Ragam Nasi Berbumbu Khas Indonesia, Enak dan Kaya Rasa

Nasi selama ini menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Maka dari itulah tidak heran lagi jika banyak ragam nasi khas daerah yang memiliki ciri khas dan kenikmatan masing-masing. Ada yang disajikan secara putihan lalu dipadu dengan lauk-pauk, ada pula yang sudah diberi bumbu di dalamnya. Penambahan bumbu pada nasi ini akan memperkaya citarasa. Nah, berikut ini ada nasi berbumbu khas Indonesia yang mungkin pernah kamu cicipi sebelumnya.

Nasi Uduk, Betawi

Nasi uduk dan semur jengkol, Via Instagram/lensa.yuli
Nasi uduk dan semur jengkol, Via Instagram/lensa.yuli

Siapa yang tidak kenal dengan nasi uduk? Kuliner sejuta umat yang seringkali jadi santapan saat pagi hari. Nasi uduk ini merupakan nasi yang diolah dengan bergama rempah, misalnya saja santan, lengkuas, daun salam, sampai dengan serai. Kemudian disajikan dengan beragam lauk, ada mie goreng, tahu semur, semur jengkol dan lain-lain.

Nasi Ulam, Betawi

Nasi ulam, Via Instagram/thesignaturepatisserie
Nasi ulam, Via Instagram/thesignaturepatisserie

Nasi berbumbu khas Indonesia lainnya adalah nasi ulam yang dasarnya adalah kuliner khas Melayu. Nasinya biasa diberi bumbu dan juga rempah. Tapi bumbu yang tak boleh ketinggalan adalah daun pegagan atau bisa juga diganti dengan daun kemangi, dan juga sayuran. Lalu dipadukan dengan lauk pauk seperti halnya kacang tanah goreng, perkedel, telur dadar, tahu dan tempe goreng dan tak ketinggalan adalah kerupuk.

Nasi Kuning, Jawa

Nasi kuning, Via Instagram/intanpurnamasari81
Nasi kuning, Via Instagram/intanpurnamasari81

Dari warnanya kita sudah tahu betul jika olahan nasi satu ini memanfaatkan rempah-rempah ya. Nasi kuning memanfaatkan kunyit sebagai pewarna alami. Tak hanya kunyit saja, untuk membuat kuliner ini biasanya beras dimasak bersama dengan, santan, dan juga beberapa rempah lain. Nah setelah matang kemudian dipadukan dengan lauk pauk lainnya. Ada krecek tempe, irisan telur dadar, timun, sambal dan lain-lain.

Nasi Gurih, Aceh

Nasi gurih, Via Instagram/dapuricut_catering
Nasi gurih, Via Instagram/dapuricut_catering

Nasi gurih merupakan kuliner khas Aceh yang sesuai namanya, memiliki rasa gurih yang bikin nagih. Cara pengolahannya adalah beras dicampur dengan santan kelapa, garam, serai, dan juga daun pandan. Tak hanya gurih saja, penambahan daun pandan memberikan aroma yang sangat memikat. Biasanya nasi gurih ini disajikan bersama dengan ikan balado, udang, dendeng, perkedel, sambal, dan tak lupa kerupuk.

Nasi Langgi, Solo

Nasi langgi, Via Instagram/gunculinary
Nasi langgi, Via Instagram/gunculinary

Di Solo, Jawa Tengah juga terdapat nasi bercitarasa gurih yang patut untuk dicicipi. Nasi langgi ini merupakan nasi yang diolah dengan rempah, santan dan juga asam jawa. Setelah masak nantinya akan ditambahkan bahan-bahan seperti halnya telur dadar, bistik, daging, serundeng, kering kentang, daging, mentimun, dan lain-lain. Kuliner khas Solo yang bisa dicicipi kenikmatannya jik mampir.

Nasi Minyak, Sumatera Selatan

Nasi minyak, Via Instagram/sharina.norhaiddin
Nasi minyak, Via Instagram/sharina.norhaiddin

Nasi minyak merupakan kuliner yang berasal dari Sumatera Selatan. Kuliner ini dimasak dengan memanfaatkan minyak samin. Bumbu lainnya adalah jintan, adas, kapulaga, daun kari, pekak, daun salam, dan juga cengkeh. Saat matang dihidangkan dengan lauk seperti halnya kari ayam, sambal nanas, dan juga malbi. Awalnya memang kuliner satu ini dihidangkan untuk Sultan Palembang, tapi sekarang sudah jadi salah satu hidangan umum.

Gimana, apakah kamu sudah pernah mencoba berbagai nasi berbumbu khas Indonesia yang telah disebutkan di atas?

Tags
kuliner Indonesia nasi berbumbu khas Indonesia
Share