Pantai Parai Tenggiri, Si Primadona Bangka yang Bikin Jatuh Hati

Kepulauan Bangka Belitung sudah lama dikenal punya banyak pantai keren, terutama menyusul popularitas film ‘Laskar Pelangi’. Salah satu yang akan saya bahas kali ini adalah Pantai Parai Tenggiri. Di destinasi yang berada di timur Sumatra Selatan ini, Teman Traveler tak hanya bisa menikmati indahnya alam, namun juga lakukan pertempuran paintball!

Diberi Nama oleh Presiden Soekarno

img_20181221_070644_1_LVS.jpg
Keindahan sekitar pantai (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Dulunya pantai ini sempat dikenal dengan nama Hakok. Sebutan Parai Tenggiri konon pertama kali diberikan oleh Ir Soekarno, sosok proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia.

Destinasi ini berada di Kampung Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Jaraknya sekitar 43 kilometer dari Pangkalpinang. Butuh waktu tempuh antara 43-60 menit jika menggunakan jalur darat.

Ketika mampir ke sini, saya memutuskan menikmati keindahan pantai sembari menikmati aneka fasilitas menarik di Parai Beach Resort & Spa. Jika tidak berstatus tamu, Teman Traveler cukup membayar tiket Rp25.000, sudah termasuk makanan ringan, untuk menikmati keindahan sekitar.

Keindahannya Bikin Jatuh Hati

dsc_1708_1_6Gv.jpg
Pagi di Parai Tenggiri (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Begitu datang, Teman Traveler bakal langsung dibuat jatuh hati dengan keindahan yang ditawarkan Parai Tenggiri. Pantai ini memiliki kontur landai, dengan hamparan pasir putih lembut. Sementara itu, lautnya nampak begitu jernih dan berwarna biru kehijauan. Di sekelilingnya terdapat deretan pohon kelapa dan batu granit, salah satu ciri khas pantai di kawasan Bangka dan Belitung.

Selain pemandangan cantik, pantai ini juga tawarkan suasana nyaman dan tenang. Inilah yang membuat banyak orang langsung jatuh hati. Hal ini tak terlepas dari keseriusan pengelola untuk membuat pantai tampak bersih dan miliki tatanan menarik. 

Pelarian dari Penat dan Rutinitas

img_20181221_070637_fO3.jpg
Bibir pantai (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Berada satu kawasan dengan hotel, Teman Traveler akan temukan banyak sarana pendukung di sini. Selain barisan kamar cottage, kalian juga akan melihat kolam renang dan restoran keren yang menghadap langsung ke arah laut.

Parai Tenggiri sendiri berada lumayan jauh dari hiruk pikuk kota. Menghabiskan waktu di sini bakal bikin Teman Traveler merasakan liburan yang sesungguhnya. Jauh dari segala penat dan rutinitas. Pas juga buat kalian yang ingin menikmati waktu berbulan madu.

img_20181221_152053_1_CEm.jpg
Deretan batu granit (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Ombak di sekitar pantai bisa dibilang cukup tenang. Pengelola juga sudah siapkan safety guide, sehingga Teman Traveler bisa aman menikmati keindahan sekitar bersama buah hati.

Dari segi lokasi, Parai Tenggiri juga terhubung ‘Rock Island’, sebuah pulau yang terdiri dari bebatuan granit besar. Teman Traveler tinggal berjalan sejauh 200 meter melewati sebuah jembatan untuk menikmati sudut keindahan unik tersebut.

Fasilitas Lengkap

img_1330_1_8Fa.jpg
Photo booth dan taman (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk
dsc_0038_q9C.JPG
Leisure Spot (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Kenyamanan dan keamanan sepertinya jadi prioritas utama pengelola pantai dan resort sekitar sini. Selain akomodasi, Teman Traveler juga akan temukan beberapa fasilitas menarik seperti pertunjukan musik akustik di restoran, leisure spot, photobooth, bar, grill, café, spa, tempat memancing, dan lokasi outbond dengan pendamping instruktur professional.

Paintball Seru

img_2544_1_PpY.jpg
Paintball (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Bicara soal outbond, di sini Teman Traveler juga bisa menjajal serunya sensasi bermain paintball. Tempatnya berada tak jauh dari bibir pantai. Tak perlu khawatir, pengelola sudah menyediakan beberapa instruktur profesional untuk mengajari kalian.

img_2530_1_Shu.jpg
Tim paintball (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Saya juga sempat merasakan keseruan permainan yang membutuhkan kekompakan ini. Hal ini jadi salah satu pengalaman tak terlupakan selama menghabiskan liburan di Parai Tenggiri. Teman Traveler juga wajib mencoba ya.

Itulah sekilas ulasan mengenai serunya menghabiskan liburan di Pantai Parai Tenggiri. Jika Teman Traveler sedang menghabiskan liburan di Bangka Belitung, jangan lupa mampir ke sini ya. Rasakan pengalaman jalan-jalan unik dan tiada duanya.

Tags
Bangka kontributor Travelingyuk wisata bangka
Share