Liburan Idul Fitri di Surabaya, Pantang Lewatkan Sederet Wisata Ini

Liburan Idul Fitri di Surabaya? Mengapa tidak. Kota Pahlawan punya banyak potensi wisata kuliner dan destinasi menarik yang pantang dilewatkan. Bagi sobat traveler yang tahun ini mudik ke Surabaya, tentunya sayang sekali jika tak memanfaatkannya untuk liburan bersama keluarga.

Mulai dari objek wisata buatan seperti museum dan kebun binatang, hingga pantai dan hutan mangrove, Surabaya punya banyak hal menarik untuk menghibur para tamunya. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar sejumlah wisata Surabaya yang bisa jadi inspirasi mengisi liburan Idul Fitri.

1. Monkasel

Monkasel
Monkasel via Instagram petrusgani8840

Monkasel merupakan akronim dari Monumen Kapal Selam. Sesuai namanya, tempat ini berdiri memanfaatkan salah satu bekas kapal selam militer yang kemudian dijadikan museum. Pengunjung bisa masuk ke dalam dan melihat interior kapal selam, sembari belajar sedikit mengenai kisah-kisah perjuangan mempertahankan kemerdekaan di Surabaya.

Lokasi Monkasel sangat mudah dikunjungi karena terletak di Jl Pemuda, tepat di jantung kota. Selain menambah pengetahuan, sobat traveler juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang kapal selam yang konon dulunya digunakan di Operasi Pembebasan Irian Barat.

2. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark via Instagram ciputrawaterparksurabaya

Ciputra Waterpark cocok sekali bagi sobat traveler yang mencari tempat liburan keluarga, sekaligus memanjakan buah hati, adik, maupun ponakan. Wahana hiburan bertema air ini mengusung tema Petualangan Sinbad, dijamin bakal membuat anak-anak betah. Selain itu tempatnya juga sangat luas, mencapai lima hektar dan didapuk sebagai salah satu terbesar di Surabaya.

Tak perlu khawatir soal keamanan, karena Ciputra Waterpark dirancang khusus untuk menjadi surga bermain anak. Kedalaman kolam di sini rata-rata hanya satu meter, orang tua pun bisa tenang melepas buah hati mereka bermain. Asyiknya lagi, pengunjung usia di atas 60 tahun tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

3. Museum Sampoerna

Museum Sampoerna
Museum Sampoerna via Instagram ican_niam13

Dari luar saja bangunan satu ini sudah kelihatan lumayan unik. Empat pilar di gerbang depannya mengingatkan pada kuil-kuil kuno di Yunani. Setelah diperhatikan, pilar tersebut ternyata berbentuk batang rokok.

Museum Sampoerna, sesuai namanya, merupakan ruang pamer berisi potongan-potongan sejarah perkembangan salah satu pabrik rokok terbesar Indonesia. Pengunjung bisa melihat beragam benda kuno menarik seperti alat musik, koleksi pemantik, dan masih banyak lagi. Bangunan ini secara keseluruhan mengadopsi gaya arsitektur Belanda dan bisa jadi objek foto menarik.

4. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya via kebunbinatangsurabaya

Salah satu wisata ikonik Surabaya ini sempat disorot media luar negeri karena hewan terlantar. Namun belakangan pihak pengelola sudah mulai berbenah demi menghidupkan lagi minat pengunjung. Kini kebun binatang di Jl Setail ini siap menghibur para pelancong yang mencari hiburan sekaligus sarana edukasi.

Dengan luas kompleks sekitar 37 hektar, Kebun Binatang Surabaya sempat mendapat gelar sebagai kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Namun meski sekarang sudah ada beberapa koleksi yang berkurang, tempat ini masih menarik dikunjungi. Apalagi tiket masuknya cukup murah, hanya berkisar di angka 15 ribu rupiah.

5. Rumah Batik

Koleksi di Rumah Batik Surabaya
Koleksi di Rumah Batik Surabaya via Instagram premierplacehotels

Jika kebetulan berada di Kota Pahlawan, jangan lupa meluncur ke Jl Tambak Dukuh. Di sana terdapat Rumah Batik dengan koleksi luar biasa. Menurut sejumlah sumber, ada lebih dari dua ribu kain batik di sini dan semuanya dikumpulkan dari seluruh penjuru Nusantara.

Rumah Batik sempat jadi sorotan media nasional usai mencatat rekor MURI. Kala itu mereka berhasil membuat batik terbesar dengan logo kota Surabaya. Sempatkan datang ke sini bersama keluarga jika sobat traveler berencana menghabiskan libur Idul Fitri di Surabaya.

6. Pantai Kenjeran

Spot apik di Pantai Kenjeran
Spot apik di Pantai Kenjeran via Instagram sintiadnt

Tak ada tempat yang lebih cocok untuk berlibur bersama keluarga selain pantai. Anak-anak dan remaja bisa berenang atau bermain air, sementara para orang tua bisa mengawasi sembari bersantai di hamparan pasir. Pantai Kenjeran di Surabaya bisa dijadikan salah satu pilihan.

Pantai Kenjeran punya banyak wahana permainan menarik untuk anak. Pengunjung juga bisa menggelar tikar di sini dan rileks sejenak menikmati panorama sekitar. Keseruan lainnya yang bisa dilakukan di Kenjeran antara lain memancing sambil naik perahu atu membeli ikan tangkapan nelayan.

7. Hutan Mangrove

Jembatan unik di Mangrove Wonosari
Jembatan unik di Mangrove Wonosari via Instagram thereal.meymory

Wisata ini langsung bisa dikunjungi jika sobat traveler mudik menggunakan pesawat terbang. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Juanda. Hutan Mangrove Wonorejo sendiri termasuk salah satu destinasi populer di Kota Pahlawan.

Di sini pengunjung bisa menghabiskan waktu menjelajah indahnya rimbunan mangrove. Jika malas berjalan, sobat traveler tinggal menyewa perahu dan menikmati panorama sekitar sembari dengan lebih rileks.

Itulah tadi sejumlah rekomendasi tempat wisata untuk liburan Idul Fitri di Surabaya bersama keluarga. Semoga bisa jadi inspirasi bagi sobat traveler yang masih bingung menentukan tempat jalan-jalan bersama keluarga di liburan kali ini.

Tags
Surabaya Wisata
Share