Tak Hanya Indonesia yang Mudik Lebaran, Negara Ini Juga

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Luar Negeri
Mudik Lebaran Mudik Lebaran

Perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu banyak orang, termasuk di Indonesia. Bahkan perayaan Lebaran di Indonesia begitu meriah dengan beragam perniknya. Salah satu tradisi yang muncul saat Idul Fitri adalah mudik. Yup, fenomena mudik lebaran di Indonesia sangat luar biasa. Bisa memengaruhi berbagai aspek. Ternyata Teman Traveler, fenomena mudik lebaran tidak hanya terjadi di Indonesia saja lho.

Ada beberapa negara lainnya di dunia yang melakukan mudik saat lebaran. Nah, mana saja negara lain yang melakukan mudik lebaran, mari kita simak ulasan selengkapnya.

Malaysia

Tradisi Balek Kampung, via website/thestar.com.my
Tradisi Balek Kampung, via website/thestar.com.my

Paling dekat dengan Indonesia ada Malaysia yang melakukan mudik atau yang disebut dengan ‘balek kampung’. Biasanya, tradisi balek kampung ini dilakukan masyarakat Negeri Jiran seminggu sebelum Idul Fitri. Bahkan mereka juga memiliki tradisi bagi-bagi uang kepada anak-kecil saat Hari Raya Idul Fitri, sama dengan Indonesia. Di Malaysia tradisi balek kampung ini dilakukan dua kali, saat Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru Cina.

Bangladesh

Kondisi mudik ala Bangladesh/via website/nbcnews
Kondisi mudik ala Bangladesh/via website/nbcnews

Negara lainnya yang melakukan mudik lebaran adalah Bangladesh. Bahkan, euphorianya begitu nampak. Banyak orang rela tidur di stasiun kereta api untuk membeli tiket. Sama seperti Indonesia, semua tiket moda transportasi ludes diburu pemudik.

Bahkan, kerap kali para pemudiak membahayakan nyawanya sendiri dengan naik di atas kereta api, bukan di dalam. Semata-mata dilakukan hanya untuk berkumpul dengan keluarga di rumah.

Turki

Mudik di Turki, via website/hurriyetdailynews.com
Mudik di Turki, via website/hurriyetdailynews.com

Di Turki juga ada yang namanya mudik lebaran. Kebiasaannya juga hampir sama dengan penduduk Indonesia. Mereka parar perantauan memanfaatkan Lebaran untuk pulang kampung dan bertemu dengan sanak famili. Menjelang Hari Raya Idul Fitri mereka juga melakukan ziarah yang dilakukan secara besar-besaran yang ditandai dengan munculnya pasar bunga dadakan di beberapa tempat.

Pakistan

Mudik di Pakistan, via website/tribune.com
Mudik di Pakistan, via website/tribune.com

Pakistan juga memiliki tradisi mudik seperti Indonesia saat Idul Fitri tiba. Arus mudik dan arus balik merupakan perhatian utama pemerintah kala Lebaran. Banyak jalur-jalur utama penghubung antar wilayah yang macet dengan moda transportasi pemudik. Jadi, jika kamu menghabiskan liburan di Pakistan dan datang saat akhir Ramadan, euphoria mudik akan terasa.

Mudik Lebaran tidak hanya milik Indonesia saja ya Teman Traveler. Ada banyak juga negara Islam di dunia melakukan hal yang serupa. Memang tak bisa dipungkiri jika berkumpul dengan orang-orang tersayang saat perayaan Idul Fitri merupakan berkah tersendiri.