Tiket Pesawat Mahal? Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Jalur Darat Saja!

Lebaran sebentar lagi, sudah waktunya buat merencanakan pulang kampung. Teman Traveler bisa banget mudik dengan rute Jakarta-Surabaya pakai jalur darat. Terdapat beberapa alternatif transportasi pada jalur tersebut, bisa lewat tol Trans Jawa maupun Pantura. Apa saja, ya? Yuk, langsung pantengin ulasan berikut.

Pakai Mobil Lewat Tol Trans Jawa/ Pantura

Mudik Jakarta-Surabaya Jalur Darat
Bagian Tol Trans Jawa via Instagram @ekos.sj

Kalau mudik sekeluarga dari Jakarta-Surabaya coba pakai jalur darat dengan naik mobil. Bisa menggunakan tol Trans Jawa yang jaraknya kurang lebih 800an kilometer, perjalanan bisa ditempuh selama sekitar 10 jam. Mau lewat jalur Pantura juga boleh, durasinya kira-kira 14 jam.

Kalau dihitung-hitung, Teman Traveler dan keluarga perlu mengeluarkan bensin paling tidak 70 liter, dengan biaya paling tidak Rp700 ribuan. Apabila lewat jalan bebas hambatan Trans Jawa, ditambah biaya tol totalnya Rp350 ribuan. Terhitung lebih murah daripada naik pesawat yang tarifnya biasanya naik saat musim mudik.

Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Jalur Darat dengan Naik Kereta Luxury

KA Argo Bromo Luxury via Instagram @ersamayori
KA Argo Bromo Luxury via Instagram @ersamayori

Alternatif mudik rute Jakarta-Surabaya jalur darat selanjutnya adalah kereta api. Berhubung durasi perjalanannya memakan waktu berjam-jam, coba saja naik kereta eksekutif. Misalnya saja KA Argo Bromo Anggrek Luxury.

Lebih nyaman karena tipenya kereta sleeper, jadi tempat duduknya berbentuk sofa yang bisa diubah jadi tempat tidur. Teman Traveler siapkan budget kurang lebih Rp1 jutaan, demi bobok nyaman di perjalanan.

Mudik Jakarta-Surabaya Jalur Darat Naik Bus

Mudik Jakarta-Surabaya Jalur Darat
Ilustrasi Naik Bus via Shutterstock

Naik bus juga bisa dipilih buat mudik Jakarta-Surabaya jalur darat. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp600 ribuan sampai Rp700 ribuan. Durasi perjalanan memang jauh dan kurang bisa bebas bergerak. Tapi tentunya bus akan berhenti beberapa kali di rest area. Teman Traveler bisa puaskan istirahat sambil jajan.

Istirahat Nyambi Kulieran di Jalur Tol/ Pantura

Ilustrasi Gerai Soto Kudus via Shutterstock
Ilustrasi Gerai Soto Kudus via Shutterstock

Teman Traveler yang pilih mudik jalur darat, bisa istirahat nyambi kulineran. Kalau lewat tol Trans Jawa, ada beberapa rest area yang umumnya menyediakan kios-kios makanan. Mulai dari brand-brand ternama seperti Burger King dan Starbucks, sampai masakan Padang.

Nah jika memilih jalur Pantura, Teman Traveler malah bisa cobain beragam penganan. Tidak sedikit tempat makan terletak di pinggir jalan, tergantung mau pilih melewati kawasan mana. Misalnya saja lewat Kota Kudus, nah sempatkan mampir warung soto khasnya.

Bagaimana tertarik cobain mudik Jakarta- Surabaya lewat jalur darat, kan? Coba sampaikan idemu dengan keluarga besar. Selamat mudik!

Tags
Akomodasi Indonesia Mudik 2019 Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Jalur Darat Mudik Jalur Darat
Share