Mudik Sewa Gerbong Kereta Wisata, Buat Pergi Sekampung

Teman Traveler yang mau mudik tapi terhalang tiket pesawat mahal, bisa cobain alternatif lain yaitu sewa gerbong kereta wisata. Apalagi kalau sekalian pulang kampung bareng-bareng sama keluarga besar. Terdapat beberapa keunggulan kalau memilih untuk menyewa salah satu fasilitas yang disediakan oleh PT. KAI tersebut. Apa saja, sih? Langsung dibaca ulasan berikut.

Jalur Kereta Wisata

Mudik Sewa Gerbong Kereta Wisata
Kamar Tidur di Kereta Wisata Nusantara via Facebook Kereta Wisata

Teman Traveler yang mau sewa gerbong kereta wisata harus tahu dulu soal jalur yang tersedia. Keberangkatannya dari Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya. Tujuannya ada beberapa, di antaranya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Jogja, Bandung-Surabaya, Bandung-Semarang, Jogja-Malang, dan Surabaya-Jogja.

Terdapat paling tidak 5 jenis kereta wisata yang punya desain sesuai dengan namanya. Di antaranya Jawa, Bali, Sumatera, Toraja, dan Nusantara. Subkelasnya setidaknya ada dua yaitu priority dan non-priority. Perbedaan signifikan terletak pada kapasitas penumpang dan fasilitasnya. Jadi tujuan mudik Teman Traveler ke mana, nih?

Tarif Sewa Gerbong Wisata

Mudik Sewa Gerbong Kereta Wisata
Mini Bar Buat Tempat Ngemil via Facebook Kereta Wisata

Beda jalur tentunya punya tarif yang tidak sama juga, mulai dari Rp24 jutaan sampai Rp35 jutaan. Misalnya saja untuk jalur Jakarta-Surabaya dan Bandung-Surabaya Rp35 jutaan, Jakarta-Jogja, Bandung-Semarang, dan Surabaya-Jogja Rp30 jutaan. Sedangkan Jogja-Malang Rp 32 jutaan.

Kapasitas Penumpang

Mudik Sekampung dengan Sewa Gerbong Kereta Wisata via Facebook Kereta Wisata
Mudik Sekampung dengan Sewa Gerbong Kereta Wisata via Facebook Kereta Wisata

Harga satu gerbong tersebut memanglah tidak murah, namun punya kelebihan pada sisi kapasitas penumpang. Kereta wisata memang tiketnya tidak bisa dipesan satuan, namun harus satu gerbong. Kereta wisata priority mampu menampung kurang lebih 28 orang.

Jadi kalau Teman Traveler mau mengajak keluarga besar mudik, bisa banget sewa gerbong kereta wisata. Biar perjalanan jauh terasa semakin nyaman.

Satu Gerbong Full Fasilitas

Ruang Utama Kereta Wisata Jawa via Facebook Kereta Wisata
Ruang Utama Kereta Wisata Jawa via Facebook Kereta Wisata

Keuntungan lain kalau mudik dengan sewa gerbong kereta wisata adalah dapat memanfaatkan fasilitas ekslusifnya. Misalnya saja pada kereta wisata Jawa. Tersedia tempat duduk sofa, kamar tidur untuk 2 orang, toilet, mini bar, dan ruang serba guna.

Teman Traveler juga akan disediakan makan prasmanan di ruang makan yang menjadi bagian gerbong tersebut. Serunya lagi, ruangan utamanya dilengkapi sarana yang mampu mengusir bosan. Misalnya saja audio, TV, dan AC.

Aktivitas Anti Bosan saat Mudik dengan Sewa Gerbong Kereta Wisata

Makan dengan Nyaman di Dalam Gerbong Sewaan via Facebook Kereta Wisata
Makan dengan Nyaman di Dalam Gerbong Sewaan via Facebook Kereta Wisata

Berhubung fasilitasnya super lengkap, Teman Traveler bisa lakukan beberapa aktivitas selama perjalanan mudik. Seperti karaokean, laptopan, ngemil karena ada snacks dan free flow kopi plus teh, tiduran di kamar, dan tentunya ngobrol seru bareng keluarga.

Bagaimana menurut Teman Traveler? Seru juga kalau mudik dengan sewa gerbong kereta wisata. Tarifnya yang tidak murah sepadan dengan fasilitasnya. Jadi tahun ini pulkan ke mana?

Tags
Akomodasi Indonesia Kereta Wisata Mudik 2019
Share