak penikmatnya meskipun menempati lokasi sederhana.

Rahasia Kelezatan Tiada Tara

Bias ambil acara sepuasnya, via Instagram/yenissara
Bias ambil acara sepuasnya, via Instagram/yenissara

Untuk mempertahankan citarasa yang otentik, menu di sini diolah dengan menggunakan kayu bakar. Dan cara pemasakannya pun berbeda, ada tambahan air bawang yang menimbulkan citarasa makin nikmat saja. Bumbu yang diberikan juga melimpah, jadi tidak mengherankan jika citarasanya begitu nikmat.

babat gongso, via Instagram/bikin_wareg
Menu yang enak, via Instagram/bikin_wareg

Ditambah lagi penyajiannya yang begitu unik, dilapisi oleh daun pisang. Piring dari sebagai penyajinya dilapisi oleh daun pisang sehingga rasanya pun menjadi makin nikmat saja. Satu hal lagi, para pengunjung bebas mengambil acar. Jadi, buat kamu para pecinta acar, tempat ini merupakan surga sederhana di depan mata. Selain itu ada gongso pedas manis yang begitu mantap untuk disantap.

Ludes dalam Waktu 3 Jam Saja

Sederhana namun nikmatnya luar biasa, via Instagram/d3bby_setiawan
Sederhana namun nikmatnya luar biasa, via Instagram/d3bby_setiawan

Karena rasanya yang pas, tekstur babatnya empuk, membuat menu di sini begitu digemari banyak orang. Karena itulah, kamu akan melihat antrian yang panjang dan mengular saat membeli di sini. Tempatnya hampir tidak pernah sepi, ramai terus. Karena hal inilah, tidak salah jika baru 3 jam saja buka sudah ludes diburu pembeli.

Alamat Tempat Makan Enak Ini

Jangan lupa mencoba, via Instagram/queenollay2310
Jangan lupa mencoba, via Instagram/queenollay2310

Tertarik untuk menikmati makanan ini? Langsung meluncur saja ke Jl. Anjasmoro Tengah 1 No. 16, Karangayu, Semarang Barat, Jawa Tengah. Jam bukanya mulai 17:30 sampai habis. Jika kamu tidak mau pulang dengan tangan hampa, bisa menghubungi atau mencari informasi di 0857-8654-8080. Sementara itu untuk harganya, satu porsi Rp25.000 saja.

Semarang memang selama ini terkenal memiliki banyak kuliner enak, tak salah banyak orang berkunjung ke sana. Jika jalan-jalan ke Kota Lumpia, jangan lupa untuk memasukkan tempat makan satu ini. Kemudian jangan lewatkan juga kuliner-kuliner di lainnya yang terkenal karena kelezatannya. Sebut saja lumpia yang menjadi identitas kota di pesisir utara Jawa ini. Ada banyak penjualnya, salah satu yang terkenal adalah di Gang Lombok.

Menu yang bisa hadir dengan berbagai resep ini juga populer di beberapa negara. Banyak turis asing yang datang ke Indonesia, rela mencari hidangan yang nikmat. Bahkan tidak masalah jika harus mendapatkannya di gang-gang kecil. Di negara-negara Eropa juga ada yang menjualnya. Baik olahan asli Nusantara, maupun dengan sentuhan cita rasa daerah setempat. Pelengkapnya pun juga beragam dengan aneka rasa menggiurkan. Sebenarnya masakan ini bukan asli Indonesia, tapi berasal dari Negeri Tirai Bambu. Di Negara asalnya pun sangat digemari. Sama seperti negara Asia lainnya. Termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, vietnam, Brunei.

Itulah beberapa nasi goreng dari berbagai daerah di Indonesia yang nikmatnya tiada tara. Kamu punya langganan sendiri yang rasanya tidak kalah menggoda? Coba berikan rekomendasi pada pemburu kuliner lain di kolom komentar ya!