Museum Kesehatan Dr Adhyatma MPH, Perkenalkan Dunia Medis dengan Cara Menarik

Di Surabaya, Teman Traveler tidak hanya menemukan tempat sejarah yang berkaitan dengan kemerdekaan. Tapi ada juga wisata sejarah yang berhubungan dengan kesehatan. Yakni Museum Kesehatan Dr Adhyatma , MPH yang didirikan sejak tahun 1990. Ada banyak hal tentang kesehatan yang bisa kalian ketahui di sini. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa simak ulasan berikut, ya.

1. Bangunan Museum Bernuansa Belanda

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma
Bangunan bernuansa Belanda (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bangunan Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH ini menempati bekas gedung rumah sakit kulit dan kelamin bertaraf internasional yang diresmikan pada Oktober 1953. Kemudian lama kelamaan rumah sakit ini beralih fungsi sebagai tempat kumpulan koleksi barang-barang bersejarah di dunia kesehatan Indonesia, sampai akhirnya menjadi museum hingga saat ini. Jadi tidak heran kalau bangunannya masi bernuansa Belanda dengan ciri khas bangunan rumah sakit kuno. Walaupun tampak seram, bangunan museum ini sangat indah kalau dipandang.

2. Disambut Foto dan Barang Bersejarah

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma
Foto Dr. Adhyatma, MPH (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke dalam Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH ini pengunjung hanya dikenakan karcis seharga Rp1.500 per orang. Kemudian pengunjung akan dipersilahkan masuk ke gedung utama museum tepat di samping loket.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH
Foto Menteri Kesehatan dari dulu hingga sekarang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di ruangan lobby utama ada beberapa foto-foto kenangan. Di antaranya yang paling menonjol adalah pajangan foto Dr. Adhyatma, MPH sang menteri kesehatan 1988-1993. Selain itu beberapa catatan dan penghargaan yang ia raih juga dipajang di kanan kiri fotonya. Selain foto Dr. Adhyatma, MPH masih banyak sekali foto-foto Menteri Kesehatan yang terpajang. Mulai dari awal masa kemerdekaan hingga yang sekarang terakhir menjabat.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH
Benda-benda yang berhubungan dengan kesehatan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lalu, di ruangan selanjutnya ada pajangan bersejarah yang berkaitan dengan dunia kesehatan pada masa lalu. Di antaranya adalah baju-baju dinas kedokteran, lencana-lencana dan juga beberapa penghargaan yang terbingkai dalam pigura. Selain itu di tengah ruangan juga ada maket atau miniatur bangunan komplek rumah sakit Indrapura yang merupakan Rumah Sakit Kulit dan Kelamin pada masa lalu.

lrm_export_20190811_211852_YTL.jpg
Benda kuno lainnya (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di ruangan lain ada juga benda masa lampau yang cukup menarik perhatian. Seperti sepeda motor, sepeda onthel dan beberapa transportasi kuno penunjang operasional Rumah Sakit kala itu. Kemudian di sudut ruangan ada sejumlah peralatan medis, seperti timbangan, kasur bayi, dan brankas.

3. Benda Kuno Bekas Praktek yang Tertata Rapi

lrm_export_20190811_211917_81a.jpg
Benda kuno bekas praktek (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di museum ini juga masih ada beberapa benda kuno bekas praktek yang tertata rapi. Ada stetoskop, alat tensi dan box jarum suntik yang terletak di atas meja. Kemudian ranjang pasien dengan berbagai macam bentuk juga ikut melengkapinya.

4. Menjadi Sarana Belajar Para Siswa

lrm_export_20190811_211936_4eY.jpg
Salah satu ruangan di museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Museum ini ternyata juga kerap didatangi para siswa yang sedang melakukan study tour. Para murid begitu senang belajar di sini karena penjelasan tentang benda-benda yang ada sangat lengkap. Sehingga memudahkan para siswa untuk belajar lebih banyak mengenai dunia kesehatan.

lrm_export_20190811_211957_cZf.jpg
Para siswa melakukan study tour (c) Welly Handoko/Travelingyuk

5. Peralatan Pengolahan Limbah Rumah Sakit yang Ikut Diperkenalkan

lrm_export_20190811_212056_Vgr.jpg
Alat pengolahan limbah rumah sakit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak cukup dengan koleksi benda medis dari masa ke masa, Museum Kesehatan Dr. Adhyatma , MPH juga melengkapi koleksinya dengan barang-barang IPTEK yang khusus untuk menangani pengolahan limbah kesehatan. Di ruangan belakang museum ini juga diperlihatkan bagaimana limbah-limbah kesehatan dimanfaatkan kembali menjadi beberapa alat peraga kesehatan ataupun benda bernilai seni yang eksotik.

Museum satu ini cukup unik, karena memamerkan segala benda yang berhubungan dengan kesehatan. Menariknya, semua koleksinya lengkap dengan penjelasannya yang tentu membuat pengunjung langsung paham. Kalau kalian ingin berkunjung, datang saja ke Jl. Indrapura No. 17 Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Museum Kesehatan Dr. Adhyatma Surabaya Wisata
Share