Jajanan dan Kuliner Khas di Solo Rekomendasi Solofoodgram yang Wajib Dicicipi

Dengan kemajuan teknologi saat ini, maka perburuan tempat wisata termasuk juga lokasi kuliner  menjadi semakin mudah. Cukup membuka aplikasi smartphone yang bernama Instagram, kamu sudah bisa cuci mata dengan segala keindahan makanan yang menggiurkan. Hanya melihat foto-fotonya saja, kamu pasti akan langsung merasa lapar dan ingin buru-buru menyantapnya. Entah itu makanan modern yang diadaptasi dari negara lain atau jajanan khas negeri kita sendiri. Misalnya saja Solo, salah satu kota di Jawa Tengah itu  dikenal sebagai daerah yang kaya akan budaya dan tentu saja menawan dengan kulinerannya. Kamu bisa mencicipi berbagai menu khas Jawa di Solo sembari datang ke berbagai tempat yang menarik seperti Keraton Kasunanan hingga pusat perbelanjaan di Solo.

Datanglah ke pasar, di sana kamu akan mendapati penjual masakan tradisional baik yang berat, minuman, hingga jajanan. Semuanya mantap-mantap menghadirkan cita rasa yang begitu memanjakan lidah. Kamu bakalan dibikin puas  karena kuliner Solo itu selalu ngangenin. Kamu yang sudah membuktikan sendiri pasti setuju dengan pernyataan seperti itu. Jika dalam waktu dekat kamu punya rencana untuk pergi ke Kota Batik tersebut, sempatkan untuk memburu beberapa kuliner yang direkomendasikan oleh Solofoodgram. Akun tersebut begitu gamblang menjelaskan seputar kuliner enak di Solo. Langsung saja, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Gembukan
Gembukan [via instagram @solofoodgram]
Gembukan [via instagram @solofoodgram]

Apasih gembukan itu? Bagi kamu yang belum tahu segera datang ke Pasar Gedhe Solo, di sana ada penjual  jajanan khas yang pas banget disantap saat pagi hari sebagai sarapan yang sehat. Gembukan adalah roti yang digoreng, permukaannya biasanya ditaburi dengan wijen atau gula jadi rasanya jadi semakin gurih. Sebenarnya di tempat lain juga ada kuliner semacam ini, namun nama yang populer di Solo adalah Gembukan. Cari saja di sekitar Pasar Gedhe Harjonagoro yang letaknya terdapat di Jalan Urip Sumoharjo, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

2. Harjo Bestik
Resoles Kuah [via instagram @solofoodgram]
Resoles Kuah [via instagram @solofoodgram]

Dari namanya kamu pasti langsung ingat pada kuliner luar negeri seperti steak. Ya, bestik memang makanan yang mirip-mirip seperti itu namun memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Selain itu cita rasa Jawa juga sangat menonjol dari olahannya. Bestik yang populer di solo dan dibanjiri pembeli setiap harinya adalah Harjo Bestik di Jalan Dr Radjiman, kawasan Pasar Kembang. Di sini kamu bisa mencicipi olahan lidah sapi dan risoles kuah. Untuk menyantap satu porsi risoles kuah, kamu cukup membayar sekitar Rp. 30 ribu.

3. Es Pisang Ijo
ES Pisang Ijo [via instagram @solofoodgram]
ES Pisang Ijo [via instagram @solofoodgram]

Es Pisang Ijo adalah santapan yang menyegarkan saat siang hari dan udara sedang panas-panasnya di Solo. Minuman yang asli dari Makassar itu memang menjanjikan rasa yang mantap. Sekali kamu mencoba, maka kuahnya yang manis dengan pisang lembut berbalut olahan kulit berwarna hijau akan membuat lidahmu bergoyang. Es Pisang Ijo yang di Solo juga nggak kalah enak. Salah satu penjualnya bisa kamu temukan di depan Gedung MTA Mangkunegaran Solo yang lokasinya tepat berada di Jl. Ronggowarsito 111A Surakarta. Harga satu porsinya hanya lima ribu rupiah saja.

4. Tempe Mendoan
Tempe Mendoan [via instagram @solofoodgram]
Tempe Mendoan [via instagram @solofoodgram]

Teman nongkrong yang pas banget saat kamu punya banyak waktu senggang, tentu saja adalah kuliner dan camilan yang begitu gurih. Misalnya saja tempe mendoan. Bayangkan tempe yang dibumbui dan diiris tipis-tipis kemudian digoreng dengan tepung dan menyantapnya bareng sambal yang pedasnya nampol, mantap sekali kan? Sensasi seperti itu akan kamu dapatkan do Kedai Ibu. Selain tempe mendoan, berbagai olahan susu juga menjadi hidangan andalannya.  Informasi lebih lanjut tentang menu-menunya bisa kamu lihat di akun Instagram @kedai_ibu_by_mommilk atau datang saja ke lokasinya di Jalan Hasanudin No. 101, Solo. Satu porsi tempe mendoan cukup kamu tebus dengan harga 8 ribu rupiah.

5. Ketan Bubuk Juruh
Ketqan Bubuk Juruh [via instagram @solofoodgram]
Ketqan Bubuk Juruh [via instagram @solofoodgram]

Ketan Bubuk Juruh adalah kuliner yang berupa ketan kemudian dibubuhi dengan bubuk kacang atau kedelai. Selain itu biasanya juga ditambah dengan parutan kelapa. Ketan yang punel dikombinasikan dengan kacang dan kelapa membuat rasanya jadi begitu mantap dan lezat. Salah satu penjual kuliner tersebut yang masih eksis hingga saat ini adalah warung Gudeg Bu Cokro di Jl. Sutan Sjahrir. Ada juga menu jajanan lain seperti thiwul. Namun, jika dua makanan ini masih belum membuatmu kenyang, langsung saja menyantap gudegnya.

6. Pukis
Pukis [via instagram @solofoodgram]
Pukis [via instagram @solofoodgram]

Pukis adalah jajanan khas yang masih mudah ditemui di mana-mana, termasuk Solo. Biasanya disertakan saat ada hajatan seperti pesta pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Jika kamu datang ke Pasar Gedhe, di sana ada penjual Pukis enak yang mematok dagangannya dengan harga 5 ribu rupiah per buah. Jika kamu mencari yang lebih murah lagi ada kok. Kamu bisa menyebutnya dengan Pukis Barokah. Dengan harga yang sama, kamu akan mendapat 10 buah, namun ukurannya kecil-kecil. Lokasi Pukis Barokah ini ada di Pasar Gemblegan.

7. Pasta Buntel
Pasta Buntel [via instagram @solofoodgram]
Pasta Buntel [via instagram @solofoodgram]

Yang satu ini terbilang baru dan merupakan usaha rintisan  Gibran yaitu putra tertua Presiden Joko Widodo. Menunya unik karena berupa olahan pasta dengan bumbu khas seperti rendang dan sambal ijo. Kemudian cara memasaknya dengan dibungkus daun pisang lalu dibakar. Rasanya semakin gurih karena terdapat aroma daun pisangnya. Pasta Buntel memiliki harga yang terbilamng murah, yaitu sekitar Rp. 20 ribu saja. Sedangkan lokasinya ada di Jl. Tirtosari, Purwonegaran, Surakarta, Jawa Tengah.

Itulah beberapa jajanan dan kuliner khas di Solo yang direkomendasikan oleh akun Solofoodgram. Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi seputar makanan di Solo, kunjungi saja halaman Instagramnya yaitu @solofoodgram.

Tags
jajanan solo kuliner kuliner Solo Solo
Share