Indonesia Punya Kereta Wisata Retro Bernuansa Klasik, Tidak Perlu ke India Buat Liburan ala Bangsawan

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Akomodasi
Kereta Wisata Retro via Twitter @Kemenpar_RI Kereta Wisata Retro via Twitter @Kemenpar_RI

Luxurious train menjadi salah satu pilihan kalau ingin liburan mewah terencana. Salah satu negara di Asia yang punya bervariasi kereta mewah adalah India. Namun tidak perlu jauh-jauh ke sana, Teman Traveler bisa cobain kereta wisata Retro milik Indonesia. Seperti apa penampakannya? Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

Kereta Retro Wisata Bernuansa Klasik

Tampak Depan Kereta Wisata Retro via Twitter @Kemenpar_RI
Tampak Depan Kereta Wisata Retro via Twitter @Kemenpar_RI

Kereta wisata Retro milik Indonesia ini punya desain interior klasik yang tidak kalah indah dengan milik Maharajas’ Express. Teman Traveler akan dibuat kagum dengan tampilannya yang didominasi warna coklat. Terlihat penggunaan kursi lawas dan meja yang biasanya ada di rumah nenek. Rasanya seperti diajak flashback ke masa kecil.

Rencana Diresmikan Tahun 2019

Bagian Dalam Kereta Wisata Retro via Twitter @Kemenpar_RI
Bagian Dalam Kereta Wisata Retro via Twitter @Kemenpar_RI

Teman Traveler yang tertarik menjajal kereta wisata Retro untuk keliling Indonesia, harus bersabar dahulu. Sebab transportasi mewah satu ini belum diresmikan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Wisata. Tenang saja, tidak perlu menunggu terlalu lama, kok. Seperti dikutip dari situs kompas.com, kereta wisata Retro akan dilaunching pada tahun 2019 ini.

Fasilitas Layaknya Hotel Bintang 5

Nantinya Dilengkapi Fasilitas ala Hotel Mewah via Twitter @Kemenpar_RI
Nantinya Dilengkapi Fasilitas ala Hotel Mewah via Twitter @Kemenpar_RI

Kereta wisata dikemas untuk membuat perjalanan Teman Traveler menjadi semakin nyaman dan betah, dengan adanya fasilitas layaknya hotel bintang 5. Sarana yang dapat dimanfaatkan di antaranya adalah karaoke system, mini bar (termasuk makanan dan minuman), toilet, power socket, tempat duduk yang luas dan lebar, dan lainnya.

Telah Dijajal Menteri Pariwisata

Dijajal Menteri Pariwisata via Twitter @katonaoyuki1
Dijajal Menteri Pariwisata via Twitter @katonaoyuki1

Menurut laman kemenpar.go.id, Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya beserta rombongannya telah menjajal nyamannya kereta wisata Retro. Mereka bertolak dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Stasiun Bandung. Kala itu, Menpar dan rombongan memang sedang ada agenda dinas di Garut.

Kereta Wisata di Indonesia

Kereta Wisata Bali via Instagram @mohammad_muas
Kereta Wisata Bali via Instagram @mohammad_muas

Setidaknya terdapat 8 kereta wisata di Indonesia yang dapat dimanfaatkan buat traveling. Di antaranya adalah kereta wisata Bali, Nusantara, Toraja, Jawa, Sumatera, Imperial, dan Priority. Masing-masing mempunyai desain interior yang disesuaikan dengan namanya. Seperti kereta wisata Bali yang dilengkapi ukiran dan lukisan bernuansa Pulau Dewata.

Budget yang harus disiapkan adalah kurang lebih Rp15 jutaan. Harga bervariasi tergantung pada jenis kereta wisata. Teman Traveler yang ingin menjajal naik kereta wisata, bisa memesan tiket seperti kereta reguler. Melalui loket pemesanan, Alfamart, Indomart, maupun beberapa aplikasi booking tiket seperti Traveloka dan Tiket.com.

Seperti itulah gambaran kereta wisata Retro milik Indonesia yang segera diluncurkan tahun ini. Teman Traveler berencana cobain? Kira-kira mau pergi ke mana dan dengan siapa, nih?