Aturan Menyelam di Manta Sandy Raja Ampat, Catat Baik-baik Traveler

Raja Ampat sudah lama dikenal dengan pemandangan bawah lautnya yang memanjakan mata. Kawasan istimewa di ujung Indonesia tersebut menawarkan beragam panorama indah untuk para penggemar wisata bahari. Bahkan ada titik khusus untuk berenang bersama ikan pari, namun tahukah sobat traveler bahwa ada beberapa aturan menyelam di Manta Sandy Raja Ampat?

Manta Sandy merupakan salah satu zona menyelam terkenal di Raja Ampat. Perairannya menawarkan pesona magis dan kesempatan menari bersama ikan pari cantik. Namun sebelum berkunjung ke sana, sobat traveler harus tahu bahwa ada beberapa aturan menyelam di Manta Sandy Raja Ampat. Penasaran? berikut beberapa penjelasannya.

1. Jangan gunakan sumber cahaya tambahan

Ikan pari di Raja Ampat
Ikan pari di Raja Ampat via Instagram daroyen.village

Manta Ray atau pari manta ternyata termasuk hewan yang pemalu. Jika ada terlalu banyak gangguan, ikan eksotis tersebut akan merasa terganggu, bahkan marah. Oleh karena itu sobat traveler harus menjaga sikap, andai ingin berinteraksi langsung bersama mereka.

Pelancong biasanya antusias untuk mengabadikan momen kebersamaan mereka dengan manta ray. Namun patut diingat untuk tidak menggunakan kamera ber-flash atau sumber cahaya eksternal lainnya. Hal tersebut dikhawatirkan bisa membuat pari manta terganggu.

2. Kapasitas terbatas

Pengunjung Manta Sandy dibatasi
Pengunjung Manta Sandy dibatasi via Instagram bvpmcwilliams

Meski termasuk destinasi populer, manta sandy bukan titik penyelaman yang bisa dikunjungi sembarangan. Menurut informasi dari sejumlah sumber, kuota pengunjung setiap harinya dibatasi maksimal 20 orang. Bagi sobat traveler yang ingin merasakan sensasi menari bersama pari, sebaiknya mencari informasi terlebih dulu apakah kuota hari itu sudah penuh atau belum.

3. Bersikap tenang

Pengunjung harus bersikap tenang
Pengunjung harus bersikap tenang via Instagram h4mid_tari19

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pari manta termasuk hewan pemalu. Mereka biasanya justru lebih atraktif jika manusia di sekitarnya bersikap tenang. Oleh karena itu sobat traveler sebaiknya tidak terlalu tegang ketika berjumpa langsung manta ray.

Justru ketika penyelam tidak melakukan gerakan berlebihan, pari manta akan bergerak lebih indah. Tarian gemulainya akan terlihat mempesona di bawah lautan. Pemandangan yang tersaji bakal terasa magis dan luar biasa indah.

4. Jangan disentuh

Jangan sampai menyentuh ikan pari
Jangan sampai menyentuh ikan pari via Instagram heriirfani

Satu aturan penting lain yang tak boleh dilupakan ketika bertemu manta ray adalah jangan sampai menyentuhnya. Ada sejumlah orang yang memang penasaran dan ingin tahu seperti apa rasanya berinteraksi langsung dengan ikan pari. Namun hal ini justru berakibat buruk.

Pari manta bakal merasa terancam dan kurang nyaman karena disentuh manusia. Bukan tak mungkin si hewan cantik ini akan memilih meninggalkan titik tersebut dan tak muncul lagi.

5. Posisikan diri

Wisatawan berfoto bersama ikan pari
Wisatawan berfoto bersama ikan pari via Instagram ronnyvalstad

Manta ray ternyata punya jalur khusus dalam menyantap plankton, mikroorganisme yang jadi makanan utama sebagian besar hewan laut. Nah, jika sobat traveler berkesempatan bertatapan langsung dengan ikan pari sebaiknya ambil posisi tepat. Jangan sampai menutupi jalur plankton hingga menganggu aktivitas si Ikan.

Itulah sejumlah aturan menyelam di Manta Sandy Raja Ampat yang perlu sobat traveler ketahui. Jika ada di antara kalian berkesempatan datang ke Papua dalam waktu dekat, jangan lupa perhatikan sederet petunjuk tersebut.

Tags
Papua Wisata
Share